Jenis Benda dari Kayu
Contoh Benda dari Kayu

Benda yang Terbuat dari Kayu dan Fungsinya

Diposting pada

Jenis Benda dari Kayu

Kayu adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan di dunia, dan hampir semua jenis dapat digunakan untuk membuat benda-benda furnitur di rumah kita, seperti meja, kursi, pintu, almari, ranjang tempat tidur, dan lain-lain. Setiap jenis kayu memiliki karakteristik uniknya sendiri, yang pada gilirannya dapat menambah derajat kehangatan, penekanan dan keindahan pada dekorasi di sekitarnya.

Secara garis besar, kayu bisa dibedakan menjadi dua yaitu kayu keras yang berasal dari pohon berdaun lebar (pohon gugur yang menjatuhkan daunnya setiap tahun dan menghasilkan biji) dan kayu lunak yang berasal dari pohon konifer (pohon yang memiliki jarum dan tidak menghasilkan biji). Benda-benda yang terbuat dari kayu keras lebih tahan terhadap keausan bertahun-tahun.

Benda Terbuat dari Kayu

Kayu adalah salah satu bahan struktural paling signifikan yang digunakan sepanjang sejarah manusia. Seperti yang didokumentasikan oleh artefak aktivitas manusia yang paling awal, kayu telah dikaitkan dengan kegiatan berburu dan meramu, pengembangan awal pertanian, dan fondasi peradaban, serta penggunaannya yang jelas sebagai bahan bakar untuk api.

Studi arkeologis dari hampir setiap peradaban yang dikenal mengkonfirmasi penggunaan kayu untuk berbagai macam barang dan membuktikan keterlibatan intim kayu dengan evolusi manusia dan kemajuannya seiring berjalannya waktu.

Sebagai bahan struktural, kayu memiliki beberapa sifat yang agak luar biasa. Meskipun kepadatannya relatif rendah (sebagian besar kayu mengapung), ia memiliki karakteristik fisik yang membuatnya sangat cocok untuk membangun struktur yang membutuhkan ketahanan terhadap tekukan, kompresibilitas terbatas, kemudahan relatif untuk membentuk bagian, dan cara yang dapat diandalkan untuk menyatukan struktur.

Selain itu, kayu yang dipersiapkan dengan baik juga memiliki keindahan estetika dan fisik karena warna, kekuatan, dan karakteristik biji-bijiannya yang sangat bernilai dalam pembuatan furnitur halus dan komponen arsitektur.

Macam Benda yang Terbuat dari Kayu

Terdapat berbagai jenis benda yang terbuat dari kayu beserta dengan fungsinya. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Meja

Meja adalah salah satu barang furnitur dengan bagian atas yang rata dengan satu atau lebih kaki, yang digunakan sebagai permukaan untuk bekerja, makan atau untuk meletakkan sesuatu.

Beberapa jenis meja yang umum adalah meja ruang makan, yang digunakan untuk orang yang duduk untuk makan. Ada pula meja kopi, yang merupakan meja rendah yang digunakan di ruang tamu untuk memajang barang atau menyajikan minuman.

Meja tersedia dalam berbagai bahan, bentuk, dan ketinggian tergantung pada asal, gaya, penggunaan dan biaya yang dimaksudkan. Banyak meja terbuat dari kayu atau produk berbasis kayu. Akan tetapi, beberapa terbuat dari bahan lain termasuk ikatan logam dan kaca.

  1. Kursi

Selain meja, salah satu jenis furniture yang dapat kita temukan di rumah kita adalah kursi yang berfungsi sebagai tempat duduk. Kursi bervariasi dalam desain. Kursi dapat dibuat dari kayu, logam, atau bahan kuat lainnya, seperti batu atau akrilik.

Kursi mungkin memiliki permukaan keras dari kayu, logam, plastik, atau bahan lainnya, atau sebagian atau semua permukaan keras ini mungkin ditutupi dengan pelapis atau bantalan. Kursi juga bisa dibuat dari bahan yang lebih kreatif, seperti bahan daur ulang seperti peralatan makan dan batu bata bermain kayu, pensil, pipa ledeng, tali, karton bergelombang, dan pipa PVC.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kursi terbuat dari bahan yang tidak biasa, terutama sebagai bentuk seni atau eksperimen. Raimonds Cirulis, seorang desainer interior Latvia, menciptakan kursi gantung vulkanik yang merupakan buatan tangan dari batu vulkanik.

  1. Handuk Mandi

Beberapa handuk mandi dibuat dengan rayon, yang diproduksi dari komponen kayu selulosa. Rayon sangat cocok untuk digunakan dalam handuk mandi karena daya serapnya yang tinggi. Kain yang dibuat dengan rayon lembut, nyaman dan sangat menyerap, tetapi tidak melindungi panas tubuh, membuatnya ideal untuk digunakan di iklim panas dan lembab.

Itu dapat meniru nuansa dan tekstur sutra, wol, katun dan linen, dan digunakan dalam berbagai produk, termasuk pakaian, perabot rumah tangga dan tempat tidur. Rayon diproduksi dari sejenis pulp yang disebut pulp larut, yang sebagian besar dibuat dari selulosa. Selulosa membentuk “kerangka” dari semua serat kayu, dan merupakan polimer organik paling berlimpah di planet ini.

  1. Pasta Gigi

Pasta gigi dapat mengandung beberapa komponen kayu yang berbeda, termasuk karboksimetil selulosa (CMC), yang juga dikenal sebagai permen selulosa, dan xylitol. CMC digunakan terutama karena memiliki viskositas tinggi, tidak beracun dan bersifat hypoallergenic.

Ini ditambahkan ke produk makanan sebagai bahan pengental. Ini juga digunakan dalam banyak produk non-makanan, seperti pasta gigi, pencahar, pil diet, obat tetes mata, cat dan deterjen berbasis air.

CMC diproduksi dengan mencampurkan selulosa dengan asam asetat terklorinasi (asam asetat adalah nama kimia untuk cuka). Ini membuatnya larut dan hidrofilik (mudah mengikat dengan molekul air) dan ideal untuk digunakan dalam cairan dan gel.

Xylitol adalah pengganti gula alami yang dapat dibuat dari xylose, molekul gula dari hemi-selulosa. Xylitol biasanya diekstraksi dari pohon birch atau kayu keras lainnya dan digunakan terutama sebagai pemanis dalam produk kebersihan mulut, seperti pasta gigi, tablet fluoride dan obat kumur.

  1. Cat Kuku

Beberapa cat kuku mengandung komponen kayu nitroselulosa. Nitroselulosa berasal dari selulosa dan ditambahkan ke cat kuku,  juga pelapis kulit, pernis kayu dan tinta cetak, karena kekuatan dan sifatnya yang cepat kering. Nitroselulosa diproduksi dengan memaparkan selulosa ke zat nitrat yang kuat seperti asam nitrat.

Keadaan ini dilakukan dalam pengaturan yang sangat terkontrol, karena nitroselulosa dalam bentuk murni sangat mudah terbakar. 

  1. Tata Rias 

Beberapa produk rias mengandung komponen kayu karboksimetil selulosa (CMC). CMC ditambahkan ke makeup seperti foundation cair untuk memastikan bahwa komponen yang terlarut tetap larut selama penyimpanan dan penggunaan.

CMC digunakan terutama karena memiliki viskositas tinggi, tidak beracun dan hypoallergenic. Properti ini membuatnya sangat penting dalam produksi banyak produk, termasuk pasta gigi, pencahar, pil diet, cat dan deterjen berbahan dasar air.

CMC diproduksi dengan mencampurkan selulosa dengan asam asetat terklorinasi (asam asetat adalah nama kimia untuk cuka). Ini membuatnya larut dan hidrofilik (mudah mengikat dengan molekul air) dan ideal untuk digunakan dalam cairan dan gel.

  1. Tisu desinfektan

Tisu desinfektan sering dibuat dari rayon, yang diproduksi dari komponen kayu selulosa, karena kelembutan dan daya serap yang tinggi. Karakteristik ini memungkinkan lembaran rayon menahan cairan desinfektan sambil mempertahankan tekstur dan bentuknya. Rayon digunakan dalam berbagai produk lainnya, termasuk pakaian, perabot rumah tangga, dan tempat tidur.

  1. Cat

Beberapa cat mengandung komponen kayu hidroksietil selulosa (HEC), agen pembentuk gel dan penebalan yang digunakan untuk mencocokkan tekstur produk cair dengan kebutuhan konsumen. HEC juga banyak digunakan dalam kosmetik, perekat, deterjen dan produk rumah tangga lainnya.

HEC diproduksi dalam proses yang mirip dengan yang digunakan untuk membuat karboksimetil selulosa (CMC), yang merupakan bahan dalam pasta gigi dan makeup. Seperti CMC, ikatan HEC mudah dengan air, tetapi kekuatan ikatannya relatif lebih rendah, membuat HEC cocok untuk membuat cairan yang lebih tipis.

  1. Layar LCD

Layar LCD dari banyak elektronik masa kini mengandung komponen kayu cellulose triacetate (TAC). TAC diterapkan sebagai lapisan dalam layar ini dan bertindak sebagai film polarisasi. Baik bubur larut murni dan serat kapas digunakan untuk membuat TAC. Komposisi sifat kimia TAC memungkinkan untuk menerapkannya dalam film padat tipis dengan kejelasan optik yang sangat baik.

Komponen kayu yang serupa, selulosa asetat, digunakan dalam berbagai produk, mulai dari filter rokok hingga bingkai kacamata. Selulosa asetat dan selulosa triasetat dibuat dengan mereaksikan selulosa dengan asam asetat (cuka).

  1. Bola Ping-Pong

Bola ping-pong terbuat dari komponen kayu seluloid, campuran nitroselulosa (digunakan dalam cat kuku) dan kamper pemlastis berbahan dasar tumbuhan. Seluloid digunakan dalam bola ping-pong karena mudah dibentuk dan dibentuk, sambil memungkinkan properti bola-pantul tinggi.

Seluloid awalnya digunakan sebagai pengganti gading dalam boneka, perhiasan, dan peralatan. Saat ini, kegunaan utamanya adalah dalam produksi bola ping-pong dan pick gitar.

Demikianlah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis benda yang terbuat dari kayu dan fungsinya secara umum. Semoga bisa memberikan pemahaman bagi kalian yang memang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *