Jenis Benda dari Besi
Macam Benda dari Besi

Benda yang Terbuat dari Besi dan Fungsinya

Diposting pada

Jenis Benda dari Besi

Ferrum yang merupakan nama lain dari besi adalah sebuah ikatan logam yang berada dalam deret transisi pertama. Besi menjadi salah satu unsur yang paling umum ditemukan berdasarkan massanya di bumi.

Selain itu, besi mampu membentuk sebagian besar inti baik dalam atau luar bumi. Sehingga dalam hal inilah besi menjadi unsur yang terbesar dalam posisi empat pada kerak bumi. Dimana kelimpahan material besi di bumi berasal dari reaksi fusi didalam bintang dengan massa besar.

Besi

Arti besi yang berada di sekitar kita, sangat mudah ditemukan dalam klasifikasi benda-benda yang dipergunakan sehari-hari, dimana olahan tersebut merupakan hasil olahan mineral yang disebut dengan ferrum  (Fe). Disisi lain besi juga menjadi salah satu unsur yang dapat ditemukan di alam, antara lain pada air, daging sapi, tumbuhan, roti, bebatuan, susu, dan bahan lainnya.

Macam Benda yang Terbuat dari Besi

Beberapa benda yang terbuat dari besi dan dapat ditemukan disekitar kita yaitu akan dijelaskan di bawah ini;

  1. Pisau

Benda dari Besi Pisau
Pisau

Pisau khususnya mata pisau merupakan benda yang terbuat dari bahan besi. Pisau modern ini lebih banyak yang berasal dari material dari besi daripada bahan lainnya. Bilahnya yang tajam seringkali membahayakan, sehingga pada setiap gagangnya selalu dilapisi dengan material lain seperti plastik atau kayu.

Kegunaan pisau sudah dikenal sejak dahulu sebagai alat yang berfungsi untuk memotong sesuatu. Saat ini jenis pisau terdiri dari berbagai macam, namun umumnya pisau digunakan untuk memotong segala bahan ketika memasak makanan di dapur.

  1. Spatula

Benda dari Besi Spatula
Spatula

Spatula adalah alat yang juga eksis di dapur, berfungsi untuk membantu proses memasak. Alat ini terbuat dari berbagai macam bahan, bisa kayu, plastik, dan besi. Spatula yang terbuat dari besi mudah menghantarkan panas, sehingga bagian gagangnya dilapisi dengan bahan plastik atau kayu agar tidak panas.

  1. Penggaris Besi

Benda dari Besi Penggaris
Besi Penggaris

Penggaris adalah salah satu alat yang berguna untuk mengukur sesuatu. Penggaris dapat terbuat dari macam-macam bahan, salah satunya adalah besi.

Sebagai alat laboratorium kimia yang dipergunakan mengukur, penggaris juga kerapkali dipergunakan dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan, industri, teknik, dan lain-lain. Keunggulan penggaris yang terbuat dari besi salah satunya adalah lebih tahan lama, sementara bahan lain rentan patah.

  1. Perhiasan

Perhiasan adalah benda yang biasa digunakan oleh para wanita untuk memperindah penampilan diri. Perhiasan terdiri dari banyak macam dan dapat dikenakan mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, misalnya mahkota, anting, kalung, gelang, cincin, bros, ikat pinggang, dan masih banyak jenis lainnya.

Benda dekoratif ini sudah populer sejak lama dan menggunakan banyak material-material indah, salah satunya memanfaatkan bahan besi yang dibentuk sesuai keinginan.

  1. Setrika Pakaian

Bagian alas pada setrika pakaian terbuat dari bahan besi, sifat besi yang mudah menghantarkan panas dimanfaatkan pada alat ini untuk menghaluskan pakaian. Untuk tetap menjadikan setrika pakaian aman untuk digunakan, maka bagian pegangan pada alat ini dilapisi oleh bahan yang dapat meredam panas, yang paling sering digunakan adalah bahan plastik.

Setrika pakaian sangat berguna untuk menghaluskan pakaian yang kusut setelah melalui proses cuci dan jemur, atau karena pakaian sudah terlipat terlalu lama. Selain menggunakan bahan besi, untuk dapat menyetrikan pakaian juga dapat digunakan uap panas.

  1. Lemari Besi

Lemari adalah tempat penyimpanan untuk segala benda yang penting untuk disimpan dalam tempat tertutup seperti baju, buku, bahan makanan, alat-alat makan, dan lain-lain.

Lemari selain dibutuhkan untuk menyimpan sesuatu juga mempermudah kita untuk mengorganisir barang-barang yang kita miliki. Sehingga jika ingin menggunakannya lebih mudah untuk mencarinya. Lemari bisa terbuat dari berbagai macam bahan, salah satunya besi.

  1. Kunci Gembok

Benda yang terbuat dari logam ataupun dengan kombinasi besi yang lainnya yaitu kunci gembok. Kunci yang terbuat dari besi ini biasanya berbentuk tipis dan berguna untuk membuka gembok yang juga terbuat dari logam namun bukan jenis besi.

  1. Gagang Pintu

Gagang yang ada pada setiap pintu di rumah kita umumnya terbuat dari material besi. Gagang pintu berfungsi untuk membuka serta menutup pintu. Tanpa adanya gagang pintu, maka kita akan sulit untuk membuka dan menutup pintunya.

  1. Tongkat atau Tiang Besi

Tongkat atau tiang dapat terbuat dari besi, bahan ini dimanfaatkan menjadi benda sesuai kebutuhan misalnya tiang bendera, tongkat penyangga, dan lain-lain. Karena material tersebut terbuat dari besi, maka akan lebih kuat dibandingkan material lain. Hanya saja jika terus terkena udara besi rawan berkarat, permasalahan ini dapat diatasi dengan cara mengecatnya.

  1. Sendok dan Garpu

Sendok dan garpu adalah alat yang paling familiar digunakan untuk makan selain langsung menggunakan tangan. Sendok dan garpu terbuat dari besi yang disebut stainless steel, logam ini tidak mudah berkarat seperti besi lain karena tercampur dengan bahan pelapis yang membuatnya tahan terhadap korosi.

  1. Rantai Kendaraan

Rantai kendaraan, baik motor atau sepeda terbuat dari besi. Pada sepeda, rantai berguna untuk mengintegrasikan ban bagian depan dengan ban bagian belakang agar dapat berjalan ketika dikayuh. Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi pada motor, hanya saja motor tidak secara manual dikayuh melainkan menggunakan mesin.

  1. Pagar Besi

Pagar adalah benda yang sering digunakan sebagai pembatas antar satu tempat dengan tempat lain. Di rumah, pagar bermanfaat memberi batas bagian dalam rumah dengan jalan yang ada di depan rumah.

Selain itu, pagar besi juga berfungsi sebagai pengaman agar tidak sembarang orang dapat keluar masuk. Zaman dahulu, pembatas sederhana terbuat dari material kayu atau tumbuhan pagar yang sengaja ditanam, akan tetapi saat ini sudah berkembang menggunakan besi.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis benda yang terbuat dari besi dan fungsinya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan untuk kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *