Contoh Benda dari Alumunium
Benda dari Alumunium

Benda yang Terbuat dari Alumunium dan Fungsinya

Diposting pada

Contoh Benda dari Alumunium

Alumunium merupakan bahan yang termasuk ke dalam kelompok ikatan logam. Alumunium ini sendiri banyak dipergunakan karena dapat dimanfaatkan menjadi banyak benda sesuai kebutuhan manusia. Cukup banyak bidang yang dapat menggunakan logam alumunium.

Logam ini juga dikenal sebagai bahan yang dapat didaur ulang sehingga keberadaannya terus melimpah baik di alam maupun dari hasil daur ulang.

Alumunium

Pada hakekatnya definisi alumunium yang terkenal dengan banyak kegunaan ini memiliki ciri-ciri tertentu yaitu berwarna putih keperakan. Sedangkan alumunium sendiri terbuat dari berbagai macam campuran dengan dua jenis umum yaitu paduan tempa (wrought alumunium alloys) dan alumunium cor/tuang (cast alumunium alloys).

Alumunium yang murni mempunyai temperatur lebur sekitar 660 derajat celcius. Sementara paduan alumunium lebih beragam temperatur leburnya.

Unsur-unsur yang biasanya dijadikan sebagai paduan alumunium antara lain yaitu silikon, tembaga, magnesium, nikel, mangan, seng, ferro, titanium, dan lain sebagainya. Unsur-unsur paduan alumunium dibedakan menjadi unsur mayor dan unsur minor.

Benda yang Terbuat dari Alumunium

Bahan alumunium banyak menjadi penyusun benda yang ada di sekitar kita. Mulai dari industri konstruksi, industri otomotif, industri elektronik, bahan hingga industri makanan dan minuman. Beberapa contoh benda yang terbuat dari alumunium;

  1. Kabel Listrik

kabel listrik aluminium
Kabel listrik

Alumunium yang dipadukan dengna logam boron akan menghasilkan konduktivitas yang meningkat pesat. Perpaduan ini sering digunakan untuk membuat kabel listrik dengan memanfaatkan konduktivitas yang bagus. Selain perpaduan alumunium dengan boron, kabel energi listrik juga dihasilkan dari paduan antara alumunium dengan besi atau alumunium dengan tembaga.

  1. Rangka Kendaraan

Salah satu benda yang banyak terbuat dari bahan alumunium adalah rangka kendaraan, baik kendaraat darat, laut, maupun udara. Berbagai alat transportasi disusun oleh rangka yang berasal dari alumunium untuk menghasilkan prooduksi yang baik pada pesawat terbang, mobil, kapal laut, ataupun sepeda.

Alumunium yang akan dijadikan rangka tentunya berasal dari material yang kuat, tahan karat, dan mudah ditempa untuk menyesuaikan bentuk kendaraan. Material dengan kriteria tersebut dihasilkan dari perpaduan alumunium dengan unsur mangan.

Perpaduan keduanya diikenal sebagai alumunium alloy seri 5xxx, contohnya yaitu alumunium aloy 7075 yang digunakan pada pesawat terbang.

  1. Ponsel Pintar

Modern ini produksi ponsel pintar mulai menggunakan bahan alumunium alloy sebagai rangka perangkat smartphone. Alasan utamanya adalah bahan baku alumunium alloy adalah bahan yang ringan namun tetap kuat. Penggunaan alumunium juga dipilih karena material ini mampu mendukung penyebaran panas pada ponsel secara mereata. Dengan begitu kinerja dari ponsel pintar akan tetap stabil karena tidak ada gangguan akibat pemusaatan panas.

Selain itu alumunium juga dipilih karena tahan karat, sehingga tampilan dari ponsel pintar lebih menarik. Umumnya penggunaan alumunium alloy pada ponsel pintar adalah campuran dari unsur magnesium, dengan paduan ini tampilan ponsel terlihat seperti metalik.

  1. Alumunium Foil

Alumunium foil adalah bahan yang populer bagi praktisi dapur ataupun koki. Jenis alumunium foil banyak digunakan dalam pemrosesesan makanan yang dikonsumsi oleh manusia.

Alumunium foil memiliki tampak yang berkilau, material ini terbuat dari alumunium alloy dengan sedikit bahan perpaduan. Sehingga yang kita tahu alumunium foil bersifat lebih rapuh dibandingkan jenis alumunium lainnya, karena bentuknya juga lebih tipis.

  1. Peralatan Dapur

Alumunium adalah salah satu bahan yang memiliki sifat konduktivitas panas baik. Dengan sifatnya ini alumunium sering digunakan sebagai bahan pembuat peralatan dapur.

Penggunaan alumunium sebagai alat memasak memungkinnkan penyebaran panas yang cepat dan mambuat masakan lebih cepat matang. Biasanya jenis unsur paduan yang digunakan pada alumunium ini adalah magnesium dan kromium. Salah satu yang sering digunakan adalah alumunium 5052.

  1. Bahan Konstruksi

Industri konstruksi juga menggunakan alumunium alloy sebagai bahan dasar pembuatan konstruksi. Misalnya kawat, paku, pipa bangunan, rangka bangunan, dan alumunium lembaran. Penggunaanya cukup luas tidak hanya meliputi bahan konstruksi rumah dan bangunan saja, akan tetapi alumunium berkontribusi sebagan bahan baku material konstruksi jalanan.

  1. Tempat Penyimpanan

Cukup banyak tempat penyimpanan yang terbuat dari bahan alumunium alloy, seperti tangki minyak, koper tangki udara, dan tangki penyimpanan nitrogen yang bersifat cair. Jenis alumunium yang dipilih disesuaikan dengan masing-masing bahan pada tempat penyimpanan.

  1. Mesin dan Alat Pabrik

Alumunium yang memiliki sifat tahan korosi sering digunakan pada pembuatan mesin dan alat pabrik. Alumunium dipilih karena pemeliharaan barang dengan bahan ini relatif mudah. Sehingga pada mesin-mesin dan alat pabrik yang umumnya digunakan dalam jumlah banyak, biaya perawatannya dapat dihemat.

  1. Poros

Poros merupakan salah satu bahan yang terbuat dari alumunium yang menjadi suatu bagian stasioner berputar. Umumnya poros memiliki penampang bulat yang terpasar banyak elemen lain seperti pulley, flywheel, roda gigi, sproket, dan elemen yang digunakan untuk pemindah lainnya.

Poros bekerja dengan beban tarikan, beban lentur, beban tekan, dan beban puntiran. Semuanya dapat bergerak secara masing-masing atau digabungkan antara satu dengan lainnya. Dalam sebuah mesin poros berfungsi untuk meneruskan tenaga bersama dengan putaran.

Setiap bahan yang berputar dipasang pada poros dukung yang bersifat tetap atau ikut berputar. Salah satu contohnya yaitu pada roda keran pemutar gerobak.

  1. Bantalan

Bantalan pada sebuah mesin juga terbuat dari bahan alumunium, bantalan ini menjadi penumpu poros dengan beban. Dengan bantalan gerakan bolak balik atau putaran dapat terjadi secara aman, halus, dan berlangsung lama tanpa adanya kerusakan.

Apabila terdapat masalah pada bantalan, maka seluruh sistem akan mengalami penurunan kualitas atau bahkan tidak dapat bekerja sama sekali.

  1. Kusen Jendela atau Pintu

Jendela aluminium
Jendela

Selanjutnya benda yang terbuat dari alumunium yaitu kusen jendela atau kusen pintu. Saat ini alumnium menjadi pilihan banyak orang dalam konstruksi bangunan atau rumah. Sebab dibandingkan material kayu, alumunium lebih tahan terhadap rayap serta korosi.

Selain itu, harganya yang juga lebih terjangkau namun materialnya tetap kuat menjadi nilai tambah pada alumunium.

  1. Kemasan Makanan atau Minuman

Kemasan makanan atau minuman terbuat dari berbagai macam bahan, salah satunya adalah alumunium. Pada minuman, kita kenal dengan minuman kaleng yang menjadi kemasan. Kaleng adalah bahan yang berasal dari alumunium. Bahan ini biasanya  digunakan pada minuman dengan kandungan soda, isotoik, atau beberapa jenis susu.

Sementara pada makanan, bahan alumunium digunakan pada makanan awetan dengan segel yang sangat rapat. Dengan demikian, makanan yang ada di dalamnya akan lebih aman dan tahan lama. Bahan alumunium yang digunakan pada makanan atau minuman sudah dipastikan aman.

Selain itu, bahan alumunium juga dipilih karena tidak menimbulkan korosi walaupun bersentuhan langsung dengan bahan cair. Sehingga digunakannya alumnium tidak membahayakan.

Kelebihan Benda yang Terbuat dari Alumunium

Beberapa kelebihan benda yang terbuat dari material alumunium adalah sebagai berikut;

  1. Mudah Dibentuk

Benda yang terbuat dari material alumunium ini mudah dibentuk, sehingga kondisi inilah cukup fleksibel untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Kodinisi ini berbeda dengan benda yang terbuat dari besi dan jenis logam lainnya yang memiliki sifat memuai, sementara alumunium tidak mudah memuai.

  1. Tahan Karatan

Logam alumunium tahan dari karatan atau korosi, dengan demikian untuk menggunakan material ini tidak lagi butuh dilapisi. Ketahanan alumunium tidak hanya sekedar tahan akan korosi, melainkan tahan juga terhadap serangan rayap. Dengan sifat ini, alumunium menjadi bahan alternatif sebagai material bangunan seperti kusen, pagar, dan lain-lain.

  1. Lebih Ringan

Disisi lainnya untuk kelebihan alumunium ini beratnya lebih ringan dibandingkan logam lain, walaupun ringan tetapi alumunium tetap kuat.

  1. Perawatan lebih rendah

Adapun kelebihan lainnya dari segi ekonomis biaya perawatan alumunium lebih rendah dan harganya lebih rendah daripada benda yang terbuat dari kayu.

Walaupun telah banyak yang disebutkan mengenai kelebihan alumunium, namun unsur ini juga memiliki kelemahan. Bahan yang terbuat dari alumunium sangat rentan terhadap goresan, hal ini akan bertambah parah apabila material alumunium bukan jenis kualitas yang bagus.

Desain alumunium memang lebih modern, akan tetapi cukup terbatas tidak seperti material kayu yang dapat dibentuk atau diukir sedemikian rupa. Massa alumunium yang ringan rentan terhadap benturan, permukaan yang semulanya rata akan terlihat tidak rata jika terbentur.

Kelemahan terakhir dari alumunium yaitu tidak semua jenis alumunium memiliki kualitas yang baik, sehingga dalam penggunaannya harus diperhatikan agar terus dapat digunakan jangka panjang.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkaitan dengan berbagai macam benda yang terbuat dari alumunium, kelebihan, kekurangan, dan fungsinya yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *