Jenis Benda dari Plastik
Contoh Benda dari Plastik

Benda yang Terbuat dari Plastik dan Fungsinya

Diposting pada

Jenis Benda dari Plastik

Plastik dengan cepat mengubah dunia kita yang memungkinkan kita untuk membuat produk yang murah dan tahan lama. Dari banyak produk yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari betapa banyak yang terbuat dari plastik. Di negara maju, sekitar sepertiga dari plastik digunakan untuk kemasan dan aplikasi dalam konstruksi seperti pipa atau pelapis dinding vinil. Kegunaan lain termasuk mobil (hingga 20% plastik), furnitur, dan mainan.

Di seluruh dunia, sekitar 50 kg plastik diproduksi setiap tahun per orang dengan produksi berlipat ganda setiap sepuluh tahun. Plastik memiliki banyak kegunaan dalam bidang medis juga dengan pengenalan implan polimer dan perangkat medis lainnya yang diperoleh setidaknya sebagian dari plastik.

Benda Terbuat dari Plastik

Plastik merupakan sifat polimer organik sintetis atau semisintetik atau dengan kata lain mengendung sementara unsur-unsur lain mungkin ada, plastik selalu menyertakan karbon dan hydrogen sebagai material untuk proses penyusunannya.

Contoh polimer yang digunakan untuk membuat plastik hampir selalu dicampur dengan aditif, termasuk pewarna, plasticizer, stabilisator, pengisi, dan bala bantuan. Aditif ini mempengaruhi komposisi kimia, sifat kimia, dan sifat mekanik plastik, serta biayanya.

Plastik sering disebut oleh akronim untuk rumus kimianya, diantaranya yaitu:

  1. Polyethylene terephthalate: PET atau PETE
  2. High Density Polietilen: HDPE
  3. Polivinil klorida: PVC
  4. Polypropylene: PP
  5. Polystyrene: PS
  6. Low Density Polietilen: LDPE

Sifat-sifat plastik tergantung pada komposisi kimia dari subunit, pengaturan subunit tersebut, dan metode pengolahan. Polimer plastik terdiri dari rantai sub unit terhubung yang disebut monomer. Jika monomer identik bergabung, itu membentuk homopolimer. Monomer yang berbeda terhubung untuk membentuk kopolimer. Homopolimer dan kopolimer dapat berupa rantai lurus atau rantai bercabang.

Sifat-sifat lainnya dari plastik termasuk:

  1. Plastik biasanya benda padat. Itu dapat berupa padatan amorf, padatan kristalin, atau padatan semikristalin (kristalit).
  2. Plastik biasanya merupakan penghantar panas dan listrik yang buruk. Sebagian besar adalah isolator dengan kekuatan dielektrik yang tinggi.
  3. Polimer kaca cenderung kaku (misalnya Polystyrene). Namun, lembaran tipis polimer ini dapat digunakan sebagai film (misalnya Polietilen).
  4. Plastik cenderung tahan lama, dengan tingkat degradasi yang lambat.

Macam Benda yang Terbuat dari Plastik

Berikut ini setidaknya ada beberapa contoh-contoh benda yang terbuat dari plastik dengan masing-masing fungsinya, antara lain:

  1. Kursi Plastik

Kursi plastik tentunya bukan benda yang asing bagi kita. Ini biasanya digunakan dalam acara-acara yang menampung banyak orang, seperti dalam hajatan pernikahan atau khitanan. Atau misalnya ketika kita pergi menonton pertandingan di stadion, kursi-kursi di stadion biasanya terbuat dari plastik HDPE.

  1. Bahan Pakaian

Kain sintetis seperti nilon, poliester, spandeks dan lain-lain semuanya berasal dari plastik. Menawarkan fleksibilitas tinggi, kinerja, dan daya tahan, kain-kain ini merupakan hal biasa di sebagian besar pakaian yang terdapat dalam pasaran saat ini.

  1. Peralatan Dapur 

Sebagian besar, peralatan dapur yang terjangkau (yang tersedia dalam berbagai warna yang menyenangkan) juga terbuat dari plastik daur ulang. Talenan plastik, saringan, mangkuk pencampur, dan peralatan makan cukup kuat untuk digunakan sehari-hari, dan wadah penyimpanan makanan yang terbuat dari plastik daur ulang dapat digunakan kembali berulang kali.

  1. Komputer

Mungkin tidak terpikirkan oleh kita bahwa komputer dapat didaur ulang? Sebagian besar isi komputer dan aksesori komputer terbuat dari plastik, dan dapat dibuang dan didaur ulang dengan aman untuk digunakan kembali. Selama 40 tahun terakhir, komputer telah berubah dari sebagian besar yang mengandung logam menjadi lebih banyak plastik.

Sayangnya, jenis plastik yang digunakan dalam komputer menimbulkan berbagai masalah lingkungan yang harus diatasi untuk daur ulang elektronik di seluruh dunia, itulah sebabnya disposisi aset TI yang bersertifikat dapat membantu.

  1. Ubin Gym

Ubin gym di pusat kebugaran di rumah, dibuat dari bahan berbasis plastik. Banyak produsen menggunakan ubin gym untuk menguji cara-cara baru untuk mendaur ulang bahan plastik juga.

Sebagai contoh, produsen sepatu Nike telah mengumpulkan sepatu kets usang sebagai bagian dari program yang menciptakan ubin gym dari sepatu kets yang telah disumbangkan. Bahan komposit plastik / karet juga dapat digunakan untuk membuat berbagai permukaan olahraga termasuk lintasan lari dan lapangan tenis.

  1. Bola golf

Permukaan luar yang keras, putih, berlesung pada bola golf terbuat dari plastik. Sangat keras dan tahan lama, bahan yang digunakan untuk membuat permukaan luar bola golf adalah contoh plastik yang sangat baik karena mampu menahan gaya benturan ekstrem dari ayunan pegolf.

  1. Lampu Plastik

Botol plastik dapat didaur ulang untuk membuat lampu plastik. Sebagian dari plastik itu dihancurkan agar menjadi putih. Botol plastik berwarna dan lembaran polipropilen membentuk kap lampu.

  1. Botol Sampo

Botol plastik untuk deterjen, sampo, dan pembersih rumah tangga sebagian besar berasal dari plastik daur ulang yang dikenal sebagai polietilen densitas tinggi. Produsen sering meninggalkan plastik dalam keadaan alami dan transparan, yang memiliki warna putih susu atau kadang-kadang mereka menambahkan pigmen warna-warni untuk membuat botol menonjol dari persaingan.

Sementara polietilen densitas tinggi daur ulang digunakan dalam pembuatan botol susu, ini paling cocok untuk produk-produk non-makanan saja.

  1. Kerucut lalu lintas (Traffic Cones)

Polivinil klorida daur ulang cocok untuk pembuatan barang yang fleksibel seperti selang taman, flap lumpur, dan kerucut lalu lintas oranye.

Tidak seperti bahan rapuh seperti polystyrene, polivinil klorida ini kuat dan digunakan pula dalam benda-benda kaku seperti lantai dan ubin lantai, pipa ledeng, dan lain-lain. Sama seperti jenis plastik daur ulang lainnya, PVC tersedia dalam bentuk yang jernih dan murni dicampur dengan pigmen untuk warna.

  1. Kantong Sampah (Trash Bags)

Sebagian besar kantong sampah juga terbuat dari plastik daur ulang. Tas-tas ini memberi kita keandalan dan kenyamanan tas-tas standar tetapi membutuhkan energi yang relatif lebih sedikit untuk diproduksi, menghasilkan emisi gas rumah kaca yang rendah.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya berbagai jenis benda yang terbuat dari plastik dalam kehidupan sehari-hari dan fungsinya. Semoga bisa memberikan edukasi dan pemahaman bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *