Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Bahan kimia sangat erat kaitannya dalam kehidupan manusia dimana setiap hari manusia selalu berhubungan dengan bahan kimia dari penerapan kimia yang bersifat ringan hingga bahan kimia yang berbahaya. Bahan kimia telah menjadi bagian yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan manusia.

Kita dapat menemukan senyawa kimia dalam berbagai hal di kehidupan seperti makanan, minuman, udara yang kita hirup, dan lain sebagainya.

Bahan Kimia

Bahan kimia adalah suatu zat baik itu dalam bentuk murni maupun gabungan dari beberapa zat murni yang membentuk suatu senyawa. Sebagai contoh oksigen merupakan salah satu contoh zat kimia murni yang terdapat dalam kehidupan dimana zat ini tersusun atas satu atom yaitu oksigen.

Bahan kimia tak hanya bahan beracun dan berbahaya, melainkan sangat banyak jenis bahan kimia ringan yang tanpa kita sadari juga kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti contohnya air yang kita minum setiap saat dan merupakan penyusun utama dari tubuh manusia.

Contoh Produk Bahan Kimia

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari bahwa kita sangat sering menggunakan yang namanya berbagai contoh bahan kimia. Antara lain;

Air

Tidak akan ada kehidupan yang bertahan jika tidak ada air karena air menjadi komponen bahan kimia yang sangat penting untuk menunjang kehidupan setiap makhluk hidup. Air memiliki rumus kimia H2O dimana satu molekul air tersusun dari satu atom oksigen yang bergabung dengan dua atom hidrogen.

Sebesar 80% dari tubuh manusia tersusun oleh air, itulah mengapa kita tidak bisa hidup tanpa air. Dapat dikatakan bahwa air menjadi senyawa kimia yang paling penting dalam kehidupan manusia.

Garam

Kita akan sangat mudah menemukan garam di dapur dimana bahan kimia ini menjadi bahan dasar dalam kita memasak. Garam memiliki rumus kimia NaCl dimana atom natrium bergabung dengan atom klorin dan berikatan ionik membentuk sebuah natrium klorida atau garam dapur.

Garam menjadi bumbu dapur yang sangat penting karena mampu menambahkan rasa asin dan gurih dalam setiap makanan. Bahan ini juga termasuk dalam bahan kimia ringan atau tidak berbahaya.

Gula

Selain garam, gula juga menjadi bahan kimia yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Gula atau juga dikenal dengan sukrosa memiliki rumus kimia C12H22O11 yang diproduksi secara alami oleh tumbuhan.

Seperti yang kita tahu bahwa gula memberikan rasa manis pada makanan. Gula sukrosa menjadi zat pemanis yang paling umum digunakan dalam kehidupan manusia. Selain gula, banyak jenis pemanis lain seperti sakarin yang juga umum digunakan dan memiliki tingkat kemanisan yang lebih tinggi dari gula sukrosa.

Sabun

Dalam membersihkan diri, sabun menjadi bagian penting yang tidak dapat kita tinggalkan. Sabun merupakan bahan kimia dengan rumus RCOO-Na dimana R merupakan rantai karbon panjang dengan memiliki ciri ion karboksil yang terikat ionik dengan ion natrium.

Sabun memiliki mekanisme kimia tertentu sehingga dapat membersihkan tubuh dari kotoran. Sabun menjad emulgator atau pengikat antara kotoran dalam bentuk lemak dengan air sehingga kotoran yang ada di tubuh kita dapat terangkat bersama air.

Mekanisme yang sama juga terjadi pada detergen yang kita gunakan untuk membersihkan pakaian. Saat ini ada dua  jenis sabun yang kita ketahui yaitu sabun cair dan sabun padat dimana kedua sabun ini memiliki mekanisme yang sama.

Pasta Gigi

Selain sabun, bahan pembersih badan yang lain dan biasa kita gunakan yaitu pasta gigi. Bahan penyusun pasta gigi sangat kompleks namun bahan utama yang biasa digunakan yaitu CaCO3 ataupun NaF. Bahan aktif ini mampu membersihkan gigi dari bakteri, menjaga gigi tetap putih, dan mencegah penyakit pada gigi.

Sangat banyak jenis pasta gigi yang bisa kita temui di pasaran. Bahkan jenis pasta gigi untuk anak-anak dan orang dewasa juga berbeda. Hal itu dikarenakan dosis bahan yang digunakan dalam pasta gigi untuk anak-anak dengan orang dewasa tidak dapat disamakan.

Pembersih Mulut

Pembersih mulut atau obat kumur juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain menyegarkan mulut, obat ini jgua mampu mengurangi bakteri yang ada di dalam mulut kita. Hidrogen peroksida merupakan bahan utama yang banyak digunakan untuk membunuh bakteri.

Pembersih Kutek

Bagi yang gemar membuat gambar pada kuku, cairan pembersih kutek bukanlah hal yang asing. Pembersih kutek ini merupakan cairan aseton yang mampu melarutkan cat yang digunakan pada kuku dan membuat kuku menjadi bersih.

Aseton memiliki titik didih yang rendah sehingga akan sangat mudah untuk menguap ke udara membawa cat yang sudah larut didalamnya. Hal itulah yang membuat kulit kita terasa dingin ketika kontak dengan aseton.

Baking Soda

Dalam dunia makanan terutama dalam pembuatan kue, baking soda merupakan bahan yang sangat penting. Baking soda merupakan senyawa NaHCO3 atau sodium bikarbonat. Dalam pembuatan kue, baking soda berperan membuat adonan mengembang.

Mekanisme yang digunakan yaitu melalui pemanasan, NaHCO­3 akan bereaksi menghasilkan gas CO2 sehingga adonan tersebut akan menjadi mengembang dan tentunya ketika disajikan akan memiliki tekstur yang lebih empuk.

Cuka

Bahan makanan lain yang merupakan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari adalah cuka. Cuka memiliki nama asam asetat dengan rumus CH3COOH dimana bahan ini merupakan senyawa organik yakni asam karboksilat.

Cuka banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan ataupun salad. Selain itu, cuka juga ada yang  digunakan dalam pembersih.

Alkohol

Alkohol merupakan bahan yang banyak digunakan dalam bidang medis seperti sebagai desinfektan ataupun sterilisasi. Selain itu, alkohol juga menjadi bahan aditif psikoaktif yang banyak terdapat dalam minuman tertentu.

Etanol merupakan jenis alkohol yang paling umum digunakan dalam berbagai bidang. Secara kimia, alkohol secara umum memiliki rumus R-OH sedangkan etanol memiliki rumus C­2H2OH dimana R terdiri dari rantai karbon dengan jumlah dua atom karbon.

Aspirin

Aspirin atau asam astilsalisilat menjadi obat yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Aspirin berguna untuk mengurangi rasa demam, nyeri, peradangan, ataupun pembengkakan.

Secara kimia asam asetilsalisilat merupakan jenis dalam contoh senyawa organik yang memiliki gugus karboksilat dan gugus ester yang terikat pada senyawa aromatis. Asam asetilsalisilat menjadi bahan utama yang banyak digunakan dalam bidang medis.

Selain aspirin bahan kimia obat yang juga memiliki tipe yang sama yaitu ibuprofen dimana bahan kimi ini juga sering digunakan dalam bidang medis.

Parfum

Parfum menjadi kebutuhan dasar yang banyak digunakan oleh manusia. Parfum atau minyak wangi ini tersusun dari berbagai bahan kimia yang mampu menghasilkan aroma sesuai yang kita inginkan. Banyak jenis bahan kimia yang bersifat pewangi dimana bahan ini pada umumnya memiliki titik didih yang rendah sehingga akan mudah untuk dihirup oleh indra penciuman manusia.

Bahan pewangi dapat berupa bahan senyawa sintetik ataupun bahan alami yang ditemukan pada bunga, kayu, akar, atau pada bagian tumbuhan lain yang diproses secara destilasi. Bahan ini juga dapat dikombinasikan sehingga menghasilkan wangi yang sesuai dengan keinginan kita. Selain itu, penambahan zat lain juga mampu memaksimalkan fungsi parfum seperti mampu membuat parfum menjadi lebih tahan lama.

Baterai

Tanpa kita sadari, baterai merupakan komponen utama yang terdapat dalam gadget dan kita gunakan setiap saat. Baterai memiliki berbagai macam komponen sesuai dengan jenis baterai tersebut.

Saat ini terdapat banyak jenis baterai dimana yang paling umum digunakan adalah baterai lithium dimana jenis baterai ini tersusun oleh ion lithium. Dengan mekanisme tertentu baterai ini mampu menghasilkan pergerakan elektron sehingga mampu mengalirkan energi listrik dan digunakan oleh gadget sebagai sumber daya.

Saat ini banyak juga yang sudah mengembangkan teknologi solar sel dimana ini juga tersusun dari bahan kimia seperti TiO2 yang mampu mengkonversi tenaga matahari menjadi energi listrik. Semua hal ini berhubungan dengan penggunaan bahan kimia yang tentunya saling berkombinasi.

Kapur

Saat kita sekolah, kapur merupakan alat tulis yang sering digunakan oleh guru. Kapur juga merupakan bahan kimia yang memiliki rumus kimia CaCO3 atau memiliki nama kalsium karbonat. Kapur banyak ditemukan secara alami di alam terutama di dalam lapisan tanah.

Itulah tadi ulasan lengkap yang bisa kami sebutkan pada segenap pembaca berkaitan dengan contoh penggunaan bahan kimia yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan informasi yang berguna bagi setiap kalangan yang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Aji Pangestu Adalah Mahasiswa Jurusan Kimia Yang saat ini Sedang Belajar serta Menyelesaikan Studi Pendidikan di salah Satu Kampus Negari Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *