Jenis Benda dari Karet
Contoh Benda dari Karet

Benda yang Terbuat dari Karet dan Fungsinya

Diposting pada

Jenis Benda dari Karet

Pikirkan tentang benda yang terbuat dari karet, kita mungkin memikirkan karet gelang, ban mobil, atau pengahapus pensil. Pada 1770, ahli kimia Inggris Joseph Priestley memperhatikan bahwa karet sangat baik untuk menghilangkan bekas pensil di atas kertas. Tetapi bahan super-elastis ini dapat menghasilkan puluhan ribu produk yang berbeda, mulai dari stempel karet dan sepatu tahan air hingga selancar selam, topi renang, dan selang pencuci piring.

Karet merupakan bahan yang bisa meregang dan mengecil sehingga bisa dikatakan sebagai bagian daripada polimer. Karet dapat diproduksi dari sumber alami, yaitu dari karet alam atau karet lateks atau dapat disintesis pada skala industri. Karet alam dibuat dari getah putih beberapa pohon seperti Hevea brasiliensis (euphorbiaceae). Elastomer lain, yang disebut karet sintetis, dibuat melalui proses bentuk perubahan kimia.

Benda Terbuat dari Karet

Produk yang terbentuk dari karet biasanya dibagi menjadi tiga kelas utama: (1) ban, (2) barang industri karet yang digunakan dalam kendaraan bermotor, pesawat terbang, dan konstruksi kapal, bangunan mesin pertanian, transportasi kereta api, dan konstruksi, dan (3) barang konsumen, termasuk alas kaki (yang paling penting dalam kategori ini), tikar, topi mandi, tabung karet dalam dan cincin karet, sarung tangan, dan dot.

Proses teknologi yang digunakan dalam produksi produk karet dari karet mentah keras terdiri dari dua tahap utama. Pada tahap persiapan, stok karet diproduksi dengan mencampurkan karet mentah dengan bahan-bahan yang diperlukan dalam pencampur karet internal atau dalam mesin giling.

Pada tahap akhir, produk karet setengah jadi divulkanisasi pada suhu 140°-200° C dan tekanan 0,3 sampai dengan 20 meganewton per meter persegi (MN / m2), yaitu, gaya 3 hingga 200 kilogram per sq cm (kgf/cm2).

Peralatan vulkanisasi termasuk alat pengepres, boiler, dan berbagai jenis peralatan untuk tindakan berkelanjutan. Peralatan yang digunakan ditentukan oleh jenis produk karet yang diproduksi.

Bahan-bahan tekstil dan logam yang digunakan dalam produksi produk-produk karet dikenakan perlakuan pendahuluan untuk memberikan ikatan yang kuat antara bahan-bahan ini dan karet dalam berbagai kondisi operasional.

Macam Benda yang Terbuat dari Karet

Berikut ini berbagai jenis benda yang terbuat dari karet beserta masing-masing fungsinya, antara lain:

  1. Ban

Ban adalah komponen berbentuk cincin yang mengelilingi pelek roda yang berfungsi untuk memindahkan muatan kendaraan dari poros melalui roda ke tanah dan untuk memberikan traksi pada permukaan tempat roda bergerak.

Bahan ban pneumatik modern adalah karet sintetis, karet alam, kain dan kawat, bersama dengan karbon hitam dan senyawa kimia lainnya. Sebelum karet dikembangkan, ban versi pertama hanyalah pita dari logam yang dipasang di sekitar roda kayu untuk mencegah keausan.

Ban pneumatik digunakan pada banyak jenis kendaraan, termasuk mobil, sepeda, sepeda motor, bus, truk, alat berat, dan pesawat terbang. Ban logam masih digunakan pada lokomotif dan kereta api, dan ban karet padat (atau polimer lainnya) masih digunakan dalam berbagai aplikasi non-otomotif, seperti beberapa kastor, gerobak, mesin pemotong rumput, dan gerobak dorong.

  1. Balon

Balon adalah kantong fleksibel yang dapat digembungkan dengan gas, seperti helium, hidrogen, dinitrogen oksida, oksigen, dan udara. Untuk tugas khusus, balon dapat diisi dengan asap, air cair, media granular (misalnya pasir, tepung atau beras), atau sumber cahaya. Balon zaman modern terbuat dari bahan-bahan seperti karet, lateks, polychloroprene, atau kain nilon.

Balon digunakan untuk tujuan dekoratif atau tujuan hiburan, sementara yang lain digunakan untuk tujuan praktis seperti meteorologi, perawatan medis, pertahanan militer, atau transportasi. Balon karet ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1824, selama percobaan dengan berbagai gas. Dia menemukan balon untuk digunakan di sebagai alat laboratorium.

  1. Kantong Pernafasan

Kantong pernafasan dalam sistem anestesi adalah wadah ellipsoid yang dapat dilipat yang berfungsi sebagai reservoir untuk gas anestesi dan sebagai sarana untuk ventilasi manual. Tas reservoir, juga dikenal sebagai counterlungs, memungkinkan penilaian visual dari keberadaan dan estimasi volume ventilasi.

Kantong-kantong ini merupakan bagian penting dari sebagian besar sistem anestesi, karena, selama inspirasi spontan normal, mesin anestesi tidak mampu memberikan aliran gas inspirasi inspirasi yang diperlukan.

Umumnya, kantong penampung terbuat dari karet alam (lateks); namun versi non-lateks juga tersedia untuk subjek dengan alergi lateks. Untuk meningkatkan cengkeraman, alat yang satu ini  biasanya bertekstur. Namun, kantong pernapasan berbentuk jam pasir juga tersedia untuk memungkinkan cengkeraman yang lebih baik.

  1. Penghapus Pensil

Penghapus adalah alat tulis yang digunakan untuk menghilangkan tanda dari kertas atau kulit (misalnya perkamen atau vellum). Penghapus memiliki konsistensi karet dan datang dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Beberapa pensil memiliki penghapus di salah satu ujungnya.

Penghapus yang lebih murah dibuat dari karet sintetis dan penghapus yang lebih mahal atau khusus dibuat dari bahan vinyl, plastik, atau sejenisnya.

Pada awalnya, penghapus diciptakan untuk menghapus kesalahan yang dibuat dengan pensil; kemudian, penghapus tinta yang lebih abrasif diperkenalkan. Istilah ini juga digunakan untuk hal-hal yang menghilangkan tanda dari papan tulis.

  1. Alas Kaki

Alas kaki adalah barang yang dibuat oleh manusia yang menutupi dan melindungi kaki, termasuk telapak kaki. Alas kaki memungkinkan orang untuk berjalan di permukaan kasar seperti jalan berkerikil tanpa melukai kaki mereka. Beberapa jenis alas kaki seperti sepatu bot membantu menjaga kaki orang tetap kering, atau membantu menjaga kaki orang tetap hangat dalam cuaca dingin.

Salah satu bentuk alas kaki adalah sepatu yang berfungsi melindungi kaki dan telapak kaki. Sepatu terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti kulit, kain, dan plastik.

  1. Mainan Anak-Anak

Banyak mainan anak-anak yang terbuat dari karet, misalnya bola karet dan bebek karet. Bola karet asli diciptakan oleh ahli kimia California Norman Stingley pada tahun 1965 dan dipatenkan pada tahun 1966.

Bola ini juga dikenal sebagai bola super, itu terbuat dari karet polibutadiena karet sintetis dengan daya tahan tinggi. Stingley memadatkan berbagai potongan kecil karet bersama-sama di bawah tekanan sekitar 3.500 lbs per inci persegi. Bola karet memiliki ketahanan 92% dan akan terus memantul sekitar satu menit setelah dijatuhkan, bahkan dari jarak dekat.

Bebek karet adalah mainan waktu mandi yang populer, terutama untuk anak kecil. Munculnya pabrik karet pada akhir abad ke-19 menyebabkan terciptanya bebek karet, meskipun model awalnya solid dan tidak mengapung.

Pematung Peter Ganine membuat patung bebek di tahun 1940-an dan kemudian membuatnya kembali sebagai mainan mengambang yang terbuat dari karet. Dia mematenkan ide itu dan lebih dari 50 juta terjual, menciptakan fenomena baru. Mainan bebek karet yang paling populer adalah mainan yang berwarna kuning, meskipun ada banyak desain yang berbeda.

  1. Sarung Tangan

Sarung tangan karet adalah sarung tangan yang terbuat dari karet alam atau karet sintetis. Sarung tangan karet dapat tidak didukung (hanya karet) atau didukung (lapisan karet dari sarung tangan tekstil). Fungsi utamanya adalah perlindungan tangan saat melakukan tugas yang melibatkan bahan kimia.

Sarung tangan karet dapat dipakai saat mencuci piring untuk melindungi tangan dari deterjen dan memungkinkan penggunaan air yang lebih panas.

Terkadang pengasuh akan menggunakan sarung tangan karet selama proses penggantian popok untuk mencegah kontak dengan bahan tinja/urin anak. Profesional kesehatan menggunakan sarung tangan medis daripada sarung tangan karet ketika melakukan operasi bedah.

Pada tahun 1894, William Stewart Halsted, kepala operasi pertama di Rumah Sakit Johns Hopkins, menciptakan sarung tangan karet untuk istrinya ketika dia melihat tangannya terpengaruh oleh operasi harian yang dia lakukan dan untuk mencegah staf medis dari mengembangkan dermatitis dari bahan kimia bedah.

  1. Karet Gelang

Karet gelang adalah lingkaran karet, biasanya berbentuk cincin, dan biasanya digunakan untuk menyatukan beberapa objek. Karet gelang dipatenkan di Inggris pada 17 Maret 1845 oleh Stephen Perry. Sebagian besar karet gelang dibuat dari karet alam karena elastisitasnya yang unggul atau, terutama pada ukuran yang lebih besar, terbuat dari elastomer, dan dijual dalam berbagai ukuran.

Karet gelang dibuat dengan mengekstrusi karet ke dalam tabung panjang untuk memberikan bentuk umumnya, meletakkan tabung di atas mandrels, menyembuhkan karet dengan panas, dan kemudian mengirisnya melintasi lebar tabung menjadi pita kecil. Hal ini menyebabkan tabung membelah menjadi beberapa bagian, membentuk karet gelang.

  1. Kateter

Dalam kedokteran, kateter adalah tabung tipis yang terbuat dari bahan kelas medis yang melayani berbagai fungsi. Kateter adalah alat medis yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh untuk mengobati penyakit atau melakukan prosedur bedah.

Dengan memodifikasi bahan atau menyesuaikan cara pembuatan kateter, dimungkinkan untuk menyesuaikan kateter untuk aplikasi kardiovaskular, urologis, gastrointestinal, neurovaskular, dan oftalmik.

Kateter dapat dimasukkan ke dalam rongga tubuh, saluran, atau pembuluh darah. Secara fungsional, itu memungkinkan drainase, pemberian cairan atau gas, akses dengan instrumen bedah, dan juga melakukan berbagai tugas lain tergantung pada jenis kateter.

  1. Cincin O

Cincin-O, juga dikenal sebagai pengepakan atau sambungan toric, adalah paking mekanis dalam bentuk torus yang dapat digunakan dalam aplikasi statis atau dalam aplikasi dinamis di mana ada gerakan relatif antara bagian-bagian dan cincin-O. Contoh dinamis termasuk poros pompa berputar dan piston silinder hidrolik.

Aplikasi statis cincin-O dapat mencakup aplikasi penyegelan fluida atau gas di mana: (1) cincin-O dikompresi sehingga tidak ada clearance, (2) bahan cincin-O adalah vulkanisat padat sehingga tidak dapat ditembus cairan atau gas, dan (3) bahan cincin-O tahan terhadap degradasi oleh fluida atau gas.

Cincin-O adalah salah satu segel paling umum yang digunakan dalam desain mesin karena harganya murah, mudah dibuat, dapat diandalkan, dan memiliki persyaratan pemasangan yang sederhana. Mereka telah diuji untuk menyegel hingga 5000 psi (35 megapascal) tekanan.

Demikianlah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai jenis benda yang terbuat dari karet dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi pemahaman bagi pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *