Sifat Benda Plastik
Sifat Benda Plastik

Sifat Benda yang Terbuat dari Plastik dan Contohnya

Diposting pada

Sifat Benda Plastik

Plastik pada hakekatnya adalah jenis bahan kimia yang diproduksi dari komponen fraksi minyak bumi dengan proses penerapan kimia dan dapat dipergunakan untuk membuat banyak benda. Bobot plastik ini sendiri bersifat ringan dan tidak mudah patah. Atas alasan itulah banyak prabotan rumah tangga dan industri yang bahan dasarnya terbuat dari plastik.

Disisi lain, plastik juga berbagai macam senyawa organik sintetik atau semi-sintetik yang mudah dibentuk dan dapat dicetak menjadi benda padat. Plastik biasanya adalah polimer organik dengan massa molekul tinggi dan sering mengandung zat lain.

Plastik

Plastik adalah salah satu dari banyak bahan sintetik yang didapatkan dari berbagai olahan senyawa organik yang mana untuk sebagian besar merupakan polimer termoplastik atau termoset dengan berat molekul tinggi dan yang dapat dibuat menjadi benda, film, atau filament.

Sifat Benda dari Plastik

Adapun untuk sifat benda yang terbuat dari plastik, antara lain sebagai berikut;

  1. Mudah dibentuk

Karakteristik benda yang terbuat dari plastik akan senantisa mudah untuk dibentuk. Alasannya karena plastik biasanya sintetis, sehingga paling umum berasal dari petrokimia, namun, berbagai varian dibuat dari bahan yang dapat diperbarui seperti asam polylactic dari jagung atau selulosa dari linter kapas.

Disisi lain, plastik sintetis ini sepenuhnya pertama di dunia adalah bakelite, ditemukan di New York pada tahun 1907, oleh Leo Baekeland yang menciptakan istilah ‘plastik‘. Banyak ahli kimia yang telah memberikan kontribusinya pada ilmu material plastik, diantaranya yaitu Hermann Staudinger, pemenang Nobel yang dikenal sebagai “bapak kimia polimer” dan Herman Mark, yang dikenal sebagai “bapak fisika polimer”.

Keberhasilan dan dominasi plastik yang dimulai pada awal abad ke-20 menyebabkan kekhawatiran lingkungan mengenai laju dekomposisi yang lambat setelah dibuang sebagai sampah karena komposisi molekul besar. Menjelang akhir abad ini, satu pendekatan untuk masalah ini bertemu dengan upaya luas untuk daur ulang.

  1. Tembus Pandang

Plastik senantisanya bersifat tembus pandang, atas dasar inilah berbagai kemasan yang terbuat dari plastik senantisa membantu dan melindungi barang, sekaligus mengurangi berat ketika difungsikan dalam berbagai produk-produk yang diperlukan manusia dalam keseharian.

  1. Tidak mudah menyerap air

Sifat yang ada dalam benda terbuat dari plastik selanjutnya tidak mudah menyerap air. Atas alasan inilah bahan dari pplastik memungkinkan desain dan konstruksi yang berkelanjutan dan tahan lama ketika dipergunakan dalam prabotan rumah, atau bangunan lainnya.

  1. Isolator

Salah satu karakterisk benda yang terbuat dari plastik ialah memiliki sikap yang isolator. Dimana sikap ini artinya tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. Maka, berbagai parbotan dalam pembuatan komputer dan telepon seluler hingga televisi lebih memilih bahan dari plastik, lantaran mampu mengendalian panas.

  1. Ringan

Dalam proses pembuatan desain otomotif, plastik telah berkontribusi pada banyak inovasi dalam keselamatan, kinerja, dan efisiensi bahan bakar. Salah satu alasannya karena bersifat ringan ketika dipergunakan dalam produk apapun.

  1. Tidak mudah pecah

Plastik tidak mudah pecah, sehingga bahan yang terbuat dari plastik ini membantu membuat perlengkapan keselamatan olahraga seperti dalam pembuatan helm plastik, pelindung mulut, kacamata pelindung dan pelindung – lebih ringan dan lebih kuat untuk membantu menjaga penggemar olahraga dari segala usia aman.

  1. Lentur

Karakterisk atas sifat dari benda yang terbuat dari plastik lainnya ialah lentur. Sehingga dalam pembentukan busa plastik akhirnya mampu penyerap goncangan membantu menjaga kaki tetap stabil dan didukung, sementara cangkang plastik kasar yang menutupi helm dan pembalut membantu melindungi kepala, sambungan, dan tulang.

Contoh Benda yang Terbuat dari Plastik

Adapun untuk berbagai contoh benda yang bisanya terbuat dari plastik dan mudah ditemukan. Misalnya saja;

  1. Gayung

Gayung adalah alat yang dipergunakan untuk mandi, alat dari gayung ini sentisa mampu untuk membantu pekerjaan manusia ketika menggumpulkan air yang kemudian disiramkan ke badan. Gayung sejatinya alat multifungsi yang terbuat dari plastik.

  1. Botol Pembersih

Bahan pembersih yang dipergunakan oleh seseorang dalam membersikan berbagai kuman sejatinya untuk botol terbuat dari plastik. Alasannya karena ringan serta tidak mudah pecah. Meskipun demikian, yang perlu disadari plastik termasuk contoh limbah anorganik, yang perlu diwaspadai keberadannya karena tidak mudah teruraikan dengan baik.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan berbagai sifat dari benda Plastik dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *