labu destilasi

Pengertian Labu Destilasi, Jenis, dan Fungsinya

Diposting pada

labu destilasi

Labu merupakan salah satu alat yang memiliki banyak fungsi pada beberapa metode kimia di laboratorium. Labu itu sendiri memiliki berbagai jenis yang sangat beragam dan disesuaikan dengan fungsi dan tujuan penggunaan labu tersebut.

Labu Destilasi

Labu adalah alat gelas yang terdapat pada laboratorium dan memiliki bentuk seperti layaknya sebuah buah labu yang membuatnya memiliki nama labu.

Labu itu sendiri pada umumnya memiliki fungsi sebagai tempat untuk penampungan poada zat kimia cair atau larutan dalam proses kimia tertentu. Bentuk labu itu sendiri juga sangat beragam tentunya disesuaikan dengan fungsinya.

Jenis Labu Laboratorium dan Fungsinya

Adapun jenis labu dalam alat laboratorium kimia dan fungsinya, antara lain sebagai berikut;

  1. Labu Alat Bulat

labu destilasi

Labu alas bulat merupakan sebuah labu laboratorium yang hanya terdiri dari suatu gelas berbentuk bulat dengan satu buah leher di bagian atas. Labu ini umumnya digunakan dalam proses destilasi sebagai wadah atau tempat meletakkan campuran awal. Dalam proses destilai, labu alas bulat merupakan bagian campuran yang akan dipisahkan.

Labu akan dipanaskan pada suhu tertentu menggunakan penangas sehingga proses pemanasan akan berjalan merata pada setiap bagian labu. Pemanasan ini bertujuan untuk memanaskan campuran yang ada di dalam labu hingga mencapai suhu tertentu dan terjadi penguapan.

Labu alas bulat hanya memiliki satu buah leher yang berfungsi untuk menghubungkannya dengan alat penghubung lain dan memungkinkan uap untuk mengalir keluar. Dalam labu alas bulat ini kita tidak dapat mengukur suhu zat yang berada di dalam labu secara langsung karena tidak terdapat lubang untuk meletakkan termometer atau alat pengukur suhu lainnya.

  1. Labu Leher Dua

labu destilasi

Labu leher dua adalah jenis labu layaknya labu alas bulat namun yang membedakan adalah pada labu leher dua ini memiliki dua buah leher.

Labu jenis ini umumnya digunakan pada proses refluks dimana proses refluks membutuhkan pengukuran suhu sistem dari campuran yang dipanaskan secara langsung sehingga hal ini tidak memungkinkan jika dilakukan dengan labu alas bulat yang hanya memiliki satu buah leher.

Dua leher yang terdapat pada labu ini memungkinkannya untuk terhubung ke satu penghubung untuk mengalirkan uap dan satu leher lainnya untuk meletakkan termometer untuk mengukur suhu dari campuran yang dipanakan.

  1. Labu Leher Tiga

labu destilasi

Labu leher tiga merupakan alat yang sama seperti labu alas bulat dan labu leher dua namun memiliki tiga buah leher. Alat ini dapat digunakan pada proses dalam arti destilasi ataupun refluks.

Fungsi leher lainnya dalam labu ini adalah untuk tujaun tertentu sebagai contoh ketika kita mereaksikan suatu jenis bahan kimia dengan proses refluks dan membutuhkan penetesan bahan kimia yang harus dilakukan secara perlahan.

Maka alat ini akan digunakan dimana pada satu leher akan terhubung dengan kondensor dan digunakan untuk mengalirkan uap, kemudian leher lain berfungsi sebagai tempat meletakkan termometer dan satu leher lain digunakan untuk meletakkan reaktan lainnya yang telah diatur untuk menetes secara perlahan ke dalam labu.

Dengan cara ini kita dapat meneteskan bahan kimia secara perlahan tanpa mengganggu sistem refluks pada reaksi yang kita lakukan.

  1. Labu Destilat

Labu destilat adalah labu yang digunakan dalam proses destilasi untuk menampung hasil akhir dari proses destilasi atau untuk menampung destilat yang dihasilkan.

Labu destilat akan dihubungkan dengan kondensor melalui suatu adaptor sehingga cairan hasil kondensasi akan langsung mengalir menuju labu destilat ini. Labu destilat ini memiliki bentuk seperti labu alas bulat namun umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil.

Demikian postingan yang bisa kami uraikan pada semua pembaca tentang pengertian labu destilasi, jenis, dan fungsinya. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Gambar Gravatar
Aji Pangestu Adalah Mahasiswa Jurusan Kimia Yang saat ini Sedang Belajar serta Menyelesaikan Studi Pendidikan di salah Satu Kampus Negari Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *