Sifat Benda dari Karet
Sifat Benda dari Karet

Sifat Benda yang Terbuat dari Karet dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Sifat Benda dari Karet

Karet bisa dikatakan sebagai suatu jenis zat kimia yang bersifat elastis, adapun karet sendiri dapat diperoleh dengan menggumpalkan jus susu dari berbagai tanaman tropis seperti genus hevea dan ficus, sehingga atas dasar inilah karet yang tersusun dari polimer isoprena dapat dibuat sebagai lembaran dan kemudian dikeringkan.

Akan tetapi yang pasti, untuk berbagai kepentingan beberapa produk terbuat dari karet. Alasannya karena ciri khas karet ini tidak bisa menghantarkan panas listrik, sehingga beberapa peralatan elektronik bisanya mempergunakan karet sebagai bahan dasarnya.

Karet

Ketika berbicara tentang karet disadari ataupun tidak terdapat banyak jenisnya, tetapi secara garis besar bisa dibedakan menjadi dua jenis besar yaitu karet alam yang disebut dengan lateks berasal dari tumbuh dari tanaman dan karet sintetis yang dibuat secara buatan di pabrik kimia atau laboratorium.

Oleh karena itulah secara komersial, karet sintetis yang paling penting adalah styrene butadiene (SBR), polyacrylics, dan polyvinyl acetate (PVA); jenis lain termasuk polyvinyl chloride (PVC), polychloroprene (lebih dikenal sebagai neoprene), dan berbagai jenis polyurethane. Walaupun karet alam dan karet sintetis serupa dalam beberapa hal, keduanya dibuat dengan proses yang sepenuhnya berbeda dan secara kimiawi sangat berbeda.

Adapun untuk penggunaan karet pertama kali muncul di Eropa abad ke-19, para ilmuwan menemukan bahwa pada 1600 SM, Mesoamerika kuno menambahkan jus dari spesies morning glory Ipomoea alba ke lateks alami dari pohon Castilla elastica untuk membuat bola karet.

Sifat Benda yang Terbuat dari Karet

Adapun untuk beberapa sifat yang didapatkan dari benda yang tersusun dari karet, antara lain;

  1. Lentur

Benda yang terbuat dari karet bersifat lentur alias mudah dibentuk dalam berbagai komponen sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Kelebihan lentur dari sifat karet ini tentusaja mampu untuk memberikan kelengkapan dari produk-produk yang diingkan.

  1. Tidak menghantarkan panas

Sifat barang yang terbuat dari karet tidak bisa menghantarkan panas. Dalam penerapan ilmu fisika dikenal dengan isolator, kesamaan ini juga terdapat dari benda yang terbuat dari plastik. Oleh karena itulah ketika membuat benda dari karet kerapkali dipergunakan untuk proses pembuatan Ban, baik Ban motor ataupun Mobil.

  1. Tidak Menghantarkan Listrik

Karet bisa dikatakan sebagai zat yang kuat, tahan air, elastis bisanya terbuat dari jus pohon tropis yang diproduksi secara kimia. Alasannya karena karet ini tidak bisa menghantarkan panas dengan baik, berbeda dari benda yang terbat dari logam ataupun benda yang terbuat dari besi yang mudah dalam menghantarkan listrik.

  1. Tidak tembus pandang

Sifat benda ataupun barang yang terbuat dari karet adalah tidak tembus pandang. Sehingga atas dasar inilah beberapa produk memilih karet untuk dijadikan bahan dasarnya, seperti pembuatan spatu agar terlihat lebih rapih sekaligus nyaman untuk dipergunakan.

Contoh Benda yang Terbuat dari Karet

Adapun untuk contoh benda yang terbuat dari keret dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Sabuk Celana

Sabuk celana yang juga dikenal dengan stut dalam masyarakat Indonesia adalah salah satu benda yang terbuat dari karet. Sabuk ini berfungsi untuk menekan bagian celana, khususnya di perut sekaligus memberikan kenyamanan ketika dipergunakan.

  1. Ban Motor

Ban motor adalah salah satu jenis benda yang terbuat dari karet, produksi ban motor ini sangat mudah ditemukan bahkan bisa dijumpai di sekolah, rumah, ataupun di lingkungan masyarakat. Adapun disisi lain, ban motor yang dipergunakan dan menjadi bekas juga sangat berbahaya jikalau tidak ada penanganan lebih lanjut.

Alasannya karena bekas ban motor menjadi salah satu contoh limbah anorganik yang sangat sulit untuk terurai dan hal ini menjadi pemicul atas kerusakan lingkungan.

Itulah tadi beragam sifat yang ada dalam benda terbuat dari karet dan contoh produknya yang mudah ditemukan dalam keseharian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *