Ciri Benda dari Kertas
Ciri Benda dari Kertas

Ciri Benda dari Kertas dan Contohnya

Diposting pada

Ciri Benda dari Kertas

Kertas dalam sejarah awalnya dibuat dalam lembaran tunggal dengan mempergunakan tangan, akan tetapi dengan perkebangan zaman dan penemuan teknologi hampir semua kertas sekarang dibuat pada mesin besar. Hal ini lantaran berbagai keperluan manusia setidaknya membutuhkan 2.000 meter per menit dan hingga 600.000 ton per tahun.

Adapun proses pembuatan kertas dikembangkan di Asia timur, mungkin Cina, paling tidak pada tahun 105 M, oleh kasim Cai Lun, meskipun fragmen kertas arkeologis paling awal berasal dari abad ke-2 SM di Cina. Industri pulp dan kertas modern bersifat global, dengan China memimpin produksinya dan selanjutnya Amerika Serikat mengikuti.

Kertas

Kertas adalah bahan lembaran tipis yang diproduksi oleh serat selulosa yang diproses secara mekanis serta kimiawi yang semua itu bahan dasarnya berasal dari tanaman, kayu, kain, rumpu,  atau sumber nabati lainnya dalam arti air, kemudian mengalirkan air melalui jaring halus sehingga serat tersebar merata di permukaan, diikuti dengan pengepresan dan pengeringan.

Pengertian Kertas Menurut Para Ahli

Adapun definisi kertas menurut para ahli, antara lain;

  1. Cambridge Dictionary, Kertas adalah bahan tipis, rata yang terbuat dari kayu atau kain yang dihancurkan, digunakan untuk menulis, mencetak, atau menggambar.
  2. Your Dictionary, Kertas adalah bahan tipis dan fleksibel yang biasanya dibuat dalam lembaran dari bubur kertas yang dibuat dari kain, kayu, atau bahan berserat lainnya, dan digunakan untuk menulis atau mencetak, untuk kemasan, sebagai bahan struktural, sebagai pengganti kain, dan lain-lain.

Ciri Benda dari Kertas

Adapun untuk beberapa karakteristik benda yang terbuat dari kertas. Antara lain;

  1. Mudah Dibentuk

Karakteristik benda yang terbuat dari kertas utamanya adalah mudah dibentuk sesuai dengan keinginan dan kepentingan setiap orang yang ingin mempergunkannya. Ciri ini misalnya saja terlihat pada kertas origami yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar membuat kreatifitas seperti burung, tumbuhan, dan anekaragam hiasan ruangan.

  1. Tidak Tahan Air

Semua kertas dapat dipastikan tidak tahan terhadap keadaan air, kondisi inipula mencerminkan bahwa kertas setidaknya harus dijadukan dari berbagai cairan yang dapat merusak tekstur bentuknya. Bahkan untuk kesemua kertas akan rusak jikalau terkena air.

  1. Mudah Terbakar

Menjauhkan kertas dari api perlu untuk dilakukan, hal ini lantaran sifat dasar dari kertas ini sangat mudah terbakar dan hangus. Atas dasar inipula beberapa industri pembuatan kertas sangat menjaga produksinya dari api guna menghindari adanya kebakaran.

  1. Ringan

Kertas sebagai bahan-bahan yang diperlukan dalam keseharian tentusaja secara tekstur beratnya tidak akan menjadikan seseorang merasa susah untuk mengangkat. Alasannya karena keringan tersebutlah ekpor dan impor kertas bisa dengan mudah dilakukan dari berbagai negara.

  1. Mudah Rusak

Karakteristik yang ada selanjutnya dari bahan kertas ini adalah mudah rusak, jikalau terkena air, api, atau apapun yang bisa membuatnya berubah bentuk. Misalnya tersobek, alasan itupula menjadikan kertas sebagai salah satu barang yang rentan untuk kerusakan.

Contoh Benda dari Kertas

Sedangkan untuk contoh benda dari kertas yang ada di sekitar kita. Misalnya saja;

  1. Rumah

Kertas yang ada di rumah sangat mudah ditemukan, misalnya ketika seseorang ingin memberikan sumbangan biasanya memperlukan amplop. Dimana ampolop tersebut hakekatnya berasal dari kertas yang memang sangat diperlukan.

  1. Sekolah

Benda yang ada di sekolah terbuat dari kertas tentusaja sangat mudah ditemukan. Misalnya saja adalah buku gambar, buku tulis, karton yang dibuat untuk jadwal piket, dan alat-alat lainnya yang hampir memiliki esensi yang sama.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan karakteristik benda yang terbuat dari kertas dan contohnya yang ada di sekitar kita. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *