Protein Hewani Adalah
Protein Hewani

Pengertian Protein Hewani, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Protein Hewani Adalah

Protein adalah makronutrien yang memiliki manfaat penting untuk membangun massa otot. Secara kimia, protein terdiri dari asam amino, yang merupakan senyawa organik yang terbuat dari karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen atau belerang. Hal ini umumnya ditemukan dalam produk hewani atau yang bisa kita kenal dengan istilah protein hewani, meskipun juga ada di sumber lain, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Tubuh manusia membutuhkan 20 asam amino yang berbeda. Tubuh kita menciptakan 11 di antaranya (ini disebut “asam amino non-esensial”), tetapi kita harus mendapatkan 9 lainnya dari makanan (asam amino esensial). Protein hewani, seperti daging, telur, dan susu, adalah protein lengkap, artinya mereka menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh kita. Produk hewani menyediakan sumber protein berkualitas tinggi.

Protein Hewani

Sekitar 20% dari tubuh manusia terdiri dari protein. Karena tubuh kita tidak menyimpan protein maka kita perlu untuk mendapatkan cukup dari makanan setiap hari dari banyak sumber makanan, termasuk seperti tumbuhan dan hewan.

Beberapa orang mengklaim bahwa sumber protein, baik hewan atau tumbuhan, tidak masalah. Lainnya menyarankan bahwa protein nabati lebih unggul dari protein hewani. Saat dimakan, protein dipecah menjadi asam amino. Protein dan asam amino digunakan untuk hampir setiap proses metabolisme dalam tubuh.

Namun, protein yang berbeda dapat sangat bervariasi dalam jenis asam amino yang dikandungnya. Sementara protein hewani cenderung mengandung keseimbangan yang baik dari semua asam amino yang kita butuhkan, beberapa protein nabati rendah asam amino tertentu.

Pengertian Protein Hewani

Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya. Orang dewasa membutuhkan sekitar 0,8 atau 0,9 gram protein per kilogram berat badan yang sehat per hari. Tubuh kita dapat menghasilkan asam amino non-esensial. Namun, itu tidak dapat menghasilkan asam amino esensial, sehingga perlu diperoleh melalui makanan yang kita konsumsi.

Untuk kesehatan yang optimal, tubuh kita membutuhkan semua asam amino esensial dalam rasio yang tepat. Sumber protein hewani, seperti daging, ikan, unggas, telur, dan susu, mirip dengan protein yang ditemukan dalam tubuh.

Pengertian Protein Hewani Menurut Para Ahli

Adapun definisi protein hewani menurut para ahli, antara lain:

  1. MedicineNet, Pengertian protein hewani adalah molekul besar yang terdiri dari satu atau lebih rantai asam amino dalam urutan tertentu yang ditentukan oleh urutan basa nukleotida dalam kode DNA untuk protein. Protein diperlukan untuk struktur, fungsi, dan pengaturan sel, jaringan, dan organ tubuh.
  2. Merriam Webster, Protein hewani adalah salah satu dari berbagai zat kompleks yang muncul secara alami yang terdiri dari residu asam amino yang bergabung dengan ikatan peptida, mengandung unsur karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, biasanya sulfur, dan kadang-kadang unsur lain (seperti fosfor atau besi), dan mencakup banyak unsur senyawa biologis (seperti enzim, hormon, atau antibodi).

Manfaat Protein Hewani

Berikut ini beberapa manfaat protein hewani bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu:

  1. Meningkatkan Performa Tubuh

Protein hewani dapat bermanfaat dalam meningkatkan performa tubuh kita, terutama bagi kita yang memang aktif melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga. Hal tersebut tentunya tak lepas dari asam amino esensial yang terkandung di dalamnya.

Berdasarkan penelitian, asam amino efektif dalam membantu meningkatkan performa atlet olahraga. Selain itu, asam lemak ini disebut-sebut bisa membantu dalam mempercepat pemulihan otot yang mengalami cedera pasca melakukan aktivitas fisik.

  1. Mencegah Penurunan Massa Otot

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 22 orang lanjut usia yang notabene sudah tidak aktif bergerak, ditemukan fakta bahwa pemberian asam amino esensial sebanyak 15 gram per hari mampu menjaga massa otot mereka. Namun, belum ada bukti lebih lanjut seberapa besar dampak asam amino esensial yang terkandung di dalam protein hewani berkaitan dengan manfaat yang satu ini.

  1. Memperbaiki Suasana Hati dan Kualitas Tidur

Kandungan asam amino dalam protein ternyata juga bermanfaat dalam memperbaiki suasana hati (mood) serta kualitas tidur bagi mereka yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia.

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa salah satu elemen di dalam asam amino yaitu tryptophan, efektif dalam membantu produksi serotonin. Serotinin ialah neurotransmitter yang bertugas dalam  menciptakan efek senang dan meningkatkan kualitas tidur.

  1. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Protein hewani memang mempunyai potensi dalam meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung, tapi hal ini tergantung sumber protein mana yang kita konsumsi. Apabila yang kita konsumsi daging merah atau produk olahannya, hal itu mungkin saja benar.

Namun, tidak demikian dengan sumber protein lainnya yaitu makanan laut (seafood) seperti ikan. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi ikan secara rutin justru menurunkan risiko terkena penyakit jantung di masa mendatang, termasuk penyakit jantung kronis yang bisa berujung pada kematian.

  1. Mengontrol Berat Badan

Manfaat lain yang dapat kita peroleh dengan mengonsumsi protein hewani ini adalah untuk mengontrol berat badan. Efektivitas protein hewani dalam menjaga berat badan bisa kita peroleh dari telur.

Berdasarkan penelitian, telah diketahui bahwa konsumsi telur bisa menciptakan efek kenyang yang lebih lama. Hal ini secara otomatis dapat mengakibatkan frekuensi makan berkurang sehingga berat badan pada manusia menjadi lebih terkontrol.

Contoh Protein Hewani

Beriku ini contoh-contoh makanan yang mengandung protein hewani, antara lain:

  1. Dada ayam

Daging ayam tanpa kulitnya kaya akan protein hewani, yaitu sekitar 30 gram protein/100 gram dan juga tidak mengandung banyak lemak. Bukan hanya ayam, tapi daging unggas lainnya juga mempunyai kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit dibanding dengan daging lainnya.

  1. Daging Merah

Daging yang berwarna merah seperti daging sapi, daging kambing dan domba juga kaya kandungan protein. Selain itu, daging merah juga dapat berfungsi sebagai sumber vitamin B12.

  1. Telur

Protein dalam telur berkualitas sangat tinggi karena rasio asam amino esensial mereka hampir ideal untuk kebutuhan tubuh kita.

Satu telur besar mengandung 6,3 gram protein hewani, dengan 3,6 gram protein putih dan 2,7 gram protein dalam kuning telur. Putih bebas lemak dan bebas kolesterol. Kuning telur mengandung lemak jenuh dan kolesterol, tetapi mengandung zat besi dan vitamin D.

  1. Makanan Laut

Ikan dan kerang menyediakan protein hewani berkualitas tinggi. Satu porsi tuna kalengan 3 ons mengandung 22 gram protein, dan satu porsi salmon olahan 3 ons memasok 19 gram. Ikan dan kerang menyediakan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, dan rendah lemak penambah kolesterol.

  1. Produk Susu

Secangkir susu skim menyediakan 8 gram protein, satu ons keju cheddar memiliki 7 gram protein, setengah cangkir keju cottage tanpa lemak memiliki 12 gram protein dan 6 ons wadah yogurt Yunani memiliki 11 hingga 15 gram protein.

Produk susu juga menyediakan kalsium, yang merupakan mineral penting untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian protein hewani menurut para ahli, manfaat, dan contohnya yang mudah untuk ditemukan. Semoga memberikan edukasi dan referensi bagi segenap pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *