Contoh Energi Potensial
Contoh Energi Potensial

Contoh Energi Potensial dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Energi Potensial

Energi dalam perubahan kimia dan fisika akan senantisa melakukan serangkaian kapasitas untuk melakukan usaha. Hal ini tentusaja sesuai dengan prinsip dalam hukum kekekalan energi atau hukum termodinakima yang pertama bahwa energi tidak bisa diciptakan atau dihancurkan tapi bisa diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Perubahan tersebut tentusaja bisa terlihat dalam energi potensial, lantaran energi ini bisa menyimpan dalam suatu benda karena posisi, keadaan, atau komposisinya. Sehingga berbagai contoh energi potensial juga bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satunya yaitu energi gravitasi yang membuat kita dapat berdiri tegak di bumi atau tidak melayang-layang di angkasa.

Energi Potensial

Energi potensial bisa dikatakan sebagai energi laten dalam suatu benda diam. Sehingga dalam energi inilah suatu benda bergantung pada posisinya relatif terhadap benda lain. Misalnya saja dipengaruhi pada tegangan di dalam dirinya, muatan energi listriknya, dan lain sebagainya.

Contoh Energi Potensial

Berikut ini beberapa contoh yang menunjukkan penggunaan energi potensial dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Menggerakkan Pegas

Energi potensial elastis adalah suatu bentuk energi potensial yang terdapat pada benda-benda yang dapat diregangkan dan dikompresi.

Contohnya, pegas. Saat pegas diregangkan atau dikompresi, itu akan mendapatkan sejumlah energi potensial yang dinamakan energi potensial elastis, sedangkan energi yang dibutuhkan untuk memampatkan pegas dinamakan energi kinetik.

Ketika pegas terkompresi dilepaskan, energi potensial yang tersimpan dari pegas terkompresi akan diubah lagi menjadi energi kinetik.

  1. Busur dan Anak Panah

Ketika seorang pemanah menarik kembali tali busur, sejumlah energi potensial elastis diperoleh oleh anggota badan busur yang fleksibel. Apabila seorang pemanah, semakin menarik busurnya ke belakang, maka energi potensial yang diperoleh oleh lengan busur karena mengalami peregangan juga semakin banyak.

Ketika tali busur dilepaskan, anak panah bergerak maju dengan sangat cepat. Apa yang terjadi di sini adalah bahwa energi potensial yang diperoleh busur karena peregangan dengan cepat ditransfer ke anak panah dalam bentuk energi kinetik, dan dengan demikian, busur itu bergerak maju.

  1. Makanan yang Kita Makan

Kita membutuhkan energi yang bisa kita peroleh dari makanan yang kita makan. Terdapat jenis energi potensial yang tersimpan di dalam zat yang dinamakan energi kinetik kimia.

Energi  inilah yang disimpan dalam ikatan kimia suatu zat. Makanan yang kita makan menyimpan energi potensial kimiawi. Ketika makanan sudah mencapai perut kita, maka energi potensial kimiawi yang sama diubah menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh kita.

  1. Air di Bendungan dan Waduk

Arti air yang tertampung di waduk bendungan untuk berbagai keperluan seperti pembangkit listrik di pembangkit listrik tenaga air, irigasi, pencegahan banjir, konsumsi manusia, keperluan industri, dan lain-lain. Sehingga memiliki sejumlah energi potensial.

Karena air yang tertahan di dalam bendungan atau waduk waduk berada pada kondisi diam dan tidak mengalir, maka energi yang tersimpan di dalamnya dinamakan energi potensial. Ketika gerbang bendungan terbuka, air ini, yang awalnya diam, akan langsung bergerak dan energi potensial yang tersimpan dalam air akan diubah menjadi energi kinetik.

  1. Turunnya Salju

Saat salju baru turun, salju mulai memenuhi pegunungan. Salju yang berada dalam kondisi diam mempunyai sejumlah energi potensial di dalamnya. Karena pegunungan ini ada pada ketinggian tertentu, energi potensial ini dapat diklasifikasikan sebagai energi potensial gravitasi.

Saat salju turun, lapisan salju yang padat ini pecah, yang menyebabkan longsoran salju. Apa yang terjadi dalam longsoran salju adalah bahwa energi potensial diubah menjadi energi kinetik. Karenanya, salju mulai turun dengan cepat dari gunung.

  1. Peluru

Sebelum peluru ditembakkan dari pistol, peluru itu diam. Seperti yang kita ketahui sekarang bahwa energi yang ada dalam suatu benda yang diam disebut energi potensial.

Oleh karena itulah, kita dapat mengatakan bahwa peluru istirahat di dalam pistol mengandung sejumlah energi yang dikenal sebagai energi potensial. Dan, begitu peluru ditembakkan, energi potensial tersebut akan diubah menjadi energi kinetik.

  1. Perenang

Perenang selalu berdiri di papan loncat dan melakukan peregangan terlebih dahulu sebelum menyelam ke dalam air. Ketika mereka berdiri di papan loncat, mereka mempunyai sejumlah energi potensial gravitasi, yang kemudian akan diubah menjadi energi kinetik saat mereka menyelam ke dalam air.

Itulah sebabnya perenang melakukan lompatan ketika menyelam untuk memperoleh jumlah energi potensial gravitasi maksimum, yang kemudian akan diubah menjadi energi kinetik. Semakin banyak energi kinetik, maka akan semakin mudah bagi mereka untuk memotong viskositas air di kolam.

  1. Meluncur dari Bukit

Contoh lainnya, ketika sebuah kotak meluncur menuruni bukit, energi potensial yang dimiliki kotak tersebut dari tempat yang tinggi di lereng akan diubah menjadi energi kinetik, energi gerak.

Saat kotak melambat hingga berhenti melalui gesekan, energi kinetik dari gerakan kotak diubah menjadi energi termal yang memanaskan kotak dan kemiringan. Contoh tersebut menunjukkan bahwa energi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya dengan berbagai cara lain.

Itulah tadi artikel yang bisa dijelaskan pada semua kalangan berkenaan dengan berbagai contoh pemanfatan energi potensial yang mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *