Manfaat Besi
Manfaat Besi

Manfaat Besi bagi Kehidupan Manusia

Diposting pada

Manfaat Besi

Kerak bumi ini terbentuk dari beberapa unsur, yang terbanyak adalah besi. Besi bukanlah benda asing bagi kehidupan manusia, sebab alat-alat yang berasal atau menggunaan bahan besi banyak dimanfaatkan dalam  kehidupan sehari-hari.

Besi merupakan salah satu jenis unsur kimia dengan cukup banyak manfaat dan kegunaan. Besi menunjang banyak hal dalam kehidupan mulai dari fasilitas bangunan, alat-alat kesehatan, dan lain-lain.

Besi

Sebelum membahas mengenai manfaat dari besi, kita akan lebih dulu mengenal unsur besi dengan berbagai ciri-cirinya. Besi adalah salah satu hasil olahan mineral, dalam tabel periodik kimia besi dikenal dengan nama Ferrum (Fe). Tidak sulit untuk menemukan unsur besi, karena berbagai unsurnya tersebar pada alam, baik di air, tumbuhan, bebatuan, hingga bahan makanan yang biasa kita makan seperti roti.

Sementara itu, besi juga banyak dijadikan sebagai material bahan pada suatu benda yang sering digunakan, contohnya sendok makan dan mata pisau. Besi yang digunakan sebagai bahan material berasal dari bebatuan atau disebut dengan bijih besi dari mineral magnetit dan hematit.

Manfaat Besi

Kegunaan dan manfaat dari besi banyak dirasakan oleh manusia secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini mencakup banyak aspek pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini penjelasannya;

  1. Bahan Pembuatan Alat Rumah Tangga

Alat-alat rumah tangga khususnya dapur banyak memanfaatkan besi bahkan terdiri dari berbagai macam variasi pada satu produknya. Besi yang dimanfaatkan pada dapur adalah jenis besi stainless.

Jenis ini dikenal memiliki kekuatan atau daya tahan yang lama dan tahan terhadap karat, sehingga cocok untuk digunakan memasak atau menjadi alat dalam mengolah makanan. Selain alat-alat dapur, besi jenis stainless juga dimanfaatkan dalam berbagai alat mekan.

  1. Bahan Konstruksi Bangunan

Konstruksi bangunan, salah satunya rumah yang saat ini kita tempati menggunakan bahan dasar besi. Umumnya besi digunakan sebagai konstruksi pondasi, menjadi pilar suatu bangunan, dan menjadi bahan atap. Besi yang digunakan pada konstruksi ukurannya sangat panjang dan berbentuk batangan.

Material besi digunakan karena merupakan material yang kuat sehingga dapat memberikan ketahanan yang lebih pada suatu bangunan.

  1. Bahan Penyusun Mesin Berat

Besi juga dikenal sebagai material penyusun kendaaraan bermotor, salah satunya adalah mesin berat yang digunakan sebagai bor, penggiling jalanan, dan mesin derek. Sifatnya yang kuat sangat berguna dalam menyusun mesin berat.

Selain itu, besi juga digunakan dalam berbagai alat seperti mesin pengaduk, bagian gelas, dan masih banyak yang lainnya. Bahkan pada industri listrik besi digunakan dalam pembuatan mortar listrik karena bersifat megnetik kuat.

  1. Pembuatan Pagar dan Kawat Pembatas

Kegunaan selanjutnya dari besi pada kehidupan sehari-hari yaiitu sebagai material pembuatan pagar atau kawat pembatas pada rumah atau bangunan tertentu. Besi memiliki daya tahan yang kuar, sehingga digunakan pada pembuatan pagar dan kawat pembatas agar memberikan perlindungan yang maksimal.

Harga besi juga tergolong sangat terjangkau dibandingkan material lainnya. Walaupun sifatnya tidak begitu tahan dengan karat, maka ketika digunakan sebagai pagar atau pembatas, besi perlu dilapisi dengan cat agar tahan lebih lama.

  1. Bahan Alat Perkakas

Masih dekat dengan kegiatan manusia sehari-hari, besi juga digunakan sebagai bahan penyusun alat perkakas di rumah. Antara lain kompas, baut, kunci pas, gergaji, dan banyak peralatan lainnya tersusun dari material besi. Perkakas sangat penting digunakan ketika kita ingin membenarkan suatu alat atau membuat suat benda sehingga alat-alat perkakas biasanya tersusun dari material yang kuat.

  1. Pipa Besi

Besi dengan keunggulannya juga dimanfaatkan sebagai pipa besi bulat atau pipa besi hollow. Pipa besi dikenal dengan sifatnya yang kuat dan tahan lama, selain itu pipa besi juga memiliki risiko rendah mengalami kerusakan atau kebocoran.

Alasan lainnya dari penggunakan besi sebagai bahan baku pembuatan pipa besi yaitu karena unsur ini mampu bertahan dalam berbagai macam cuaca dan kondisi.

  1. Konstruksi Jembatan

Jembatan adalah salah satu konstruksi yang berdiri dengan peran sangat penting dalam bidang transportasi atau penyusun jalan. Oleh alasan tersebut, pembuatan jembatan ini harus dibuat dengna perencanaan yang matang dan menggunakan bahan-bahan material yang berkualitas.

Salah satu bahan yang sering digunakan pada konstruksi jembatan adalah besi. Jika tidak menggunakan besi, proses konstruksi dari jembatan skala besar akan cukup sulit dilakukan.

  1. Bahan Utama Alat Keamanan

Besi seringkali dimanfaatkan pada berbagai alat keamanan. Misalnya sebagai penyusun utama gembok, loker, kunci, brangkas, dan peralatan keamanan lainnya. Besi dipilih karena memiliki karakteristik yang cocok sebagai alat pengaman, yaitu berdasarkan sifatnya yang tidak mudah dihancurkan serta berat.

  1. Pembuatan Mobil

Besi banyak dimanfaatkan pada bidang otomotif, umumnya sebagai penyusun rangka utama pada kendaraan bermotor. Pada mobil besi menjadi bahan yang menyusun sebagian besar badan mobil yang memiliki bobot berat. Sementara beberapa bagian lainnya tersusun dari alumunium yang memiliki bobot lebih ringan dari besi.

Bagian-bagian pada mobil yang terbuat dari besi misalnya piston, bantalan rooda, dan kabel. Alat-alat lainnya juga terbuat dari grey cast iron yang menyusun case silinder pada mesin piston, gear box, dan banyak lagi alat lainnya.

Masih ada satu lagi jenis besi yang digunakan yaitu besi cor putih yang befungsi sebagai bantalan. Besi banyak digunakan pada penyusun material mobil karena memiliki ketangguhan dan mampu menahan suhu tinggi ketika mesin digunakan.

  1. Besi dalam Bidang Kedokteran

Salah satu resep obat yang biasa diberikan oleh dokter adalah tablet zat besi. Biasanya tablet ini diresepkan pada pasien dengan kondisi darah yang kekurangan zat besi, kelainan ini disebut anemia. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, misalnya kekurangan asupan makanan, kehamilan, dan menstruasi.

Zat besi menyusun hemoglobin pada darah manusia, zat ini jumlah normal dalam tubuh berkisat 11 hingga 16 g / dl. Kondisi yang normal harus terus dijaga agar darah dapat terus mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika tidak, maka tubuh akan merasakan ketidakseimbangan akibat kekurangan darah seperti pusing, lemas, dan gejala lainnya.

Kondisi tersebut harus ditangani dengan menggunakan tablet yang mengandung senyawa besi, contohnya ferrous fumerate, sulfate, dan gluconate.

Pada orang dewasa obat ini dikemas dalam bentuk tablet, sementara untuk anak-anak biasanya diberikan dalam bentuk cair. Dengan meminum tablet zat besi, maka kadar zat besi pada hemoglobin akan terpenuhi untuk mengedarkan berbagai sifat oksigen.

Kegunaan lainnya dari zat besi di dalam tubuh yaitu sebagai pembentuk sel darah merah yang baru jika terjadi kerusakan pada sel darah merah. Zat besi terletak pada pigmen yang mengikat oksigen dengan cara terbalik. Jika pigmen turun maka terjadilah penyakit yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain obat, zat besi juga terkandung pada bahan makanan seperti sayuran yang berdaun hijau.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa dalam besi terdapat bijih besi yang dimanfaatkan sebagai bahan awal pengolahan material besi yang umumnya ditemukan pada batu alam. Namun selain itu, bijih besi juga dapat ditemukan pada pertambangan, biasanya disebut dengan pasir besi. Baik di dalam bebatuan ataupun pasir besi dapat diambil bagian bijih besinya dan dimanfaatkan menjadi material yang manusia gunakan melalui prosess pengolahan yang panjang.

Untuk mengolahnya, bijih besi diambil dengan proses pemanasan bebatuan atau pasir menggunakan sebuah tunggu panas hingga mencapai 1800 derajat celcius. Proses pemanasan bukan hanya berguna mengambil bijih besi, melainkan untuk memisahka unsur-unsur lain yang terkandung didalam bebatuan atau pasir.

Proses pemanasan dibutuhkan karena bebatuan merupakan hasil dari magma letusan gungung yang membeku. Sehingga untuk mendapatkan unsur yang diinginkan seperti besi, harus membutuhkan senyawa karbon monoksida dari proses pembakaran.

Penggunaan besi sebagai salah satu sumber daya bumi sudah dimulai sejak berabad-abad yang lalu. Besi merupakan salah satu kelimpahan unsur yang paling banyak di bumi. Penggunaan besi juga didasarkan pada sifatnya yang berbeda dengan jenis logam lainnya. Besi memiliki karakteristik yang tangguh, tahan terhadap kondisi ekstrem, sehingga memungkinkankuat melakukan tugas-tugas yang sulit.

Nah, itulah tadi segenap artikel lengkap yang bisa kami uraikan pada semua kalangan berkaitan dengan manfaat besi bagi manusia yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan untuk segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *