Jenis Benda dari Logam
Contoh Benda dari Logam

Benda yang Terbuat dari Logam dan Fungsinya

Diposting pada

Jenis Benda dari Logam
Ikatan logam telah memainkan peran penting dalam banyak tahap penting dalam sejarah manusia. Sejak tahap paling awal dari peradaban manusia logam telah digunakan, baik dalam bentuk murni atau dikombinasikan dengan logam lain untuk membuat paduan yang digunakan atau difungsikan untuk membuat berbagai objek dari koin, alat, peralatan, senjata, perhiasan dan seni.

Dalam beberapa tahun terakhir, logam memiliki sangat penting dalam pembuatan mobil, pesawat terbang, mesin dan komputer. Banyak logam muncul secara alami sebagai bijih mineral yang termasuk emas, tembaga, besi dan timah. Paduan adalah logam yang tidak terjadi secara alami, tetapi dibuat dengan melebur bijih yang berbeda dan menggabungkannya untuk membuat jenis logam baru.

Benda yang Terbuat dari Logam

Logam adalah zat yang sangat berguna  karena logam ini tahan lama, tahan pakai, tahan air, kuat, tajam, mudah ditempa, konduktor listrik yang baik dan bisa juga bersifat magnetis. Hal ini berarti bahwa ada segala macam benda logam dengan berbagai kegunaan.

Dalam penerapan kimia, logam adalah unsur yang siap membentuk ion positif (kation) dan memiliki sifat ikatan logam. Logam adalah salah satu dari tiga kelompok unsur yang dibedakan oleh sifat ionisasi dan ikatannya, bersama dengan metaloid dan bukan logam.

Penggunaan logam biasa di rumah. Atau dengan kata lain, banyak benda-benda di rumah kita yang terbuat dari logam. Tak perlu berpikir terlalu jauh, bahkan salah satu bentuk uang yang kita gunakan untuk bertransaksi juga terbuat dari logam, yang kita kenal dengan uang koin. Sehingga bisa dikatakan bahwa benda yang terbuat dari logam adalah semua benda yang bahan dasarnya berupa logam dengan beragam jenisnya.

Macam Benda dari Logam

Adapun beberapa jenis benda yang terbuat dari logam dan mudah mendapatkan fungsinya dalam keseharian antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Rantai

Rantai adalah rangkaian serial potongan-potongan yang terhubung, yang disebut tautan, biasanya terbuat dari logam, dengan karakter keseluruhan mirip dengan tali yang fleksibel dan melengkung dalam kompresi tetapi linear, kaku, dan bantalan beban dalam tegangan. Rantai dapat terdiri dari dua tautan atau lebih.

  1. Sendok

Sendok adalah alat yang terdiri dari mangkuk kecil yang dangkal (juga dikenal sebagai kepala), oval atau bulat, di ujung pegangan. Pada umumnya, sendok saat ini terbuat dari logam (terutama perak, berlapis atau padat), kayu, porselen atau plastik.

Ada berbagai macam sendok yang terbuat dari berbagai bahan dan oleh budaya yang berbeda untuk berbagai keperluan dan makanan. Untuk sendok buatan mesin, bentuk dasarnya dipotong dari selembar perak murni, paduan perak nikel atau stainless steel.

  1. Pisau

Pisau adalah alat dengan ujung tombak atau pisau yang sering dikaitkan dengan gagang. Salah satu alat paling awal yang digunakan oleh umat manusia, pisau muncul setidaknya dua setengah juta tahun yang lalu, sebagaimana dibuktikan oleh alat Oldowan.

Awalnya terbuat dari kayu, tulang, dan batu (seperti batu dan obsidian), selama berabad-abad, seiring dengan peningkatan dalam bidang metalurgi dan manufaktur, pisau telah dibuat dari tembaga, perunggu, besi, baja, keramik, dan titanium.

  1. Setrika Pakaian

Setrika pakaian adalah alat yang ketika dipanaskan dapat digunakan untuk menghilangkan kusut pada pakaian dan membantu mencegah penyebaran penyakit menular. Setrika dalam negeri pada umumnya berkisar pada suhu operasi dari antara 250 ° F (121° C) hingga 360° F (182° C). Ini dinamai untuk logam (besi) yang perangkatnya dibuat secara historis, dan penggunaannya umumnya disebut penyetrikaan.

Penyetrikaan bekerja dengan melonggarkan ikatan antara rantai panjang molekul yang ada dalam bahan serat polimer. Dengan panas dan berat pelat setrika, serat ditarik dan kain mempertahankan bentuknya yang baru saat dingin. Beberapa bahan, seperti kapas, membutuhkan penggunaan air untuk melonggarkan ikatan antarmolekul.

  1. Penggaris

Penggaris adalah perangkat yang digunakan dalam geometri dan gambar teknik, serta industri teknik dan konstruksi, untuk mengukur jarak atau menggambar garis lurus. Penggaris telah lama dibuat dari bahan yang berbeda dan dalam berbagai ukuran.

Ada yang dari kayu, plastik juga telah digunakan sejak ditemukan. Selain kayu dan plastik, logam juga digunakan untuk penggaris yang lebih tahan lama.

  1. Perhiasan

Perhiasan terdiri dari barang-barang dekoratif yang dikenakan untuk perhiasan pribadi, seperti bros, cincin, kalung, anting-anting, liontin, gelang, dan kancing manset. Perhiasan dapat melekat pada tubuh atau pakaian.

Selama berabad-abad logam seperti emas yang digunakan dalam karat yang berbeda dari 21, 18, 12, 9 atau bahkan lebih rendah, sering dikombinasikan dengan batu permata, telah menjadi bahan normal untuk perhiasan, tetapi bahan lain seperti kerang dan bahan tanaman lainnya juga dapat digunakan.

  1. Koin

Koin adalah potongan kecil dari logam atau plastik bulat, datar, (biasanya tergantung pada negara atau nilainya) yang digunakan terutama sebagai media pertukaran atau tender legal. Koin memiliki berat yang dan diproduksi dalam jumlah besar untuk memfasilitasi perdagangan. Itu paling sering dikeluarkan oleh pemerintah. Koin sering memiliki gambar, angka, atau teks.

Koin biasanya logam atau paduan, atau kadang-kadang terbuat dari bahan buatan manusia. Itu biasanya berbentuk cakram. Koin yang terbuat dari logam mulia disimpan dalam jumlah besar sebagai koin batangan. Koin lainnya digunakan sebagai uang dalam transaksi sehari-hari, beredar bersama uang kertas.

  1. Pipa

Pipa adalah bagian tubular atau silinder berlubang, biasanya tetapi tidak harus dari penampang melingkar, digunakan terutama untuk membawa zat yang dapat mengalir – cairan dan gas (cairan), bubur, bubuk dan massa padatan kecil. Ini juga dapat digunakan untuk aplikasi struktural; pipa berlubang jauh lebih kaku per unit berat daripada anggota padat.

Pipa terbuat dari banyak jenis bahan termasuk keramik, kaca, fiberglass, beragam jenis logam, beton dan plastik. Biasanya pipa logam terbuat dari baja atau besi, seperti baja hitam (pernis) yang belum jadi, baja karbon, baja tahan karat, baja galvanis, kuningan, dan besi ulet. Perpipaan berbasis besi dapat mengalami korosi jika digunakan dalam aliran air yang sangat teroksigenasi.

  1. Kunci

Kunci adalah alat pengikat mekanis atau elektronik yang dilepaskan oleh benda fisik (seperti kunci, kartu kunci, sidik jari, kartu RFID, token keamanan, koin, dan lain-lain). Dengan memberikan informasi rahasia (seperti permutasi angka atau huruf) atau kata sandi), atau dengan kombinasi keduanya atau hanya dapat dibuka dari satu sisi seperti rantai pintu.

Kunci merupakan sepotong kecil logam termasuk kuningan, kuningan berlapis, perak nikel, dan baja, yang terdiri dari dua bagian: bilah, yang meluncur ke alur kunci dari kunci dan membedakan antara kunci yang berbeda, dan busur, yang dibiarkan menonjol sehingga torsi dapat diterapkan oleh pengguna.

  1. Gunting Kuku

Gunting kuku (juga disebut pemotong kuku) adalah alat tangan yang digunakan untuk memotong kuku. Gunting kuku biasanya terbuat dari stainless steel tetapi bisa juga terbuat dari plastik dan aluminium. Dua varietas umum adalah tipe plier dan tipe tuas majemuk.

Gunting kuku terdiri atas kepala yang bisa cekung atau cembung. Gunting kuku khusus yang memiliki ujung cembung dimaksudkan untuk memotong kuku kaki, sedangkan ujung guntingan cekung adalah untuk kuku pada jari tangan.

Demikianlah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam benda yang terbuat dari logam beserta fungsinya. Semoga memberikan pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *