Jenis Benda dari Kertas
Contoh Benda dari Kertas

Benda yang Terbuat dari Kertas dan Fungsinya

Diposting pada

Jenis Benda dari Kertas

Kertas adalah bahan tipis yang terbuat dari sebagian besar serat kayu yang disatukan. Biasanya seseorang menulis di atas kertas dengan pensil atau pena. Salah satu contoh benda terbuat dari kertas yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari kita adalah buku. Atau bisa juga dikatakan bahwa buku adalah lembaran-lembaran kertas yang disatukan atau dijilid menjadi satu.

Kertas dapat menyerap cairan seperti air, sehingga seseorang dapat membersihkan benda-benda dengan kertas. Kertas biasanya terbuat dari bubur kayu. Kayu ditumbuk dan dicampur dengan air dan jenis bahan kimia lainnya untuk membuat cairan tipis yang disebut “bubur kertas“. Bubur kertas dapat diputihkan untuk membuat kertas lebih putih, dan pewarna dapat ditambahkan untuk membuat kertas berwarna. Bubur ini ditekan menjadi lembaran kertas.

Benda yang Terbuat dari Kertas

Kertas adalah benda padat yang terbuat dari serat selulosa yang berasal dari kain, kayu, dan lain-lain yang sering dicampur dengan zat aditif lain dan dibentuk menjadi lembaran tipis datar yang cocok untuk menulis, mendekorasi dinding, membungkus, dan berbagai keperluan lainnya.

Sumber selulosa yang paling melimpah adalah hutan, meskipun pohon berbeda dalam nilai seratnya untuk membuat kertas. Serat rami, kapas, rami, sisal, manila rami, dan sejenisnya biasanya datang ke industri kertas sebagai produk sekunder, setelah melayani kegunaan lain.

Limbah pertanian seperti jerami, batang jagung, ampas tebu (limbah tebu), bambu, dan beberapa rumput lainnya digunakan untuk membuat kadar tertentu. Akhirnya, salah satu sumber terpenting pulp adalah serat yang diambil dari kertas bekas, kain perca, dan kotak kardus.

Pulp kayu dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok umum, mekanis dan kimia. Bubur mekanis, umumnya disebut kayu tanah, biasanya diproduksi oleh proses penggilingan mekanik dan tidak diklasifikasikan lebih lanjut kecuali sebagai halus, kasar, atau diputihkan. Pulp kimia digolongkan sebagai sulfit yang tidak dikelantang (kuat dan tingkat berita), sulfit yang diputihkan (larut dan kadar kertas), sulfat yang diputihkan dan tidak dikelantang (kraft), dan soda.

Macam Benda dari Kertas

Berikut ini beberapa jenis benda yang terbuat dari kertas beserta masing-masing fungsinya, diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Buku

Buku adalah media yang berfungsi untuk merekam informasi dalam bentuk tulisan atau gambar, biasanya terdiri dari banyak halaman (terbuat dari papirus, perkamen, vellum, atau kertas) yang diikat bersama dan dilindungi oleh sampul.

Sebagai objek intelektual, sebuah buku adalah prototipe komposisi yang sangat panjang sehingga perlu investasi waktu yang cukup lama untuk menulis dan membacanya. Buku memiliki indra yang terbatas dan tidak terbatas.

Dalam pengertian yang terbatas, sebuah buku adalah bagian mandiri atau bagian dari komposisi yang lebih panjang, suatu penggunaan yang mencerminkan fakta bahwa, pada jaman dahulu, karya panjang harus ditulis pada beberapa gulungan, dan setiap gulungan harus diidentifikasi oleh buku yang dikandungnya.

Dalam pengertian yang tidak terbatas, sebuah buku adalah keseluruhan komposisi yang bagian-bagiannya, apakah disebut buku atau bab atau bagian, adalah bagian.

  1. Koran

Koran merupakan publikasi yang dicetak di atas kertas dan diterbitkan secara teratur, biasanya sekali sehari atau seminggu sekali. Ini memberikan informasi dan pendapat tentang peristiwa dan berita terkini.

Biasanya orang suka membacanya untuk tetap mendapat informasi tentang kota, negara bagian atau negara setempat mereka. Koran dapat dikirim ke rumah seseorang, dengan berlangganan. Seseorang juga dapat membeli koran di toko atau di kios koran. Daur ulang kertas adalah hal biasa. Ini dapat dikonversi ke kertas baru, misalnya. 

  1. Majalah

Majalah adalah publikasi berkala yang dicetak dengan kertas glossy dan matte atau diterbitkan secara elektronik (kadang-kadang disebut sebagai majalah online) yang dimaksudkan untuk membawa informasi kepada pelanggan yang membaya. Majalah diperkenalkan pada tanggal 17 dan dipopulerkan pada abad ke-19.

Majalah umumnya diterbitkan dengan jadwal reguler dan berisi beragam konten. Mereka umumnya dibiayai oleh iklan, dengan harga pembelian, dengan berlangganan prabayar, atau kombinasi dari ketiganya.

  1. Karton

Karton adalah kotak atau wadah yang biasanya terbuat dari kertas karton dan kadang-kadang dari papan serat bergelombang. Banyak jenis karton yang digunakan atau difungsikan untuk pengamasan. Karton dapat dibuat dari banyak bahan seperti kertas karton, dupleks, kraft putih, plastik daur ulang dan banyak lagi.

Ada yang “food grade” sehingga bisa kontak langsung dengan makanan. Tergantung pada kebutuhan, kertas karton ini dapat dilapisi lilin atau dilapisi dengan polietilen untuk membentuk penghalang kelembaban. Ini dapat berfungsi untuk mengandung produk cair atau menjaga bubuk kering.

  1. Uang Kertas

Uang adalah setiap barang atau catatan yang dapat diverifikasi yang umumnya diterima sebagai pembayaran untuk barang dan jasa dan pembayaran utang, seperti pajak, di negara tertentu atau konteks sosial-ekonomi.

Fungsi utama uang dibedakan sebagai: alat tukar, satuan akun, penyimpan nilai dan kadang-kadang, standar pembayaran yang ditangguhkan. Setiap item atau catatan yang dapat diverifikasi yang memenuhi fungsi-fungsi ini dapat dianggap sebagai uang.

Jumlah uang beredar suatu negara terdiri dari mata uang (uang kertas dan uang koin yang terbuat dari logam) dan, tergantung pada definisi tertentu yang digunakan, satu atau lebih jenis uang bank (saldo disimpan dalam rekening giro, rekening tabungan, dan jenis rekening bank lainnya).

Uang bank, yang hanya terdiri dari catatan (kebanyakan terkomputerisasi dalam perbankan modern), sejauh ini merupakan bagian terbesar dari uang luas di negara maju.

  1. Tiket

Tiket adalah voucher yang menunjukkan bahwa seseorang berhak masuk ke acara atau pendirian seperti teater, taman hiburan atau objek wisata, atau memiliki hak untuk bepergian dengan kendaraan, seperti dengan tiket pesawat, tiket bus atau tiket kereta api.

Tiket dapat berfungsi hanya sebagai bukti kepemilikan atau reservasi. Atau dengan kata lain, tiket merupakan dokumen yang berfungsi sebagai bukti bahwa orang telah membayar untuk memasuki acara atau pendirian (bioskop, kebun binatang, museum, konser, acara olahraga, dan lain-lain).

  1. Kartu Pos

Kartu pos adalah selembar kertas tebal persegi panjang atau kertas karton tipis yang dimaksudkan untuk menulis dan mengirim surat tanpa amplop. Bentuk non-persegi panjang juga dapat digunakan. Ada beberapa pengecualian baru, seperti kartu pos kayu, kartu pos tembaga yang dijual di Negara Tembaga Michigan, AS, dan “kartu pos” kelapa dari pulau-pulau tropis.

Produksi kartu pos berkembang pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Sebagai cara yang mudah dan cepat bagi individu untuk berkomunikasi, mereka menjadi sangat populer. Studi dan pengumpulan kartu pos disebut deltiology.

  1. Kertas Lakmus

Kertas lakmus digunakan untuk menguji apakah suatu larutan yang mengangndung indikator asam basa. Kertas lakmus biru berubah merah di bawah kondisi asam dan kertas lakmus merah berubah menjadi biru dalam kondisi basa atau alkali, dengan perubahan warna terjadi pada kisaran pH 4,5–8,3 pada 25 ° C (77 ° F). Kertas lakmus netral berwarna ungu.

Kertas lakmus basah juga dapat digunakan untuk menguji gas yang larut dalam air yang mempengaruhi keasaman atau alkalinitas atas gas larut dalam air dan larutan yang dihasilkan mewarnai kertas lakmus. Misalnya, gas amonia, yang bersifat basa, berubah menjadi kertas lakmus merah menjadi biru.

  1. Tisu

Kertas tisu adalah kertas ringan yang dapat dibuat dari bubur kertas daur ulang. Kertas tisu diproduksi pada mesin kertas yang memiliki satu silinder pengering besar yang dipanaskan dengan uap (pengering Yankee) yang dilengkapi dengan tudung udara panas. Silinder Yankee disemprot dengan perekat untuk membuat kertas menempel.

Kertas telah digunakan untuk keperluan kebersihan selama berabad-abad, tetapi kertas tisu seperti yang kita kenal sekarang tidak diproduksi di Amerika Serikat sebelum pertengahan 1940-an. Di Eropa Barat produksi industri skala besar dimulai pada awal 1960-an.

  1. Seni Melipat Kertas (Origami)

Origami adalah seni melipat kertas, yang sering dikaitkan dengan Budaya Jepang. Tujuannya adalah untuk mengubah selembar kertas persegi datar menjadi patung jadi melalui teknik melipat dan memahat.

Sejumlah kecil lipatan origami dasar dapat digabungkan dalam berbagai cara untuk membuat desain yang rumit. Origami tradisional Jepang, yang telah dipraktikkan sejak periode Edo (1603 sampai 1867), sering kurang ketat tentang konvensi ini, kadang-kadang memotong kertas atau menggunakan bentuk nonsquare untuk memulai.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami bagikan pada kalian tentang adanya berbagai jenis benda yang terbuat dari kertas dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *