Kegunaan Alkena
Kegunaan Alkena

Kegunaan Alkena dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Kegunaan Alkena

Alkena pada hakekatnya mempunyai rumus penghitungan CnH2n, alkana mempunyai rumus umum CnH2n + 2, sedangkan untuk alkuna mempunyai rumus umum CnH2n-2.. Dari ketiga rumus dalam jumlah hidrokarbon tersebut, baik alkana, alkena, dan alkuna masing-masing memiliki beragamn manfaat atau kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.

Prihal ini misalnya alkena dalam bidang farmasi dan industri memiliki kebermanfaat untuk mengubah struktur bahan baku organik menjadi siap dipergunakan sebagai camburan dalam kimia industri. Sedangkan disisi lain untuk alkana sendiri yang paling umum  yang umum termasuk metana (gas alam), propana (bahan bakar pemanas dan memasak), butana (cairan korek api) dan oktan (bahan bakar mobil).

Alkena

Alkena adalah rangkaian jenis hidrokarbon homolog yang mengandung ikatan rangkap karbon-karbon, dimana dalam hal ini alkena menjadi hindrokarbon tidak jenuh, artinya mengandung ikatan rangkap yang mana ikatan inilah yang menyebabkan alkena lebih reaktif daripada alkana.

Alkena juga dapat dibedakan dari alkana dengan mengguncangkan (shaking) hidrokarbon dengan air bromin. Arti air bromin berwarna coklat kemerahan, dan akan kehilangan warnanya dengan alkena tapi tidak dengan alkana. Bromin ditambahkan melintasi ikatan rangkap alkena untuk membentuk dibromo alkana tak berwarna.

Penjelasan ini terlihat dari contoh reaksi adisi. Reaksi adisi terjadi ketika dua atau lebih reaktan bergabung bersama untuk membentuk produk tunggal.

Kegunaan Alkena

Alkena memiliki beragam kegunaan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Alkena memainkan peran utama dalam kimia modern dan biologi, Beta-karoten, misalnya, adalah bagian yang sangat penting dari makanan manusia sebagai sumber vitamin A.
  2. Etilen dan propilena digunakan dalam industri, Etilen dan propilena kadang-kadang disebut masing-masing sebagai etena dan propena, adalah dua bahan kimia organik yang paling banyak diproduksi secara industri. Keduanya biasanya digunakan dalam produksi bahan mentah, termasuk berbagai benda yang terbuat dari plastik.
  3. Etena adalah bahan baku organik terpenting dalam industri kimia, Etena diproduksi dari berbagai jenis gas alam dan minyak mentah, ini digunakan sebagai bahan baku untuk banyak produk kimia seperti polietilen, vinil klorida, stirena, etanol, asetaldehida, dan banyak lagi.
  4. Vinil asetat diproduksi dari etilen (etena), Vinil asetat yang diproduksi dari etilen (etena) digunakan dalam pembuatan poli (vinil asetat) yang bermanfaat untuk emulsi cat, perekat kayu lapis dan tekstil
  5. Propena merupakan bahan baku terpenting kedua untuk produk organik, Produksi propena dengan perkiraan 50 juta metrik ton di seluruh dunia pada tahun 2000, terutama digunakan untuk keperluan produksi polipropilen dan bermacam-macam produk oksidasi seperti asam akrilat, akrolein, alil klorida, butanol, ester asam akrilik, gliserol, dan epiklorohidrin.
  6. Polipropilena diproduksi dari propilena atau propena, Polipropilena yang diproduksi dari propilena atau propena digunakan sebagai barang cetakan (misalnya peralatan dapur); serat untuk karpet indoor-outdoor.
  7. Butadiena digunakan untuk produksi karet sintetis, Produksi butadiena dunia pada tahun 1953 sekitar 8,5 juta metrik ton terutama digunakan untuk produksi berbagai karet sintetis. Yang paling penting di antaranya yaitu SBR (styrene-butadiene rubber atau karet stirena-butadiena) dan BR (butadiene rubber atau karet butadiene).

Itulah tadi penjelasan yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan kegunaan alkena yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *