Pengertian Antibiotik, Macam, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Antibiotik Adalah

Antibiotik merupakan salah satu jenis zat kimia antimikroba yang berperan aktif dalam melawan bakteri. Hal ini mengindikasikan bahwa jenis agen antibakteri yang paling penting untuk melawan infeksi bakteri, sehingga obat antibiotik banyak digunakan dalam pengobatan dan pencegahan infeksi. Oleh karena itulah antibiotik dapat berfungsi untuk membantu menghentikan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dengan cara membunuh bakteri atau dengan mencegah mereka menggandakan diri atau bereproduksi.

Bahkan, sejumlah antibiotik juga memiliki aktivitas antiprotozoal. Terdapat bermacam-macam jenis antibiotik dengan masing-masing contohnya, misalnya yang termasuk jenis antibiotik penisilin meliputi Amoksisilin, Ampisilin, Penisilin G, Penisilin V. Perlu kita ketahui bahwa antibiotik tidak efektif apabila digunakan untuk melawan virus seperti flu biasa atau influenza, karena obat yang digunakan untuk menghambat virus dinamakan obat antivirus atau antivirus.

Antibiotik

Antibiotik merupakan sifat bahan kimia yang dihasilkan oleh organisme hidup, umumnya mikroorganisme yang merugikan mikroorganisme lain. Mikroorganisme penghasil antibiotik yang berguna dalam mencegah atau mengobati penyakit antara lain bakteri dan jamur.

Dalam sejarahnya pada tahun 1928, ahli bakteriologi Skotlandia Alexander Fleming memperhatikan bahwa koloni bakteri yang tumbuh di piring kultur telah terpengaruh secara tidak baik oleh jamur, Penicillium notatum, yang telah mencemari biakan.

Satu dekade kemudian ahli biokimia Inggris Ernst Chain, ahli patologi Australia Howard Florey, dan lainnya mengisolasi bahan yang bertanggung jawab, penisilin, dan menunjukkan bahwa itu sangat efektif melawan banyak infeksi bakteri yang serius.

Menjelang akhir tahun 1950-an, para ilmuwan bereksperimen dengan penambahan berbagai kelompok kimia ke inti molekul penisilin untuk menghasilkan versi semisintetik. Dengan demikian, sejumlah penisilin tersedia untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis bakteri, termasuk stafilokokus, streptokokus, pneumokokus, gonokokus, dan spirochaeta sifilis.

Yang jelas tidak terpengaruh oleh penisilin adalah tubercle bacillus (Mycobacterium tuberculosis). Organisme ini, bagaimanapun, ternyata sangat sensitif terhadap streptomisin, antibiotik yang diisolasi dari Streptomyces griseus pada tahun 1943. Selain sangat efektif melawan tuberkulosis, streptomisin menunjukkan aktivitas melawan banyak jenis bakteri lain, termasuk basil demam tifoid.

Dua penemuan awal lainnya adalah gramicidin dan tyrocidin, yang diproduksi oleh bakteri dari genus Bacillus. Ditemukan pada tahun 1939 oleh ahli mikrobiologi Amerika kelahiran Prancis René Dubos, mereka berharga dalam mengobati infeksi superfisial tetapi terlalu beracun untuk penggunaan internal.

Pada 1950-an para peneliti menemukan sefalosporin, yang terkait dengan penisilin tetapi diproduksi oleh jamur Cephalosporium acremonium. Pada dekade berikutnya, para ilmuwan menemukan kelas antibiotik yang dikenal sebagai kuinolon.

Kuinolon mengganggu replikasi DNA (langkah penting dalam reproduksi bakteri) dan telah terbukti berguna dalam mengobati infeksi saluran kemih, diare akibat infeksi, dan berbagai infeksi lain yang melibatkan unsur-unsur seperti tulang dan sel darah putih.

Pengertian Antibiotik

Antibiotik adalah sekelompok obat yang digunakan untuk mengobati infeksi. Antibiotik terkadang disebut antibakteri atau antimikroba. Antibiotik dapat diminum sebagai cairan, tablet, atau kapsul, atau dapat diberikan melalui suntikan.

Biasanya orang yang membutuhkan antibiotik melalui suntikan berada di rumah sakit karena mengalami infeksi yang parah. Antibiotik juga tersedia dalam bentuk krim, salep, atau losion untuk dioleskan pada kulit guna mengobati infeksi kulit tertentu.

Pengertian Antibiotik Menurut Para Ahli

Addapun definisi antibiotik menurut para ahli, antara lain:

  1. Medline Plus, Pengertian antibiotik adalah obat yang berguna untuk melawan infeksi bakteri pada manusia dan hewan. Antibiotik bekerja dengan cara membunuh bakteri atau dengan mempersulit bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak.
  2. World Health Organization, Antibiotik adalah sebagai obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi bakteri. Resistensi antibiotik terjadi ketika bakteri berubah sebagai respons terhadap penggunaan obat-obatan ini. Bakteri, bukan manusia atau hewan, menjadi kebal antibiotik. Bakteri ini dapat menginfeksi manusia dan hewan, dan infeksi yang ditimbulkannya lebih sulit diobati daripada yang disebabkan oleh bakteri yang tidak resisten. Resistensi antibiotik menyebabkan biaya pengobatan yang lebih tinggi, masa tinggal di rumah sakit yang berkepanjangan, dan peningkatan kematian.

Macam Antibiotik dan Contohnya

Terdapat bermacam-macam antibiotik yang tersedia dalam berbagai nama merek yang berbeda. Antibiotik biasanya dikelompokkan berdasarkan cara kerjanya. Setiap jenis antibiotik hanya bekerja melawan jenis bakteri atau parasit tertentu. Hal inilah sebabnya mengapa berbagai antibiotik digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi. Jenis utama antibiotik meliputi:

  1. Penisilin

Penisilin pertama memunculkan seluruh kelas antibiotik yang dikenal sebagai penisilin. Penisilin berasal dari jamur tertentu yang disebut Penicillium. Penisilin adalah antibiotik yang sangat berguna yang sering kali menjadi pilihan pertama dokter untuk beberapa jenis infeksi. Ini termasuk infeksi kulit, pernapasan, telinga, PMS (penyakit menular seksual), dan gigi.

Penisilin juga sangat efektif melawan organisme, seperti staph dan strep. Efek samping yang dapat ditimbulkan dalam mengonsumsi antibiotic yang satu ini termasuk ruam dan reaksi alergi. Efek samping umum lainnya termasuk diare, mual, dan sakit perut.

Contoh antibiotik penisilin

Meliputi:

  1. Amoksisilin
  2. Ampisilin
  3. Penisilin G
  4. Penisilin V
  1. Sefalosporin

Sefalosporin terkait dengan penisilin. Keduanya termasuk dalam kelas yang lebih besar yang disebut beta laktam. Seperti penisilin, sefalosporin awalnya berasal dari jamur yang disebut Cephalosporium.

Ada lima generasi atau turunan dari sefalosporin. Setiap generasi mencakup jenis bakteri yang berbeda. Hasilnya, kelas tersebut dapat mengobati berbagai infeksi, dari radang tenggorokan dan infeksi kulit hingga infeksi yang sangat serius seperti meningitis.

Karena berhubungan dengan penisilin, beberapa orang dengan alergi penisilin juga dapat bereaksi terhadap sefalosporin. Efek samping umum lainnya termasuk diare, mual, mulas, dan sakit perut.

Contoh antibiotik sefalosporin

Meliputi;

  1. Cefixime
  2. Cefpodoxime
  3. Cefuroxime
  4. Cephalexin
  1. Makrolida

Makrolida adalah kelas antibiotik yang sama sekali berbeda dari beta laktam. Tetapi antibiotik ini secara efektif mengobati banyak dari infeksi yang sama. Hal ini termasuk infeksi saluran pernapasan, telinga, kulit, dan menular seksual. Jadi, makrolida sangat berguna untuk orang yang alergi terhadap beta laktam.

Makrolida juga berguna ketika bakteri mengembangkan resistansi terhadap antibiotik beta-laktam. Namun, makrolida memiliki banyak interaksi obat. Pastikan dokter dan apoteker kita mengetahui semua obat yang kita konsumsi saat kita menggunakan makrolida. Efek samping yang umum termasuk mual, muntah, sakit perut, dan diare.

Contoh antibiotik makrolida

Meliputi;

  1. Azitromisin (‘Z-pak’)
  2. Klaritromisin
  3. Eritromisin
  1. Fluoroquinolones (antibiotik spektrum luas)

Fluoroquinolon atau kuinolon merupakan antibiotik yang aktif melawan berbagai jenis bakteri. Ini membuatnya berguna untuk mengobati infeksi ketika antibiotik lain gagal. Fluoroquinolon juga menjadi alternatif ketika orang alergi terhadap antibiotik lain. Fluoroquinolon dapat mengobati apa saja mulai dari infeksi mata hingga pneumonia hingga infeksi kulit, sinus, sendi, saluran kencing atau ginekologi dan banyak lagi.

Namun, golongan ini bisa menjadi masalah bagi orang-orang dengan kondisi jantung tertentu dan dengan beberapa obat lain. Pastikan dokter dan apoteker kita mengetahui riwayat kesehatan kita secara lengkap . Efek samping yang umum termasuk sakit perut atau sakit, diare, sakit kepala dan kantuk.

Contoh antibiotik fluoroquinolones

Meliputi;

  1. Ciprofloxacin
  2. Levofloxacin
  3. Moxifloxacin
  1. Sulfonamida

Sulfonamida berasal dari sulfanilamid kimia, ‘obat sulfa’ telah ada selama penisilin. Secara teknis, sulfonamida tidak membunuh bakteri seperti yang dilakukan antibiotik lain. Sebaliknya, itu bersifat bakteriostatik, yaitu menghentikan pertumbuhan bakteri dan sistem kekebalan kita melakukan sisanya.

Sulfonamida adalah perawatan topikal yang sangat baik untuk luka bakar dan infeksi vagina atau mata. Jenis antibiotik ini juga dapat mengobati ISK (infeksi saluran kemih). Namun, resistensi biasa terjadi pada kelas ini. Efek samping yang umum termasuk diare, mual, ruam, dan sensitivitas matahari. Alergi juga umum terjadi ketika mengonsumsi antibiotik sulfonamida.

Contoh antibiotik sulfonamida

Meliputi;

  1. Sulfacetamide
  2. Sulfadiazine
  3. Sulfamethoxazole-Trimethoprim
  1. Tetrasiklin

Antibiotik ini berasal dari spesies bakteri yang disebut Streptomyces. Tampaknya aneh bahwa suatu bakteri dapat menghasilkan antibiotik yang membunuh bakteri lain, tetapi itu benar. Tetrasiklin bersifat bakteriostatik, seperti sulfonamida. Tetrasiklin mengobati berbagai infeksi, seperti infeksi saluran pernapasan, kulit, dan kelamin.

Antibiotik jenis ini juga mengobati infeksi yang tidak biasa, termasuk penyakit Lyme, malaria, antraks, kolera, dan wabah. Efek samping yang umum termasuk sakit perut atau sakit perut, sensitif terhadap sinar matahari, dan infeksi jamur.

Contoh antibiotik tetrasiklin

Meliputi;

  1. Doksisiklin
  2. Minocycline
  3. Tetrasiklin
  1. Jenis Antibiotik Lainnya

Dokter memiliki beberapa pilihan antibiotik lain jika tidak satu pun dari kelas-kelas ini yang berhasil. Kita akan menemukan beberapa dari mereka hanya di rumah sakit. Yang lain tidak masuk ke dalam kelompok utama, tapi sangat berguna. Ini termasuk antibiotik seperti klindamisin, metronidazol (Flagyl) dan nitrofurantoin (Furadantin, Macrodantin).

Setiap antibiotik, baik dalam kelas yang ditentukan atau tidak, memiliki persyaratan dosis yang berbeda. Kita perlu meminumnya saat perut kosong dan yang lainnya dengan makanan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker kita tentang cara terbaik untuk minum antibiotik.

Berdasarkan bermacam-macam antibiotik yang telah disebutkan di atas, Kementrian Kesehatan mengklasifikasikannya sebagaimana yang tercantum dalam Permenkes RI Nomor 2406/MENKES/PER/XII/2011, yaitu:

  1. Antibiotik yang menghambat sintesis atau merusak dinding sel bakteri, contohnya termasuk beta-laktam (penisilin, sefalosporin, monobaktam, karbapenem, inhibitor betalaktamase, basitarasin, dan vankomisin).
  2. Antibiotik yang memodifikasi atau mengahambat seintesis protein, contohnya termasuk aminoglikosid, kloramfenikol, tetrasiklin, makrolida (eritromisin, azitromisin,klaritomisin) klindamisin, dan spektinomisin.
  3. Antibiotik yang menghambat enzim-enzim esensial dalam metabolisme folat, contohnya termasuk trimetoprim dan sulfonamid.
  4. Antibitik yang mempengaruhi sintesis metabolisme asam nukleat, contohnya termasuk kuinolon, nitrofurantoin.

Fungsi Antibiotik

Prinsip yang mengatur penggunaan antibiotik adalah untuk memastikan bahwa pasien menerima antibiotik yang sensitif terhadap bakteri target, pada konsentrasi yang cukup tinggi agar efektif tetapi tidak menimbulkan efek samping, dan untuk jangka waktu yang cukup lama untuk memastikan bahwa infeksinya benar-benar diberantas.

Antibiotik bervariasi dalam rentang aksinya. Beberapa sangat spesifik. Yang lainnya, seperti tetrasiklin, bertindak melawan spektrum luas bakteri yang berbeda. Ini sangat berguna dalam memerangi infeksi campuran dan dalam mengobati infeksi bila tidak ada waktu untuk melakukan tes sensitivitas. Beberapa antibiotik, seperti penisilin semisintetik dan kuinolon, dapat dikonsumsi secara oral, yang lain harus diberikan melalui injeksi intramuskular atau intravena.

Apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan antibiotik?

Kebanyakan bakteri yang hidup di tubuh kita tidak berbahaya. Beberapa bahkan membantu. Tetap saja, bakteri dapat menginfeksi hampir semua organ. Untungnya, antibiotik biasanya bisa membantu untuk mengatasi hal ini.

Beberapa jenis infeksi yang dapat diobati dengan antibiotik, diantaranya yaitu: Beberapa infeksi telinga dan sinus, Infeksi gigi. Infeksi kulit, Meningitis (pembengkakan otak dan sumsum tulang belakang), Sakit tenggorokan, Infeksi kandung kemih dan ginjal, Pneumonia bakterial, Batuk rejan

Hanya infeksi bakteri yang dapat dibunuh dengan antibiotik. Pilek, flu, kebanyakan batuk, beberapa infeksi bronkitis, sebagian besar sakit tenggorokan, dan flu perut semuanya disebabkan oleh virus. Antibiotik tidak akan berhasil untuk mengobatinya.

Tidak selalu jelas apakah infeksi itu virus atau bakteri. Terkadang dokter akan melakukan tes sebelum memutuskan perawatan mana yang kita butuhkan. Beberapa antibiotik bekerja pada berbagai jenis bakteri, yang disebut antibiotik “spektrum luas (broad-spectrum)”. Yang lain hanya menargetkan bakteri tertentu, yang disebut antibiotik “spektrum sempit (narrow-spectrum)”.

Resistensi Antibiotik

Antibiotik adalah alat pembasmi kuman yang ampuh bila digunakan dengan hati-hati dan aman. Tetapi hingga setengah dari semua penggunaan antibiotik tidak diperlukan. Penggunaan berlebihan telah menyebabkan resistensi antibakteri.

Bakteri beradaptasi dari waktu ke waktu dan menjadi “bakteri super (super bacteria)” atau “superbugs“. Bakteri tersebut berubah sehingga antibiotik tidak lagi bekerja untuk mengatasi masalah kesehatan yang ditimbulkan, justru itu menjadi ancaman besar, karena tidak ada obat untuk membunuh mereka.

Cara terbaik untuk membantu memperlambat penyebaran bakteri super adalah dengan menggunakan antibiotik secara pintar. Begini caranya:

  1. Percayai dokter kita jika mereka mengatakan kita tidak membutuhkan antibiotik.
  2. Jangan meminumnya untuk infeksi virus.
  3. Konsumsi sesuai yang diresepkan dokter.
  4. Konsumsi sesuai petunjuk.
  5. Jangan mengonsumsi dalam dosis yang berlebihan.
  6. Minumlah selama jumlah hari yang diresepkan dokter.
  7. Jangan simpan untuk nanti.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian antibiotik menurut para ahli, macam, fungsi, cara mempergunakan, dan contohnya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *