Ion Positif Adalah

Pengertian Ion Positif, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Ion Positif Adalah

Ion pada dasarnya ada di sekitar kita saat ini dan bahkan mungkin saja kita tidak menyadarinya, padahal ion tersebut sangat  memungkinkan mempengaruhi cara kita merasakan dan bahkan mempengaruhi kesehatan hidup seseorang.

Secara umum terdapat dua jenis dalam pengertian ion yaitu ion positif dan ion negatif, akan tetapi pada artikel ini akan menjelaskan terkait dengan pengertian ion positif, ciri, dan contohnya dalam kehidupan manusia.

Ion Positif

Ion positif adalah atom bermuatan listrik, atau sekelompok atom, yang dibentuk oleh hilangnya satu atau lebih elektron. Jumlah proton tidak berubah tetapi pengurangan elektron memberi atom muatan positif. Ion positif dikenal juga dengan istilah kation.

Ion positif di udara biasanya adalah molekul karbon dioksida yang telah dilucuti elektron.Ini telah terbukti memiliki efek negatif pada tubuh kita ketika kita terpapar mereka secara berlebihan.

Khususnya terjadi pada paru-paru dan saluran pernapasan, tetapi sistem kekebalan tubuh kita juga dapat terpengaruh. Ini karena ion positif sangat kecil sehingga mereka diserap langsung ke dalam aliran darah kita dari udara yang kita hirup.

Ciri Ion Positif

Secara umum untuk ion positif yang kerapkali dikenal dengan kation memiliki karakteristik sebagai berikut, antara lain;

  1. Kation (+), berasal dari kata Yunani (káto), yang berarti “turun”, yang dapat diartikan sebagai ion dengan elektron lebih sedikit daripada proton, sehingga memberikan muatan positif.
  2. Mendasarkan pada sifat elektron seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kation lebih kecil dari atom induk atau molekul yang sesuai karena ukuran yang lebih kecil dari awan elektron. Satu kation khusus (yaitu hidrogen) tidak mengandung elektron, dan dengan demikian terdiri dari satu proton – jauh lebih kecil dari atom hidrogen induknya.
  3. Diukur dengan jari-jari ioniknya, kation lebih kecil. Kation memiliki jari-jari kurang dari 0,8 × 10-10 m (0,8 Å).
  4. Kelebihan ion bermuatan positif di lingkungan kita dapat berkontribusi pada kelelahan dan kurangnya energi, ketegangan, kecemasan dan lekas marah. Ion positif di udara bahkan telah diselidiki sebagai faktor penyebab asma, alergi, migrain dan depresi.
  5. Di alam, ion positif biasanya dibentuk oleh angin kencang, debu, kelembaban, dan polusi dan berada pada tingkat tertinggi sesaat sebelum badai listrik.
  6. Di rumah, lampu neon dan peralatan listrik seperti televisi dan oven microwave adalah penghasil ion positif yang besar, seperti juga serat pada karpet, gorden, dan pelapis. Pendingin udara, pemanas kipas, pengering rambut, dan pengering pakaian juga merupakan sumber kuat ion bermuatan positif.
  7. Jenis elemennya yaitu berupa logam (metal), yaitu bahan yang, ketika baru disiapkan, dipoles, atau retak, menunjukkan penampilan yang berkilau, dan menghantarkan listrik dan panas dengan relatif baik.

Logam biasanya mudah ditempa (bisa ditempa menjadi lembaran tipis) atau ulet (bisa ditarik ke kabel). Sebuah logam dapat menjadi kimia unsur seperti besi; paduan seperti stainless steel; atau senyawa molekul seperti sulfur nitrida polimer.

Contoh Ion Positif

Untuk beberapa contoh yang termasuk dalam ion positif, antara lain;

Perak

Perak adalah unsur kimia dengan simbol Ag (dari bahasa Latin argentum, berasal dari bahasa Proto-Indo-Eropa: “mengkilap” atau “putih”) dan nomor atom 47. Logam transisi yang lembut, putih, berkilau, memamerkan konduktivitas listrik tertinggi, konduktivitas termal, dan reflektivitas logam apa pun.

Logam ini ditemukan di kerak bumi dalam bentuk unsur bebas murni (“perak asli”), sebagai paduan dengan emas dan logam lainnya, dan dalam mineral seperti argentit dan klorargirrit. Kebanyakan perak diproduksi sebagai produk sampingan dari tembaga, emas, timah, dan pemurnian seng.

Amonium

Amonium adalah ion poliatomik bermuatan positif dengan rumus kimia NH+4. Ini dibentuk oleh protonasi amonia (NH3). Amonium juga merupakan nama umum untuk amina tersubstitusi atau protonasi positif dan kation amonium kuaterner (NR+4), di mana satu atau lebih atom hidrogen digantikan oleh gugus organik (ditunjukkan oleh R).

Nah, demikianlah serangkain artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian ion positif, ciri, dan contohnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *