Nama Alat Laboratorium Kimia
Alat Laboratorium Kimia

Nama Alat Laboratorium Kimia dan Penjelasannya

Diposting pada

Nama Alat Laboratorium Kimia

Peralatan laboratorium merupakan seperangkat alat yang digunakan oleh ilmuwan untuk mendukung kinerjanya di laboratorium. Tanpa itu, ilmuwan tidak bisa melakukan apa pun selain berhipotesis. Meskipun lab yang berbeda akan memiliki seperangkat alat yang berbeda, ada beberapa peralatan lab yang sangat berguna, orang jarang menemukan lab tanpa mereka.

Contohnya dalam hal ini alat laboratorium umum tersebut termasuk komputer, freezer, inkubator, gelas ukur, peralatan plastik, pH meter, dan beberapa jenis mikroskop. Peralatan laboratorium yang lebih khusus mungkin mencakup autoklaf, kultur sel, spektrofotometer, dan thermocycler (mesin PCR). Secara spesifik pada laboratorium kimia, beberapa peralatan yang dapat kita temukan diantaranya yaitu tabung reaksi yang berfungsi untuk mereaksikan dua zat atau lebih, Erlenmeyer merupakan alat yang berfungsi sebagai tempat membuat larutan.

Alat Laboratorium Kimia

Laboratorium adalah fasilitas yang menyediakan kondisi terkontrol di mana penelitian, percobaan, dan pengukuran ilmiah atau teknologi dapat dilakukan. Layanan laboratorium disediakan dalam berbagai pengaturan yang ada dalam dunia pendidikan dan ketatakerjaan seperti kantor dokter, klinik, rumah sakit, dan pusat rujukan regional dan nasional.

Laboratorium yang digunakan untuk penelitian ilmiah mengambil banyak bentuk karena persyaratan yang berbeda dari para spesialis di berbagai bidang sains dan teknik. Laboratorium fisika kemungkinan berisi akselerator partikel atau ruang hampa udara, sedangkan laboratorium metalurgi bisa mempunyai peralatan yang digunakan untuk pemurnian ikatan logam atau untuk menguji kekuatannya.

Seorang ahli kimia ataupun ahli biologi mungkin menggunakan laboratorium ekperimental, sedangkan laboratorium psikolog mungkin merupakan ruangan dengan cermin satu arah dan kamera tersembunyi untuk mengamati perilaku.

Di beberapa laboratorium, seperti yang biasa digunakan oleh para ilmuwan komputer (kadang-kadang superkomputer) digunakan untuk simulasi atau analisis data. Ilmuwan di bidang lain masih akan menggunakan jenis laboratorium lainnya. Insinyur menggunakan laboratorium juga untuk merancang, membangun, dan menguji perangkat teknologi.

Laboratorium ilmiah dapat ditemukan sebagai ruang penelitian dan ruang belajar di sekolah dan universitas, industri, pemerintah, atau fasilitas militer, dan bahkan di atas kapal dan pesawat ruang angkasa.

Apa Itu Alat Laboratorium Kimia?

Alat laboratorium kimia adalah suatu benda yang dapat kita gunakan untuk melakukan suatu kegiatan. Adapun istilah alat laboratorium mengacu pada alat-alat yang digunakan untuk menunjang kegiatan di laboratorium.

Alat laboratorium kimia merupakan alat-alat yang dapat kita temukan di dalam kimia yang digunakan untuk menunjang percobaan atau ekperimen dalam bidang studi kimia. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan alat-alat tersebut, menjadi hal yang penting untuk mengetahui fungsi masing-masing alat agar percobaab atau eksperimen dapat berhasil dengan baik.

Nama Alat Laboratorium Kimia

Berikut ini beberapa jenis alat yang ada di dalam laboratorium kimia beserta dengan penjelasan dan gambaranya, antara lain:

  1. Rak Tabung Reaksi

Gambar Rak Tabung Reaksi
Rak Tabung Reaksi

Rak tabung reaksi merupakan alat yang berfungsi untuk meletakkan tabung reaksi. Rak ini penting untuk menjaga keselamatan dan keamanan kerja ketika dalam masa percobaan di dalam rauangan. Bahkan dalam jenisnya ada banyak tabung reaksi yang digunakan.

  1. Tabung Reaksi

Gambar Tabung Reaksi
Tabung Reaksi

Tabung reaksi merupakan alat yang berfungsi sebagai tempat untuk mereaksikan berbagai jenis bahan kimia, untuk melakukan arti reaksi kimia baik dalam skala kecil, sedangf, dan besar. Fungsi ini ialah untuk memanaskan sampel atau cairan.

  1. Erlenmeyer

Gambar Erlenmeyer
Erlenmeyer

Erlenmeyer merupakan salah satu bentuk alat yang digunakan dalam proses titrasi asam basa yang dipergunakan untuk menampung larutan yang akan dititrasi, menampung filtrat hasil penyaringan, serta digunakan untuk mengukur volume.

  1. Gelas Beaker

Gambar Gelas Beaker
Gelas Beaker

Gelas Beaker merupakan alat yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan membuat larutan. Fungsi gelas kimia khususnya jenis beaker mempunyai takaran tapi jarang bahkan tidak diperbolehkan untuk digunakan dalam mengukur volume suatu zat ciar.

  1. Gelas Kimia

Alat Laboratorium Gelas Kimia
Gelas Kimia

Gelas kimia merupakan alat yang berfungsi sebagai tempat untuk melarutkan zat yang tidak memerlukan ketelitian tinggi, sebagai wadah menampung dan menyimpan larutan sekaligus untuk memanaskannya, serta untuk menguapkan larutan ataupun air.

  1. Labu Destilasi

Alat Kimia Labu Destilasi
Labu Destilasi

Labu destilasi merupakan alat yang dipergunakan untuk berbagai jenis destilasi larutan. Pada bagian atas rangkaian alat destilasi terdapat karet penutup dengan sebuah lubang sebagai tempat meletakan termometer yang ada dalam laboratorium.

  1. Buret

Alat Kimia Buret
Buret

Buret merupakan alat yang digunakan digunakan untuk berbagai percobaan dalam jenis titrasi, tapi perlu dipahami bahwa dalam keadaan tertentu keberfungsian alat ini bisa juga dipergunakan untuk mengukur volume suatu larutan.

  1. Corong

Alat Kimia Corong
Corong

Corong adalah salah satu jenis alat yang digunakan untuk memasukan ataupun memindahkan larutan dari satu tempat ke tempat lain. Perpindahan dengan mempergunakan corong ini agar menjadikan bahan kimia tetap originalitas.

  1. Centrifuge

Alat Kimia Centrifuge
Centrifuge

Centrifuge adalah salah satu jenis alat yang berfungsi untuk memisahkan bahan tersuspensi dari medianya, hal ini misalnya saja dipergunakan untuk memisahkan suatu padatan dari cairan misalnya memisahkan plasma dari sel darah.

  1. Kondensor

Alat kimia Kondensor
Kondensor

Kondensor ialah salah satu nama alat laboratorium kimia yang berfungsi untuk destilasi larutan. Adapun bagian lubang bawah dalam jenis alat ini kerapkali sebagai tempat masuknya air, sedangkan lubang atas sebagai tempat keluarnya air.

  1. Corong pisah

Alat Kimia Corong pisah/labu ekstraksi
corong pisah/labu ekstraksi

Corong pisah yang juga dikenal dengan sebutan labu ekstraksi merupakan alat yang berfungsi untuk memisahkan dua larutan yang tidak bercampur sebab adanya perbedaan massa jenis. Corong pisah biasa digunakan pada proses ekstraksi.

  1. Filler

Alat Kimia Filler (karet penghisap)
Filler

Filler juga dikenal dengan nama lain karet pengisap merupakan alat yang digunakan untuk menghisap larutan yang akan dari botol larutan. Apabila larutan yang akan gihisap bukan air, maka alangkah lebih baiknya apabila menggunakan karet pengisap yang telah disambungkan pada pipet ukur.

  1. Pipet ukur

Alat Kimia Pipet ukur
Pipet ukur

Pipet ukur merupakan salah satu nama alat yang berfungsi untuk memindahkan larutan kimia dengan berbagai ukuran volume. Keberfungsian pipet ini hampir berkesinanmbungan dengan pipet folum.

  1. Pipet volume

Alat Kimia Pipet volume/pipet gondok/volumetrik
pipet gondok/volumetrik

Pipet volume yang juga dikenal dengan pipet gondok atau volumetrik merupakan alat yang berfungsi untuk mengambil larutan dengan volume tertentu yang disesuaikan dengan label yang tertera pada bagian pada bagian yang menggembung.

  1. Gelas ukur

Alat Laboratorium Gelas ukur
Gelas ukur

Gelas ukur merupakan salah satu nama alat yang diguankan untuk mengukur volume suatu larutan yang akan digunakan.

  1. Pipet Tetes

Alat Laboratorium Kimia Pipet Tetes
Pipet Tetes

Pipet tetes adalah salah satu jenis alat yang diperguankan untuk meneteskan atau mengambil larutan dengan jumlah kecil.

  1. Pengaduk

Alat Kimia Pengaduk
Pengaduk

Pengaduk merupakan salah satu macam alat yang diguankan untuk mengocok atau mengaduk suatu baik akan direaksikan mapun ketika reaksi sementara berlangsung.

  1. Spatula Plastik dan Logam

Alat Kimia Spatula Plastik dan Logam
Spatula Plastik dan Logam

Spatula plastik dan logam merupakan alat yang diguankan untuk mengambil bahan-bahan kimia dalam bentuk padatan. Misalnya yang berbentuk kristal. Untuk zat-zat yang bereaksi dengan logam makan digunakan spatula plastik, sedangkan zat-zat yang tidak bereaksi dengan dengan logam maka  digunakan spatula logam.

  1. Desikator

Alat Kimia Desikator
Desikator

Desikator yang juga dikenal dengan nama lain eksikator merupakan alat yang diguankan untuk menyimpan bahan-bahan yang harus bebas air dan mengeringkan zat-zat dalam laboratorium. Terdapat dua jenis desikator yaitu desikator biasa dan desikator vakum.

  1. Gelas Arloji

Alat Kimia Gelas Arloji
Gelas Arloji

Gelas atau kaca arloji merupakan alat yang diguankan sebagai penutup saat melakukan pemanasan terhadap suatu bahan kimia, untuk menimbang bahan-bahan kimia, serta difungskan untuk mengeringkan suatu bahan dalam desikator.

  1. Kaki Tiga

Alat Kimia Kaki Tiga
Kaki Tiga

Kaki tiga adalah salah satu nama alat yang difungsikan sebagai penyangga atau penahan kawat kasa dalam proses pemanasan dalam kimiawi.

  1. Penjepit

Alat Kimia Penjepit
Penjepit

Penjepit merupakan alat yang berfungsi untuk menjepit suatu benda, misalnya yaitu tabung reaksi, tanpa menggunakan tangan secara langsung.

  1. Mortal dan Pastle

Alat Kimia Mortal dan pastle
Mortal dan pastle

Mortal dan pastle merupakan salah satu bentuk alat yang diguankan untuk menghaluskan zat yang masing bersifat padat ataupun berbentuk kristal.

  1. Krusibel

Alat Kimia Krusibel
Krusibel

Krusibel merupakan alat yang terbuat dari persolen dan bersifat inert, yang  digunakan untuk memanaskan logam-logam.

  1. Evaporating dish

Alat Kimia Evaporating dish
Evaporating dish

Evaporating dish adalah salah satu alat yang diguankan sebagai wadah. Sebagai contoh, penguapan larutan dari suatu bahan yang tidak mudah mengalami penguapan.

  1. Klem dan statif

Alat Kimia Klem dan statif
Klem dan statif

Klem dan statif merupakan alat yang berfungsi sebagai penjepit, diantaranya yaitu untuk menjepit soklet pada proses ekstraksi, menjepit buret dalam proses titrasi, serta menjepit kondensor pada proses destilasi.

  1. Pemanas Spiritus

Alat Kimia Pemanas Spiritus
Pemanas Spiritus

Pemanas yang juga dikenal dengan pembakar spiritus merupakan alat yang berfungsi untuk membakar zat atau memanaskan larutan.

  1. Pemanas

Alat Kimia Pemanas/pembakar Bunsen
Pemanas

Pemanas atau pembakar bunsen merupakan alat yang diguankan untuk memanaskan larutan dan dapat pula digunakan untuk sterilisasi dalam proses suatu proses.

  1. Hot Plate

Alat Kimia Hot Plate
Hot Plate

Hot plate merupakan alat yang diguankan untuk memanaskan larutan. Biasanya untuk larutan yang mudah terbakar.

  1. Oven

Alat Kimia Oven
Oven

Oven merupakan salah satu macam alat yang diguankan untuk mengeringkan alat-alat sebelum digunakan dan digunakan untuk mengeringkan bahan yang dalam keadaan basah.

  1. Tanur

Alat Kimia Tanur
Tanur

Tanur adalah salah satu jenis alat kimia yang kerapkali diperguankan sebagai pemanas pada suhu tinggi, sekitar 1000 °C.

  1. Inkubator

Alat Kimia Inkubator
Inkubator

Inkubator merupakan alat yang diguankan untuk fermentasi dan menumbuhkan media pada pengujian secara mikrobiologi.

  1. Rotavapor

ALat Kimia Rotavapor
Rotavapor

Rotavapor merupakan alat yang diguankan untuk memisahkan zat dari suatu campuran. Sebagai contoh untuk memisahkan pelarut n-heksana yang digunakan untuk megektraksi minyak dari suatu bahan.

  1. Cawan petri

Alat Cawan petri
Cawan petri

Cawan petri merupakan alat yang diguankan untuk membiakkan sel. Cawan petri selalu berpasangan, yang berukuran agak kecil berfungsi sebagai wadah, sedangkan yangukurannya  lebih besar berfungsi sebagai penutupnya (terdapat 2 macam cawan petri yaitu yang terbuat dari kaca dan plastik).

  1. pH meter

Alat Kimia pH meter
pH meter

pH meter atau juga dikenal denga pH pen merupakan alat yang diguankan untuk mengukur tingkat keasaman dari suatu zat. Sebelum digunakan biasanya dikalibarasi terlebih dahulu menggunakan larutan buffer, serta biasanya terdapat larutan buffer telah disertakan dalam kemasannya,

  1. Ozon Generator

Alat Kimia Ozon Generator
Ozon Generator

Ozon generator merupakan alat yang diguankan untuk membuat ozon dalam laboratorium dengan bahan dasar oksigen (O2) murni.

  1. Kalorimeter bom

Alat Kimia Kalorimeter bom
Kalorimeter bom

Kalorimeter merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur jumlah kalor (nilai kalori) yang dibebaskan pada pembakaran sempurna suatu senyawa, bahan makanan, bahan bakar.

  1. Kawat Nikrom (alloy nikel dan krom)

Alat Kimia Kawat Nikrom
Kawat Nikrom

Kawat Nikrom (alloy nikel dan krom) merupakan alat yang diguankan untuk mengidentifikasi suatu zat dengan cara uji nyala. Hal tersebut disebabkan karena setiap zat memberikan warna nyala yang spesifik, artinya setiap zat mempunyai warna yang berbeda antara satu dengan yang lain.

  1. Kalorimeter larutan

Alat Kimia Kalorimeter larutan
Kalorimeter larutan

Kalorimeter larutan merupakan alat yang diguankan untuk untuk mengukur jumlah kalor yang terlibat pada reaksi kimia dalam sistem sistem. Pada dasarnya, kalor yang dibebaskan/diserap dapat mengakibatkan perubahan suhu pada kalorimeter.

  1. Botol Semprot

Alat kimia Botol Semprot
Botol Semprot

Botol semprot merupakan alat yang diguankan untuk menympan aquades dan untuk mencuci ataupun membilas bahan-bahan yang tidak larut dalam air. Selain itu, botol semprot juga digunakan untuk mencuci atau menetralkan peralatan-peralatan yang akan digunakan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa alat laboratorium adalah jenis peralatan yang ditemukan di gedung ataupun ruangan yang dipergunakan untuk melakukan penelitian ilmiah atau untuk mengajar ilmu pengetahuan praktis, seperti untuk melakukan eksperimen ilmiah, dan lain-lain.

Sehingga dalam hal ini peralatan laboratorium mengacu pada berbagai alat dan peralatan yang digunakan oleh para ilmuwan yang bekerja di laboratorium. Seperti peralatan klasik yang terdapat di dalam laboratoium termasuk alat-alat seperti pembakar bunsen dan mikroskop serta peralatan khusus seperti ruang pendingin operan, spektrofotometer dan kalorimeter.

Demikianlah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis alat laboratorium kimia, nama, gambar, fungsi, dan penjelasan lengkapnya. Semoga bisa memberikan edukasi dan referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *