Manfaat Amonium Nitrat
Cara Membuat Amonium Nitrat

Kegunaan Amonium Nitrat dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Manfaat Amonium Nitrat

Amonium nitrat akhir-akhir ini menjadi salah satu pembicaraan yang serius. Utamanya di tahun 2020 yang mana telah terjadi ledakan akibat amonium nitrat di Lebanon yang menghilangkan nyawa 178 orang, 6.000 orang terluka, serta kurang lebih sekitar 30 orang lainnya masih hilang.

Kondisi seperti ini sangatlah penting bagi seorang untuk mengetahui lebih dalam tentang amonium nitrat sebagai salah satu jenis bahan kimia, bukan hanya pada dampaknya akan tetapi disisi lain juga memiliki manfaat. Misalnya saja kegunaan amonium nitrat untuk pertanian, kesehatan, dan lain sebagainya.

Amonium Nitrat

Amonium nitrat sejatinya merupakan salah satu tata nama senyawa kimia yang bentuknya padat, dengan teksturnya kristal putih, sehingga bisa dikatakan sangat cepat untuk dilarutkan dalam arti air. Sifat yang dimilikinya juga taklah penting ialah baunya yang mirip sekali dengan arti air kencing yang dikeluarkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Amonium Nitrat

Manfaat amonium nitrat cukup banyak didalam kehidupan. Antara lain yaitu sebagai berikut :

  1. Pertanian

Dalam bidang pertanian utamanya untuk tanaman amonium nitrat dikenal sebagai pupuk. Pupuk dari senyawa ini cukup populer karena kandungan di dalamnya yang kaya akan nitrogen. Setengah nitrogen dari bentuk nitrat dan setengan nitrogennya dibentuk dari amonium.

Bentuk nitrat pada senyawa memungkinkan gerak yang lebih mudah pada air tanah hingga menuju ke akar tanaman. Sehingga kadar nitrogen akan tersedia lebih banyak untuk diserap oleh tanaman. Sementara itu fraksi amonium yang diserap akar akan dikonversikan menjadi nitrat oleh mikroorganisme yang ada di dalam tanah.

Hal ini karena kandungan nitrogen pada pupuk amonium nitrat sangat tinggi, sebagian besar petani sayur lebih memilih menggunakan nutrisi atau pupuk ini. Karena lebih mudah diserap oleh tanaman sehingga dapat  meningkatkan kesuburan pada tanaman.

  1. Perternakan

Dalam bidang peternak hewan, kegunaan amonium nitrat juga takalah penting. Misalnya dengan menggunakan pupuk dari bahan dasar kimia ini untuk menghasilkan panen rumput dan jerami yang lebih banyak untuk pakan ternak.

Keterpilihan amonium nitrat lebih unggul dibandingkan pupuk Urea karena Urea memiliki tingkat volatilitas yang tinggi. Selain ditaruh di tanah, amonium nitrat juga dapat digunakan dengan cara disemprotkan pada daun, karena sifat endapannya yang mudah dilarutkan dengan menggunakan air.

Sebagai bahan penyubur tanaman, amonium nitrat seringkali dicampur dengan produk pupuk lainnya. Meski demikian, pupuk ini tidak dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Karena kecenderungan mudah menyerap air dan kelembaban udara menjadi sifat alaminya yang higroskopis.

  1. Kesehatan

Penggunaan lainnya dari bahan amonium nitrat adalah pada bidang medis (kesehatan) sebagai bahan kompres pendingin. Senyawa ini digunakan dalam bungkusan dingin, dimanfaatkan untuk mematikan rasa secara instan pada daerah tertentu yang mengalami rasa sakit. Selain itu juga digunakan sebagai cara untuk menghentikan pembengkakan pada cedera.

Dalam pembuatan senyawa amonium nitrat untuk kesehatan ini bisa dilakukan dengan memilih bahan perlu dicampurkan dengan air pada bagian lainnya. Ketika dua bagian tersebut digabungkan menjadi satu, akan terjadi peresapan air ke dalam garam amonium nitrat.

Reaksi ini disebut dengan reaksi endotemik yang menyerap panas dari lingkungan ke dalam sistem. Dimana sistem tersebut yaitu campuran dari material amonium nitrat dan air. dengan adanya reaksi menyerap panas, maka daerah yang dikompres akan dihisap panasnya ke dalam sistem amonium nitrat. Hasilnya adalah suhu akhir yang menjadi lebih rendah.

  1. Bahan Peledak

Amonium nitrat juga dikenal memiliki kegunaan sebagai bahan peledak. Hal ini dibuktikan dengan seringnya digunakan pada perang dunia kedua sebagai bahan peledak. Penggunaan amonium nitrat sebagai bahan peledak didasari oleh kerapatan senyawanya yang rendah.

Amonium nitrat didesain dalam bentuk berpori atau dengan porositas yang tinggi. Hal ini memungkinkan poses adsorpsi dari bahan bakar minyak lebih cepat.

Komponen utama amonium nitrat sebagai bahan bakar peledak adalah campuran dari 6% bahan bakar minyak dan 94% bahan amonium nitrat. Pada campuran ini, amonium nitrat merupakan penyusun utama, perannya yaitu sebagai zat pengoksidasi bahan bakar yang digunakan.

Saat ini bahan peledak dari amonium nitrat banyak digunakan dalam industri pertambangan. Penggunaan Ammonium Nitrate Fuel Oil (ANFO) sangat efektif karena biaya yang dikeluarkan cukup rendah dan memiliki daya stabilitas yang tinggi, sehingga selain efektif juga sangat efisien.

Dengan biaya yang sedemikian rendahnya, serta ketersediaan amonium nitrat yang melimpah membuat bahan ini sering juga dimanfaatkan sebagai bahan peledak improvisasi (IED) atau bom rakitan. Namun, penggunaan bom amonium nitrat seringkali disalah gunakan.

Cara Pembuatan Amonium Nitrat

Senyawa amonium nitrat dalam sejarahnya diproduksi dalam skala besar pada tahun 1940-an dan digunakan sebagai amunisi bahan peledak perang dunia II. Produksi pembuatan amonium nitrat pada waktu cukup sederhana, Yaitu;

  1. Mereaksikan gas amonia dengan asam nitrat dengan tujuan membentuk larutan pekat dan panas
  2. Padatan senyawa ini terbentuk ketika bahan larutan amonium nitrat dikristalkan.

Bahan ini memiliki sifat higroskopis atau diartikan juga sebagai bahan yang mudah bereaksi serta menarik uap air di udara. Dengan demikian, penyimpanan bahan ini harus dilakukan di ruangan tertutup dan ber AC lebih baik. Biasanya produsen amonium nitrat melapisi senyawa padatannya dengan senyawa lain yang berperan sebagai anti-caking, agar tidak terjadi penggumpalan dan lengket.

Sedangkan untuk saat ini pembuatan amonium nitrat memerlukan bahan aditif lain seperti mineral karbonat yang ditambahkan sebelum proses kristalisasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengurangi sifat eksplosif dari senyawa amonium nitrat.

Umumnya cara ini dilakukan dalam pembuatan amonium nitrat yang dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman pada pertanian. Dengan ditambahkannya bahan aditif, maka akan menurunkan konsentrasi nitrogen pada campuran. Hasilnya akan berpengaruh pada sifat akhir yang terbentuk dari senyawa amonium nitrat.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari amonium nitrat dan cara pembuatannya. Semoga bisa memberikan referensi bagi kalian yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *