Manfaat Granit
Manfaat Granit

Manfaat Granit dalam Kehidupan Manusia

Diposting pada

Manfaat Granit

Bumi sebagai satu-satunya planet yang dihuni oleh manusia, tersusun dari berbagai macam bahan. Salah satunya adalah jenis batu granit.

Bahkan atas dasar inilah dalam pertambangan, batuan granit dapat ditemukan dengan mudah walaupun letaknya jauh di dalam kerak bumi. Hal ini menunjukkan lapisan bumi yang ada di bawah khususnya lapisan batuan sedimen sudah mengalami pengikisan yang cukup parah.

Granit

Granit adalah salah satu jenis batuan beku yang memiliki ciri khas warnanya yang cerah, dan berbentuk butiran kasar. Batuan granit tersusun atas mineral dominan yang berupa kuarsa dan feldspar, serta disusun oleh sedikit mineral mika dan amfibol.

Dalam ilmu petrologi, granit memiliki definisi yaitu batuan beku yang didalamnya terkandung mineral kuarsa dengan kadar sebesar 10 sampai dengan 50 persen dari kandungan keseluruhan dari mineral felseik. Selain itu, granit juga tersusun atas alkali felspar sekitar 65 hingga 90 persen.

Sementara itu dalam industri granit berarti batuan yang berupa butiran atau biji, penampakkannya dapat dilihat jelas serta memiliki kepadatan yang lebih keras jika dibandingkan dengan marmer. Dari banyaknya definisi yang telah dijabarkan, kata granit itu sendiri berasal dari kata ‘granum’ yang berarti butiran padi.

Manfaat Granit

Beberapa manfaat lain dari batuan granit diantaranya sebagai berikut :

  1. Acuan Alat Ukur

Batuan granit dengan karakteristiknya yaitu bersifat kaku, kedap air, dan non-hirgroskopis dengan koefisien termal yang rendah seringkali digunakan menjadi bahan acuan dalam pembuatan alat laboratorium kimia, khususnya sebagai pengukur. Oleh karena itu, keberadaan batu granit dengan sifat-sifat yang telah disebutkan banyak dicari.

Contoh dari pemanfaat batu granit ini misalnya saja dipergunakan sebagai bidang acuan yang ada pada pengukur koordinat.

  1. Interior Bangunan

Batu granit dapat dimanfaatkan menjadi dasar dari interior bangunan. Warna batu yang terang menjadikan granit sangat indah untuk dijadikan interior bangunan. Untuk dapat digunakan, batu granit lebih dulu diasah dan dihaluskan.

Setelahnya bisa dipotong lembaran dan dijadikan sebagai ubin yang lekat dengan warna-warna alami. Umumnya granit banyak digunakan sebagai ubin pada lantai, anak tangga, dan dinding ruangan.

  1. Eksterior Bangunan

Selain menjadi interior bangungan, batu granit juga cocok dijadikan bahan dasar eksterior bangunan. Jenis batu granit pada eksterior bangunan sering dijadikan sebagai paving dan bahan dasar monumen, jembatan, serta gedung perkantoran.

Batu granit walaupun bersifat padat, akan tetapi dapat dihancurkan dan dimanfaatkan menjadi agregat dalam pembangunan jalan raya dan rel kereta.

  1. Media Panjat Tebing

Batu granit yang berbentuk bongkahan dan berada di alam dapat digunakan sebagai media panjat tebing. Contoh pemanfaatan bagi manusia misalnya saja yaitu sebagai Mont Blanc Massif yang khususnya berada di Pegunungan Alpen Barat.

  1. Bahan Pembuatan Patung

Pada zaman Mesir Kuno batu granit banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan patung. Patung-patung ini selanjutnya menjadi pelengkap desain interior bangunan yang ada di piramida Mesir, misalnya pada Piramida Menkaure dan Giza. Bahan granit juga dimanfaatkan menjadi lantai, kusen, dan sarkofagus pada masa tersebut.

Ciri Bantuan Granit

Adapun karakteristik yang ada dalam bantuan granit ini, antara lain sebagai berikut;

  1. Granit yang berbentuk butiran dengan warna cerah ini memiliki bebrapa warna seperti merah, abu-abu, putih, dan merah muda. Ada juga granit yang berwarna gelap seperti hitam, coklat tua, dan hijau tua. Warna granit berasal dari mineral yang terkandung didalam batu tersebut
  2. Bersifat asam
  3. Batuan ini juga memiliki ukuran butiran kristal yang hampir sama besar antara satu dan lainnya.
  4. Tekstur butiran granit disebut dengan phaneritic yaitu tidak ditemukan retakan dari lubang-lubang bekas vasculer (pelepasan gas).
  5. Granit termasuk batuan yang sangat padat, yaitu sekitar 2,75 gram pada tiap centimeter kubik, dan batuan ini memiliki kekuatan tekanan yang nilainya lebih dari 200 Mpa.
  6. Sifat granit yang sangat padat ini memungkinkan batuan tetap tahan dari peristiwa erosi dan abrasi, batuan granit mampu menahan beban yang berat, dan juga tahan akan pelapukan bebatuan.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa batuan granit ini bersifat keras dan juga kuat, membuat batuan jenis ini banyak sekali dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai bidang di keseharian. Yang umumnya manusia sering melakukan penambangan pada batu granit, bahkan jenis batuan ini adalah yang paling dicari. Batuan granit sebagai batu dimensi yang potongannya batu alam dengan bentuk lembaran yang tebal dengan ukuran panjang dan lebar tertentu.

Kualitas batuan granit dinilai lebih baik dari jenis batuan lainnya. Sifat asam pada batuan ini membuat granit tahan akan hujan asam, sehingga aman dan banyak dimanfaatkan pada bidang konstruksi bangunan.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pemanfaatan granit dalam kehidupan manusia yang ada di keseharian beserta dengan karakteristiknya. Semoga memberikan wawasan untuk kalian yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *