kaca arloji

Pengertian Kaca Arloji dan Fungsinya

Diposting pada

kaca arloji

Kaca arloji merupakan sebuah gelas dalam alat laboratorium kimia yang memiliki beberapa fungsi sederhana. Meskipun fungsinya hanya sederhana namun kaca arloji ini sangat penting untuk tersedia di laboratorium karena banyak proses dalam arti perubahan kimia yang membutuhkan alat ini.

Kaca Arloji

Kaca arloji adalah alat laboratorium yang terbuat dari kaca bening dan berbentuk lingkaran dengan permukaan cekung seperti piring.

Kaca arloji tersedia dalam beberapa jenis ukuran dari yang kecil hingga besar. Kita akan mudah menemukan kaca arloji dalam setiap laboratorium kimia karena ini merupakan alat dasar yang memang harus dimiliki oleh setiap laboratorium.

Fungsi Kaca Arloji

Adapun untuk beberapa fungsi yang dimiliki dari kaca arloji ini, antara lain sebagai berikut;

  1. Tempat Menimbang Bahan Kimia

Untuk menimbang berbagai arti bahan kimia menggunakan neraca analitik tentunya diperlukan media atau wadah untuk tempat bahan kimia yang ditimbang. Kaca arloji merupakan alat yang berfungsi untuk hal tersebut dimana kita dapat menempatkan kaca arloji pada bagian penimbangan neraca analit.

Namun hal yang perlu diperhatikan ketika kita menggunakan kaca arloji sebagai wadah dalam penimbangan adalah setelah kita menempatkannya dalam neraca analit, maka kita perlu melakukan penyesuaian angka skala dengan menekan tombol “tare” dalam neraca analit.

Cara ini akan membuat neraca analit akan mengatur sistemnya untuk membuat skala 0 dengan keberadaan kaca arloji. Setelah itu kita dapat menimbang bahan dalam kaca arloji sesuai dengan kebutuhan kita.

  1. Penutup Gelas Beaker

Beberapa bahan kimia bersifat volatil atau mudah menguap sehingga kita tidak bisa membiarkan suatu bahan kimia volatil berada dalam keadaan terbuka. Hal itu tentu akan membuat bahan tersebut menguap dan mungkin saja akan habis. Jika kita menyimpan bahan tersebut dalam gelas beaker, maka kita dapat menggunakan kaca arloji sebagai penutup gelas beaker.

Hal itu akan menutup sistem gelas beaker untuk tidak secara langsung berhubungan dengan lingkungan disekitarnya. Tentunya kita harus memilih kaca arloji dengan ukuran yang sesuai atau lebih besar daripada gelas beaker yang digunakan.

Selain untuk bahan volatil, kaca arloji juga dapat digunakan untuk menutup bahan kimia yang bersifat higroskopis dalam gelas beaker. Hal ini akan mencegah udara di lingkungan untuk melakukan kontak dengan bahan tersebut sehingga bahan akan terhindar dari kerusakan.

  1. Tempat Mengeringkan Bahan

Kita sudah mengetahui fungsi dari desikator dimana salah satu fungsinya dapat digunakan untuk mengeringkan bahan kimia padat. Untuk mengeringkan bahan dalam desikator kita dapat menggunakan kaca arloji sebagai wadah bahan kimia padat tersebut.

Kaca arloji akan memungkinkan berbagai bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari tersebut untuk kering dalam waktu yang cepat dengan menggunakan bantuan desikator.

  1. Menguapkan Zat Cair dalam Jumlah Kecil

Fungsi lain yang dapat dilakukan oleh kaca arloji adalah untuk menguapkan zat cair dalam jumlah kecil. Bentuk kaca arloji yang melengkung tersebut memungkinkan zat cair yang ada di dalamnya untuk memiliki permukaan yang sangat luas.

Semakin banyak permukaan zat cair yang mengalami kontak dengan lingkungan maka proses penguapan akan berjalan lebih cepat. Namun tentunya untuk menguapkan zat cair dengan menggunakan kaca arloji kita tidak bisa melakukannya dalam jumlah yang besar

Hal ini mengingat ukuran kaca arloji yang cukup kecil dan juga hanya mempu memuat volume zat cair yang juga sangat sedikit.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca. Terkait dengan materi pengertian kaca arloji dan fungsi yang dimilikinya. Semoga bisa memberi edukasi serta menambah bahan bacaan bagi kalian yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Aji Pangestu Adalah Mahasiswa Jurusan Kimia Yang saat ini Sedang Belajar serta Menyelesaikan Studi Pendidikan di salah Satu Kampus Negari Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *