Kimia Industri Adalah
Kimia Industri

Pengertian Kimia Industri, Jenis, Rumus, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada

Kimia Industri Adalah

Penerapan kimia industri memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Dimana ribuan produk dan aplikasi telah meningkatkan standar hidup miliaran orang di abad terakhir. Kehidupan hari ini tanpa manfaat kimia industri dan industri kimia akan sulit dan berkualitas rendah. Meskipun demikian, masyarakat sering kritis terhadap kimia industri dan tidak menerima semua produk yang ditawarkannya.

Oleh karena itu merupakan kewajiban penting dari produsen dan ilmuwan untuk meyakinkan orang bahwa bahan kimia dapat menawarkan solusi untuk masalah saat ini. Bermacam-macam bahan kimia yang berperan penting dalam bidang industri diantaranya yaitu oksigen, nitrogen, asam fosfat, klorin, alumunium sulfat, dan lain-lain dengan masing-masing kegunaannya untuk menghasilkan beragam produk yang berguna dalam kehidupan.

Kimia Industri

Pengenalan tentang “Kimia-Industri” diawali dengan pembahasan yang didasarkan pada asal katanya, yaitu “Kimia” dan “Industri”. Kimia bisa diartikan sebagai suatu proses dimana sebelum dan sesudah terjadi perubahan “identitas kimia” yang ditandai oleh perubahan unsur-unsur penyusunnya dan atau perubahan pada massa molekulnya maupun struktur molekulnya. Proses tersebut pada umumnya dinamakan “reaksi-kimia”.

Adapun kata industri dapat diartikan sebagai suatu proses yang mengubah bahan-baku menjadi produk yang berguna atau mempunyai nilai-tambah. Produk-produk tersebut bisa digunakan secara langsung oleh konsumen sebagai pengguna akhir dan produk tersebut disebut dengan “produk-akhir”, selain itu produk dari industri tersebut dapat juga digunakan sebagai bahan baku oleh industri lain, yang disebut juga sebagai “produk-antara”.

Penggabungan kedua kata tersebut menjadi “Kimia Industri” bisa diartikan sebagai suatu proses yang merubah bahan baku menjadi suatu produk (kimia) yang memiliki nilai tambah dimana dalam proses tersebut selain terjadi melalui proses perubahan yang bersifat fisis (Satuan-Operasi) juga terjadi perubahan yang bersifat kimiawi (Satuan-Proses).

Pengertian Kimia Industri

Kimia industri adalah cabang studi ilmu kimia yang berupaya untuk menerapkan serta mengaplikasikan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan macam zat kimia khusus yang memiliki sedikit dampak buruk pada lingkungan.

Kimiawan industri menggunakan pengetahuan mereka tentang ilmu terapan untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji proses dan produk manufaktur kimia. Dengan kata lain, mereka mengubah bahan mentah atau bahan kimia menjadi produk yang berguna-plastik, pemutih kopi dan kosmetik adalah semua hasil kerja kreatif seorang ahli kimia industri dengan minyak bumi.

Kimiawan industri adalah ahli dalam susunan kimia dan perilaku zat. Namun, bidang ini berbeda dari bentuk kimia lainnya karena fokusnya adalah pada pengembangan, bukan penelitian. Kimiawan industri bekerja dengan insinyur dan teknisi untuk membuat dan menguji kreasi mereka. Itu berarti banyak pemecahan masalah untuk memastikan produk tersebut aman dan efektif sebelum menyentuh lantai produksi.

Pengertian Kimia Industri Menurut Para Ahli

Adapun definisi kimia industry menurut para ahli, antara lain:

  1. Bachelor Of Science In Industrial Chemistry, Kimia Industri adalah cabang kimia yang menerapkan proses fisik dan kimia menuju transformasi pembuatan bahan baku menjadi produk yang bermanfaat bagi umat manusia.

Jenis Kimia Industri

Bahan kimia ini diproduksi dan dikembangkan dari bahan baku seperti udara, air dan mineral. Ada berbagai jenis bahan kimia yang diproduksi oleh industri untuk berbagai keperluan. Hari ini dengan pertumbuhan industrialisasi, telah terjadi pertumbuhan substansial dalam permintaan bahan kimia industri untuk berbagai aplikasi.

Kita cenderung menggunakan bahan kimia dalam berbagai bentuk termasuk sebagai deterjen, poles, bahan pembersih, pernis, perekat, pelarut, pewarna yang digunakan untuk fotokopi dan sebagainya.

Dengan meningkatnya permintaan bahan kimia ini, ada lebih dari seratus varietas yang diproduksi akhir-akhir ini oleh berbagai perusahaan. Beberapa bahan kimia yang umum digunakan dan diketahui meliputi:

  1. Oksigen: salah satu bahan kimia yang paling berguna dan perlu yang digunakan sebagai pengoksidasi dalam campuran reaksi di mana oksigen sangat penting.
  2. Asam fosfat: bahan kimia lain yang berguna yang digunakan dalam produk makanan seperti minuman ringan dan barang-barang lainnya. Itu juga digunakan untuk memproduksi pupuk.
  3. Nitrogen: digunakan dalam industri untuk mengontrol suhu reaksi dan mencegah kombinasi oksigen dengan uap untuk menghindari ledakan. Ini juga digunakan sebagai alternatif udara untuk membawa pembawa gas untuk mencegah ledakan.
  4. Asam sulfat: terutama digunakan untuk menghilangkan zat berbahaya dan menangkal efek zat alkali. Ini adalah salah satu bahan kimia industri yang paling banyak digunakan dan umum.
  5. Klorin: terutama digunakan untuk pembuatan bahan pemutih. Ini adalah bahan penting dalam titanium dioksida.
  6. Ethylene: bahan kimia penting lain yang digunakan untuk berbagai keperluan.
  7. Sodium silikat: digunakan sebagai insulasi untuk keperluan industri.
  8. Aluminium sulfat: digunakan sebagai buffer PH dalam industri kertas. Itu juga digunakan untuk mengolah air limbah di industri.
  9. Sodium karbonat: salah satu bahan kimia industri yang paling penting termasuk arti natrium karbonat yang juga dikenal sebagai soda ash. Ini digunakan untuk pembuatan gelas dan sebagai bahan utama dalam banyak agen pembersih.
  10. Amonium nitrat: Ialah salah satu pupuk yang paling umum digunakan dalam bentuk padat.
  11. Urea: bahan kimia penting lainnya adalah urea yang digunakan sebagai pupuk. Ini juga digunakan untuk menghasilkan pakan ternak.
  12. Metanol: diproduksi dari hidrogen dan karbon monoksida, bahan kimia khusus ini digunakan sebagai reaktan untuk memproduksi asam asetat, formaldehida, dan metil terbutil eter (MTBE).
  13. Kalium: bahan kimia lain yang banyak digunakan sebagai pupuk di lahan pertanian termasuk kalium.
  14. Titanium Dioxide: digunakan dalam cat, makanan dan produk farmasi. Ini adalah produk kimia berwarna putih.

Rumus Kimia Industri

Dalam arti reaksi kimia, bahan sebelum terjadinya reaksi dinamakan “reaktan” dan hasil dari reaksi tersebut dinamakan “produk”. Proses reaksi kimia yang memisahkan sebelum dan sesudah proses menggunakan simbol panah, misalnya:

Rumus Penghitungan Kimia Industri
Rumus Kimia Industri

Pada persamaan tersebut, terjadi perubahan “identitas-kimia” dari reaktan cumene menjadi produk benzene dan propylene.

Tujuan Kimia Industri

Filosofi yang mendasari adanya studi kimia industri yaitu kimia adalah indeks perkembangan industri. Langkah raksasa yang dibuat oleh manusia dalam pemahaman dan eksploitasi alam, sintesis bahan-bahan baru yang penting untuk peningkatan kualitas hidup, dan lonjakan dan keberlangsungan kemajuan ekonomi dan teknologi telah sangat diuntungkan dari kimia.

Hal ini sangat penting dalam sains dan teknologi modern dan penting untuk kemajuan materi dunia. Produk-produk kimia digunakan dalam berbagai bentuk dalam hampir setiap industri sebelum akhirnya muncul sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Program akademik dalam kimia dirancang untuk memberikan pelatihan dalam teori dan praktik semua cabang kimia dan untuk merangsang pemikiran dan penelitian kreatif. Mereka menekankan pentingnya landasan menyeluruh dalam kimia eksperimental dan kebutuhan untuk mengekspos siswa untuk aspek operasional industri kimia dan alat analitik modern.

Secara spesifik tujuan kimia industri yaitu untuk memberikan pengetahuan yang luas tentang kimia teori dan praktis modern dengan beberapa penekanan pada bidang kimia terapan berikut; Kimia Polimer dan Minyak Bumi, Kimia Makromolekul, Kimia Tekstil dan Pewarna, Kimia Makanan, Kayu, Kertas dan Pulp.

Contoh Produk Kimia Industri

Industri kimia bukan satu-satunya industri yang bertanggung jawab atas pemanasan global. Sebaliknya, industri kimia memproduksi banyak produk yang membuat kehidupan sehari-hari kita lebih mudah. Karena persaingan meningkat pesat, inovasi untuk menemukan produk dan layanan baru sangat penting bagi industri kimia untuk memuaskan konsumen yang menuntut dan sadar lingkungan.

Berkat industri kimia, bahan baku dapat dikonversi menjadi hampir semua produk yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, industri kimia telah menyentuh semua bidang kehidupan kita. Ini termasuk makanan, dekorasi, pertanian, kebersihan, mobilitas, dan lain-lain.

  1. Plastik dan Polimer

Tidak banyak orang tahu bahwa lebih dari 80% industri kimia berfokus pada pembuatan plastik dan polimer. Produk-produk ini tidak hanya berguna untuk pengemasan tetapi juga digunakan di banyak produk lainnya. Misalnya, pakaian, elektronik, dekorasi rumah, furnitur, dan kabel.

  1. Pestisida dan Pupuk

Produk paling penting yang diproduksi oleh industri kimia adalah pupuk dan pestisida. Ini sangat membantu dalam pembangunan dan pertanian. Industri kimia memiliki peran penting untuk dimainkan bagi pengembangan yang lebih hijau di dunia. Berkat pestisida dan pupuk, hasil panen ditingkatkan dan dilindungi dari serangan hama.

  1. Produk dan Peralatan Mandi Pribadi

Industri kimia membantu dalam memproduksi perlengkapan macam-macam bahan kimia rumah tangga seperti peralatan mandi dan barang-barang pribadi seperti parfum, aroma, deodoran, kosmetik, dan sabun. Produk-produk ini adalah barang kebutuhan pokok yang tidak akan pernah kita kompromikan. Deterjen, penolak nyamuk, dan bahan pembersih lainnya juga diproduksi menggunakan produk dari industri kimia.

  1. Makanan

Industri kimia memiliki peran penting dalam industri makanan. Ini karena bahan kimia banyak digunakan dalam makanan sebagai pengawet, perasa, dan penambah rasa. Ini membantu dalam meningkatkan umur simpan makanan dan membantu membuatnya dimakan.

Selain itu, bahan pengawet tidak hanya berguna dalam menjaga kualitas makanan tetapi membantu membuatnya mudah untuk mengekspor makanan di seluruh dunia. Ini memungkinkan kita untuk menikmati makanan kaleng, buah-buahan yang ditanam di daerah tertentu, dan makanan siap saji.

  1. Membantu dalam Penelitian Lanjutan

Ada banyak proyek penelitian lanjutan yang sedang dikerjakan dalam kimia industri ini. Misalnya, produksi organ manusia buatan, mutasi, bio-engineering, dan re-engineering genetika. Semua penemuan ini hanya mungkin karena produk dari industri kimia dan biokimia.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapat dikatakan bahwa dalam kimia industri akan senantisa meningkatkan kenyamanan, pengetahuan, kedokteran, dan kesejahteraan. Sehingga nampak tidaklah salah jika terdapat penelitian dan pengembangan dalam industri kimia menjadi bagian penting untuk mengamankan dan mengembangkan standar sosial kehidupan masyarakat dalam keseharian

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian kimia industri menurut para ahli, jenis, rumus penghitungan, tujuan, dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *