20 Manfaat Protein Bagi Kehidupan Manusia

Diposting pada

Fungsi Protein

Protein adalah makronutrien esensial, tetapi tidak semua sumber makanan protein diciptakan sama. Protein ditemukan di seluruh tubuh dalam otot, tulang, kulit, rambut, dan hampir setiap bagian atau jaringan tubuh lainnya. Itu membentuk enzim yang menggerakkan banyak makna reaksi kimia dan hemoglobin yang membawa oksigen dalam darah. Setidaknya 10.000 protein berbeda membuat kita menjadi apa adanya dan membuat kita tetap seperti itu.

Protein dibuat dari disebut asam amino. Karena kita tidak menyimpan asam amino. Protein memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh kita. Efek dari kekurangan protein dan malnutrisi berkisar pada tingkat keparahan dari kegagalan pertumbuhan dan kehilangan massa otot untuk penurunan kekebalan, melemahnya jantung dan sistem pernapasan, dan bahkan menyebabkan kematian.

Protein

Protein melakukan beragam fungsi dalam tubuh organisme, termasuk mengkatalisis reaksi metabolik, replikasi DNA, menanggapi rangsangan, menyediakan struktur pada sel, dan organisme, dan mengangkut molekul dari satu lokasi ke lokasi lain.

Protein berbeda satu sama lain terutama dalam urutan asam amino, yang ditentukan oleh urutan nukleotida gen mereka, dan yang biasanya menghasilkan protein melipat ke dalam struktur tiga dimensi spesifik yang menentukan aktivitasnya.

Rantai linear residu asam amino disebut polipeptida. Sebuah protein mengandung setidaknya satu polipeptida panjang. Polipeptida pendek, mengandung kurang dari 20-30 residu, jarang dianggap sebagai protein dan biasanya disebut peptida, atau kadang-kadang oligopeptida.

Residu asam amino individu terikat bersama oleh ikatan peptida dan residu asam amino yang berdekatan. Urutan residu asam amino dalam protein ditentukan oleh urutan gen, yang dikodekan dalam kode genetik.

Pengertian Protein

Protein adalah makronutrien yang penting untuk membangun massa otot. Ini umumnya ditemukan dalam produk hewani, meskipun juga ada di sumber lain, seperti kacang-kacangan. Selain protein, ada dua makronutrien lainnya yaitu lemak dan karbohidrat.

Secara arti sifat kimia, protein tersusun dari asam amino, yang merupakan senyawa organik yang terbuat dari karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen atau belerang. National Academy of Medicine memberikan rekomendasi bahwa orang dewasa memperoleh minimal 0,8 gram protein untuk setiap kilogram berat badan per hari, atau hanya lebih dari 7 gram untuk setiap 20 pon berat badan.

Pengertian Protein Menurut Para Ahli

Adapun definisi protein menurut para ahli, antara lain:

  1. British Nutrition Foundation

Protein adalah elemen struktural dan fungsional mendasar dalam setiap sel tubuh dan terlibat dalam berbagai interaksi metabolisme. Semua sel dan jaringan mengandung protein, oleh karena itu protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan serta pemeliharaan kesehatan yang baik.

Protein memberi tubuh sekitar 10 hingga 15% dari energi makanannya dan merupakan senyawa paling berlimpah kedua di tubuh, setelah air. Sebagian besar dari ini adalah otot (rata-rata 43%) dengan proporsi signifikan terdapat pada kulit (15%) dan darah (16%).

Manfaat Protein

Berikut ini pentingnya serta bermacam-macam manfaat protein bagi kehidupan manusia dalam keseharian, antara lain:

  1. Penyebab reaksi biokimia

Enzim adalah protein yang membantu ribuan reaksi biokimiawi yang terjadi di dalam dan di luar sel tubuh. Struktur enzim memungkinkan protein untuk bergabung dengan molekul lain di dalam sel yang disebut substrat, yang mengkatalisasi reaksi yang penting untuk metabolism.

Enzim juga dapat berfungsi di luar sel, seperti enzim pencernaan seperti laktase dan sukrase, yang membantu mencerna gula.

  1. Bertindak sebagai pembawa pesan

Beberapa protein adalah hormon, yang merupakan pembawa pesan kimia yang membantu komunikasi antara sel, jaringan, dan organ. Hormon tersebut dibuat dan disekresikan oleh jaringan atau kelenjar endokrin dan kemudian diangkut dalam darah ke jaringan atau organ target di mana mereka mengikat reseptor protein pada permukaan sel.

  1. Menyediakan Struktur

Beberapa protein berserat dan memberikan kekakuan pada sel dan jaringan. Protein-protein ini termasuk keratin, kolagen, dan elastin, yang membantu membentuk kerangka kerja penghubung struktur tertentu dalam tubuh.

Keratin adalah protein struktural yang ditemukan di kulit, rambut, dan kuku. Kolagen adalah protein paling melimpah di tubuh dan merupakan protein struktural tulang, tendon, ligamen, dan kulit.

Elastin beberapa ratus kali lebih fleksibel daripada kolagen. Elastisitasnya yang tinggi memungkinkan banyak jaringan di tubuh kita untuk kembali ke bentuk semula setelah peregangan atau berkontraksi, seperti rahim, paru-paru dan arteri kita.

  1. Mempertahankan pH yang tepat

Protein memainkan peran penting dalam mengatur konsentrasi asam dan basa dalam darah serta cairan tubuh lainnya. Keseimbangan antara asam dan basa diukur menggunakan skala pH. Ini berkisar dari 0 hingga 14, dengan 0 sebagai yang paling asam, 7 netral dan 14 yang paling basa.

Contoh-contoh nilai pH zat-zat umum meliputi: pH 2: Asam lambung; pH 4: Jus tomat; pH 5: Kopi hitam; pH 7.4: Darah manusia; pH 12: Air sabun. Berbagai sistem penyangga memungkinkan cairan tubuh kita untuk mempertahankan rentang pH normal. Diperlukan pH konstan, karena sedikit perubahan pada pH dapat berbahaya atau berpotensi mematikan.

Salah satu cara tubuh kita mengatur pH adalah dengan protein. Contohnya adalah hemoglobin, protein yang membentuk sel darah merah. Hemoglobin mengikat sejumlah kecil asam, membantu mempertahankan nilai pH normal darah kita. Sistem penyangga lain dalam tubuh kita termasuk fosfat dan bikarbonat.

  1. Menyeimbangkan cairan

Protein mengatur proses tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan. Albumin dan globulin adalah protein dalam darah yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan menarik dan menahan air.

Jika kita tidak mengonsumsi protein yang cukup, kadar albumin dan globulin akhirnya menurun. Akibatnya, protein-protein ini tidak lagi dapat menyimpan darah di pembuluh darah, dan cairan dipaksa masuk ke ruang di antara sel-sel tubuh kita.

Ketika cairan terus menumpuk di ruang-ruang di antara sel-sel tersebut, terjadi pembengkakan atau edema, khususnya di daerah perut. Ini adalah bentuk malnutrisi protein parah yang disebut kwashiorkor yang berkembang ketika seseorang mengonsumsi cukup kalori tetapi tidak mengonsumsi cukup protein.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Protein membantu membentuk imunoglobulin, atau antibodi, untuk melawan infeksi. Antibodi adalah protein dalam darah kita yang membantu melindungi tubuh kita dari penyerang berbahaya seperti bakteri dan virus. Ketika penyerbu asing ini memasuki sel-sel tubuh, tubuh kita menghasilkan antibodi yang menandainya untuk dieliminasi.

Tanpa antibodi ini, bakteri dan virus akan bebas menggandakan dan membanjiri tubuh kita dengan penyakit yang ditimbulkannya. Setelah tubuh kita menghasilkan antibodi terhadap bakteri atau virus tertentu, sel-sel tubuh kita tidak akan pernah lupa cara membuatnya.

Hal tersebut memungkinkan antibodi untuk merespon dengan cepat pada saat agen penyakit tertentu menyerang tubuh kita. Akibatnya, tubuh kita mengembangkan kekebalan terhadap penyakit yang terpapar.

  1. Menyediakan Energi

Protein dapat memasok energi bagi tubuh kita. Protein mengandung empat kalori per gram, jumlah energi yang sama yang diberikan karbohidrat. Lemak memasok energi paling banyak, yakni sembilan kalori per gram. Namun, hal terakhir yang tubuh kita ingin gunakan untuk energi adalah protein karena nutrisi berharga ini banyak digunakan di seluruh tubuh kita.

Karbohidrat dan lemak jauh lebih cocok untuk memberikan energi, karena tubuh kita mempertahankan cadangan untuk digunakan sebagai bahan bakar. Selain itu, mereka dimetabolisme lebih efisien dibandingkan dengan protein. Faktanya, protein memasok tubuh kita dengan sangat sedikit energi yang dibutuhkan dalam keadaan normal.

Namun, dalam keadaan puasa (18-48 jam tanpa asupan makanan), tubuh kita memecah otot rangka sehingga asam amino dapat memberi kita energi. Tubuh kita juga menggunakan asam amino dari otot rangka yang rusak jika penyimpanan karbohidrat rendah. Ini dapat terjadi setelah latihan yang melelahkan atau jika kita tidak mengonsumsi cukup kalori secara umum.

  1. Penting untuk pertumbuhan dan perkembangan pada anak dan remaja

Anak-anak dan remaja mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Di antara nutrisi lain, pertumbuhannya tergantung pada mendapatkan protein makanan yang memadai – ini karena protein bertindak sebagai blok pembangun untuk jaringan tubuh, termasuk otot dan tulang.

Setelah kita makan atau minum sesuatu yang mengandung protein, tubuh kita mulai memecahnya menjadi unit-unit kecil yang disebut peptida dan asam amino, yang kita serap ke dalam aliran darah kita dan digunakan dalam tubuh kita.

Ada sekitar 20 asam amino berbeda yang, sekali diserap, membentuk atau mengganti bagian-bagian jaringan tubuh kita. Faktanya, tanpa protein, kita hanya memiliki sedikit struktur atau fungsi untuk tubuh kita.

  1. Membantu pertumbihan dan memelihara otot

Sementara pertumbuhan dan pemeliharaan otot mungkin merupakan manfaat paling terkenal yang ditawarkan protein – banyak orang berpikir peran khusus ini mungkin hanya relevan untuk binaragawan dan penggemar olahraga.

Namun, otot yang kuat penting untuk semua kelompok umur – mulai dari membantu memastikan anak-anak dapat tetap aktif, hingga membantu generasi yang lebih tua tetap bisa bergerak, bugar, dan mandiri.

Menjaga otot yang sehat juga merupakan bagian penting dari memiliki komposisi tubuh yang sehat. Tubuh kita membangun otot dari asam amino – jadi ketika dikombinasikan dengan olahraga seperti latihan beban, protein dapat membantu kita meningkatkan dan mempertahankan massa otot.

  1. Membantu perbaikan jaringan dan luka

Protein hadir di setiap jaringan tubuh, dan ini termasuk kulit kita, jadi masuk akal jika protein berperan dalam perbaikan luka.

Sekali lagi, ini adalah sesuatu yang relevan untuk semua kelompok umur, mulai dari yang penting dalam perbaikan luka pada lutut si kecil, hingga penyembuhan luka yang menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia dan kulit kita menjadi lebih rapuh.

Faktanya, asupan protein yang cukup pada orang tua dikaitkan dengan lebih sedikit kerapuhan kulit dan penyembuhan luka yang lebih baik.

  1. Membantu meningkatkan perasaan kenyang

Selain kualitas fungsional yang disediakan protein dalam tubuh kita, telah ditunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein membantu meningkatkan perasaan kenyang atau mengurangi rasa lapar.

Memasukkan lebih banyak protein dalam makanan utama kita atau memiliki camilan kaya protein di antara waktu makan, dapat membantu kita merasa kenyang tanpa mengonsumsi makanan dalam jumlah besar.

  1. Bagus untuk kesehatan tulang

Sebuah mitos yang berkelanjutan mengabadikan gagasan bahwa protein – terutama protein hewani – buruk bagi tulang kita. Ini didasarkan pada gagasan bahwa protein meningkatkan muatan asam dalam tubuh, yang menyebabkan pencucian kalsium dari tulang kita untuk menetralkan asam.

Namun, sebagian besar studi jangka panjang menunjukkan bahwa protein, termasuk protein hewani, memiliki manfaat besar bagi kesehatan tulang. Orang yang makan lebih banyak protein cenderung mempertahankan massa tulang lebih baik seiring bertambahnya usia dan memiliki risiko osteoporosis dan patah tulang yang jauh lebih rendah.

  1. Mengurangi mengidam dan keinginan untuk ngemil larut malam

Keinginan makan berbeda dengan rasa lapar normal. Ini bukan hanya tentang tubuh kita yang membutuhkan energi atau nutrisi tetapi otak kita membutuhkan lebih banyak makanan.  Namun, mengidam bisa sangat sulit dikendalikan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mencegahnya terjadi sejak awal.

Salah satu metode pencegahan terbaik adalah meningkatkan asupan protein kita. Satu studi pada pria yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa peningkatan protein hingga 25% kalori mengurangi hasrat sebesar 60% dan keinginan untuk ngemil di malam hari hingga setengahnya

Demikian juga, sebuah penelitian pada gadis remaja yang kelebihan berat badan menemukan bahwa makan sarapan tinggi protein mengurangi ngidam dan ngemil di malam hari. Ini dapat dimediasi oleh peningkatan fungsi dopamin, salah satu hormon otak utama yang terlibat dalam mengidam dan kecanduan.

  1. Meningkatkan metabolisme dan meningkatkan Pembakaran Lemak

Makan dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita untuk sementara waktu. Itu karena tubuh kita menggunakan kalori untuk mencerna dan memanfaatkan nutrisi dalam makanan. Ini disebut sebagai efek termal makanan (TEF).

Namun, tidak semua makanan sama dalam hal ini. Faktanya, protein memiliki efek termis yang jauh lebih tinggi daripada lemak atau karbohidrat – 20–35% dibandingkan dengan 5–15% (21Trusted Source).

Asupan protein tinggi telah terbukti secara signifikan meningkatkan metabolisme dan meningkatkan jumlah kalori yang terbakar. Ini dapat menghasilkan 80-100 kalori lebih banyak yang dibakar setiap hari.

  1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah penyebab utama serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal kronis. Menariknya, asupan protein yang lebih tinggi terbukti menurunkan tekanan darah. Dalam ulasan 40 uji coba terkontrol, peningkatan protein menurunkan tekanan darah sistolik (jumlah pembacaan teratas) rata-rata 1,76 mm Hg dan tekanan darah diastolik (angka terbawah pembacaan) sebesar 1,15 mm Hg.

Satu studi menemukan bahwa, selain menurunkan tekanan darah, makanan  berprotein tinggi juga mengurangi kolesterol LDL dan trigliserida.

  1. Membantu menjaga berat badan

Makanan tinggi protein meningkatkan metabolisme dan mengarah pada pengurangan otomatis dalam asupan kalori dan mengidam, banyak orang yang menambah asupan proteinnya cenderung kehilangan berat badan hampir secara instan.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan yang makan 30% kalori mereka dari protein kehilangan 11 pound (5 kg) dalam 12 minggu – meskipun mereka tidak sengaja membatasi makanan mereka. Protein juga memiliki manfaat untuk kehilanganmenghilangkan lemak selama pembatasan kalori yang disengaja.

Peningkatan sederhana dalam asupan protein telah terbukti membantu mempertahankan berat badan. Dalam sebuah penelitian, peningkatan protein dari 15% menjadi 18% kalori mengurangi berat badan hingga 50%.

  1. Tidak membahayakan ginjal yang sehat

Banyak orang salah percaya bahwa asupan protein tinggi membahayakan ginjal. Memang benar bahwa membatasi asupan protein dapat bermanfaat bagi orang sudah mengidap penyakit ginjal sebelumnya. Ini tidak boleh dianggap enteng, karena masalah ginjal bisa sangat serius.

Namun, sementara asupan protein tinggi dapat membahayakan individu dengan masalah ginjal, itu tidak memiliki relevansi dengan orang-orang dengan ginjal yang sehat. Bahkan, banyak penelitian menggarisbawahi bahwa makanan tinggi protein tidak memiliki efek berbahaya pada orang tanpa penyakit ginjal.

  1. Membantu agar tetap bugar seiring bertambahnya usia

Salah satu konsekuensi dari penuaan adalah otot-otot kita secara bertahap melemah. Kasus yang paling parah disebut sebagai sarkopenia terkait usia, yang merupakan salah satu penyebab utama kelemahan, patah tulang, dan penurunan kualitas hidup di antara orang dewasa yang lebih tua.

Makan lebih banyak protein adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kerusakan otot yang berkaitan dengan usia dan mencegah sarkopenia. Tetap aktif secara fisik juga sangat penting, dan mengangkat beban atau melakukan semacam latihan perlawanan bisa bermanfaat bagi tubuh kita.

  1. Pola tidur yang lebih baik

Jika kita kesulitan untuk tidur nyenyak, maka meningkatkan protein dalam makanan kita dapat membantu. Penelitian ini menjelaskan hasil dari dua studi acak pada orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas.

Setelah percobaan 12 minggu, mereka menyimpulkan bahwa “proporsi energi yang lebih besar dari protein saat diet dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas”.

Jika kita masih memiliki masalah tidur dengan makanan protein tinggi, maka sejumlah kecil karbohidrat di makan malam kita dapat membantu dengan meningkatkan kadar serotonin, membuat kita lebih mengantuk dan siap untuk tidur.

  1. Kualitas hidup yang lebih baik

Jika kita ingin kesehatan yang kuat dan kemampuan untuk bekerja dengan baik, maka kekuatan, mobilitas, massa otot, tetap ramping dan memiliki fungsi internal yang baik sangat penting. Meningkatkan asupan protein saja tidak akan memberikan semua manfaat ini.

Namun, sebagai bagian dari program makanan dan kebugaran secara keseluruhan, ini dapat memiliki dampak signifikan yang akan memberi kita kualitas hidup yang jauh lebih baik sekarang dan seiring bertambahnya usia.

Diet tinggi protein dapat membuat perbedaan bagi kesehatan dan kinerja kita secara keseluruhan, jika dikombinasikan dengan program olahraga dan pilihan gaya hidup yang tepat. Tergantung pada preferensi makanan kita, pilihlah berbagai sumber protein berkualitas tinggi, termasuk semua jenis daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan manfaat protein bagi kehidupan manusia dalam keseharian. Semoga melalui postingan ini memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembac sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *