Sifat dan Fungsi Nitrogen
Sifat dan Fungsi Nitrogen

Sifat Nitrogen dan Fungsinya

Diposting pada

Sifat dan Fungsi Nitrogen

Nitrogen merupakan salah satu nutrisi utama yang memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup semua organisme. Hal ini disebabkan komponen nitrogen banyak tersusun dari banyak biomolekul, termasuk arti protein, DNA, dan klorofil. Meskipun nitrogen sangat melimpah di atmosfer sebagai gas dinitrogen (N2), sebagian besar tidak dapat dicapai dalam bentuk ini oleh sebagian besar organisme, menjadikannya sumber daya yang langka dan seringkali membatasi produktivitas primer di banyak ekosistem.

Hanya saja ketika nitrogen diubah dari gas alam yang kemudian dinitrogen menjadi amonia (NH3) barulah nitrogen tersedia untuk produsen utama. Seperti hal pada tanaman. Selain N2 dan NH3, nitrogen ada dalam berbagai bentuk, termasuk bentuk anorganik dan organik. Sehingga bisa dikatakan bahwa, nitrogen mengalami banyak transformasi dari satu bentuk ke bentuk lain ketika organisme menggunakannya dalam pertumbuhan maupun energi.

Nitrogen

Nitrogen (N) merupakan unsur bukan ikatan logam dari Golongan 15 [Va] dari tabel periodik. Oleh karenanya nitrogen menjadi gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa yang merupakan unsur paling banyak di atmosfer bumi dan merupakan unsur dari semua materi hidup.

Bahkan terdapat sekitar empat perlima atmosfer bumi adalah nitrogen, yang diisolasi dan dikenali sebagai zat tertentu selama penyelidikan awal tentang udara.

Sifat Nitrogen

Nitrogen pada dasarnya dapat dipergunakan dalam berbagai cara baik dalam bentuk gas maupun cair, namun nitrogen juga merupakan komponen utama dari kelompok polutan yang dikenal secara kolektif sebagai nitrogen oksida atau NOx. Semua hal tersebut bisa dilihat berdasarkan pada sifatnya. Adapun untuk sifat nitrogen terbagi menajdi dua. Yakni;

  1. Sifat Fisik

Diantaranya yaitu:

  1. Nitrogen adalah gas tanpa warna, rasa dan juga tanpa bau yang merupakan salah satu sifat fisik nitrogen.
  2. Nitrogen secara relatif dianggap sebagai gas inert yang merupakan salah satu sifat fisik nitrogen.
  3. Nitrogen juga dianggap sebagai cairan yang penampilannya mirip dengan air.
  4. Titik leleh nitrogen adalah -2100 C.
  5. Titik didih nitrogen adalah -195,80 C.
  6. Nitrogen mengandung dua bentuk alotropik padatan a dan b dimana transisi terjadi di antara kedua bentuk tersebut pada suhu -2370 C.
  7. Nitrogen memiliki sifat larut dankurang larut dalam arti air yang merupakan salah satu sifat fisik nitrogen.
  1. Sifat Kimia

Diantaranya yaitu:

  1. Nitrogen termasuk gas yang netrak sehingga tidak mempengaruhi indikator warna.
  2. Nitrogen dapat bergabung dengan unsur lain dan membentuk beberapa senyawa pada suhu tertentu yang merupakan salah satu sifat kimia nitrogen.
  3. Pada suhu tinggi atau suhu rendah nitrogen dapat membentuk senyawa melalui aktivitas biologis yang dapat berperan sebagai katalis.
  4. Bersama dengan sifat oksigen, nitrogen membentuk nitrogen dioksida serta asam nitrat.
  5. Ketika nitrogen digabungkan dengan hidrogen, ia membentuk amonia dan dengan belerang, ia membentuk nitrogen sulfida.
  6. Nitrogen digabungkan dengan logam tertentu pada suhu tinggi yang membentuk logam aktif seperti litium dan magnesium.
  7. Nitrogen merupakan senyawa tidak mudah terbakar yang tidak mendukung pembakaran
  8. Setelah ionisasi, energi nitrogen sebesar 1402kJ.mol-1.

Fungsi Nitrogen

Berikut ini beberapa rincian fungsi yang menjadi pemanfaatan dalam penggunaan nitrogen di kehidupan sehari-hari, yaitu;

  1. Nitrogen adalah elemen kunci dalam asam nukleat DNADeoksiribonukleat dan RNARibonucleic acid. DNADeoksiribonukleat merupakan salah satu jenis bahan kimia yang mereplikasi diri yang ada di hampir semua organisme hidup sebagai komponen utama kromosom, dan pembawa informasi genetik. RNARibonucleic acid merupakan asam nukleat yang ada di semua sel hidup, bertindak sebagai pembawa pesan yang membawa instruksi dari DNA, yang merupakan molekul biologis terpenting dan penting bagi semua makhluk hidup. DNA membawa informasi genetik, yang berarti petunjuk bagaimana menyusun suatu bentuk kehidupan.
  2. Ketika tanaman tidak mendapatkan cukup nitrogen, itu tidak dapat menghasilkan asam amino (zat yang mengandung nitrogen dan hidrogen dan membentuk banyak sel, otot, dan jaringan hidup). Tanpa asam amino, tumbuhan tidak dapat membuat protein khusus yang dibutuhkan sel tumbuhan untuk tumbuh. Tanpa nitrogen yang cukup, pertumbuhan tanaman terpengaruh secara negatif.
  3. Nitrogen digunakan dalam pembuatan amonia, untuk menghasilkan asam nitrat dan selanjutnya digunakan sebagai pupuk. Garam asam nitrat termasuk senyawa penting seperti kalium nitrat, amonium nitrat, dan asam nitrat. Senyawa organik nitrat seperti nitro gliserin sering kali bersifat eksplosif.
  4. Nitrogen cair digunakan sebagai refrigeran untuk mengangkut bahan makanan dan tujuan pembekuan. Pengawetan tubuh dan sel reproduksi serta penyimpanan sampel biologis yang stabil juga memanfaatkan nitrogen cair.
  5. Molekul nitrogen sering ada di tanah. Nitrogen dapat hadir dalam nitrat dan nitrit dalam air dan tanah. Senyawa ini semuanya merupakan bagian dari siklus nitrogen dan keduanya saling berhubungan.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan materi bahasan dalam sifat nitrogen secara fisik dan kimia beserta fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *