Manfaat Tembaga
Manfaat Tembaga

Manfaat Tembaga dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Manfaat Tembaga

Salah satu jenis unsur kimia yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah tembaga. Dimana tembaga tanpa disadari memiliki manfaat pada bidang industri, tulang, penambagan, dan bahkan terdapat beberapa bahan makanan yang kita konsumsi mengandung tembaga dan berperan penting bagi tubuh.

Beberapa contoh makanan yang mudah ditemukan dalam keseharian dan mengandung tembaga diantaranya tiram, kacang-kacangan, gandum utuh, bubuk cokelat, dan kentang. Untuk memenuhi kebutuhan tembaga di dalam tubuh, kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung tembaga dalam kadar yang cukup, karena tembaga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Tembaga

Tembaga adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Mineral ini dapat diperoleh dari berbagai makanan maupun suplemen. Di dalam tubuh, zat tembaga ditemukan hampir di semua jaringan tubuh dan berperan dalam sel darah merah, serta memelihara sel saraf dan sistem kekebalan pada tubuh.

Manfaat Tembaga

Adapun untuk beberapa manfaat tembaga bagi kehidupan manusia. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Memproduksi Kolagen

Zat tembaga penting dalam mendukung produksi kolagen di dalam tubuh, selain kolagen tembaga juga memproduksi elastin yang berperan bagi kesehatan jaringan tubuh. Tanpa adanya zat tembaga, tubuh akan sulit bahkan tidak dapat memperbaiki jaringan yang rusak. Kekurangan kolagen dalam tubuh dapat menyebabkan kesalahan fungsi persendian.

  1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat lain dari tembaga di dalam tubuh kita yaitu mampu mencegah penyakit pada tulang yaitu osteoporosis. Hal ini terbukti pada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa perempuan dengan rentang usia 45 hingga 55 tahun yang rutin mengonsumsi suplemen tembbaga menunjukkan tingkat kestabilan pada kepadatan mineral di dalam tubuhnya.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Pemeliharaan kesehatan jantung dilakukan oleh banyak faktor, salah satunya kadar tembaga. Tembaga dapat membantu memelihara kolesterol agar tetap rendah, dan mencegah hipertensi serta aritmia. Mengonsumsi tembaga setiap harinya mampu mencegah penyakit berbahaya khususnya pada jantung, dan menjaga jantung selalu sehat.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kelainan pada manusia yang kekurangan zat tembaga disebut dengan neutropenia. Kondisi ini menyebabkan sel darah putih atau neutrofil jumlahnya tidak normal. Padahal di dalam tubuh sel darah putih adalah gara utama dalam melawan infeksi, sehingga asupan zat tembaga yang cukup mampu memelihara kekebalan tubuh dengan baik.

  1. Memiliki Antioksidan

Tembaga sebagai mineral fungsinya mirip dengan molekul antioksidan, tembaga juga berperan penting dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh. Manfaat lainnya yang membantu peran antioksidan adalah memproduksi sel darah merah, menyerap zat besi, dan mengatur detak jantung.

Contoh Benda yang Terbuat dari Tembaga

Selain menjadi campuran dalam makanan. Setidaknya terdapat beberapa benda yang terbuat dari tembaga. Diantaranya;

  1. Industri
Tembaga Untuk Industri
Industri

Manfaat tembaga untuk industri yang mudah ditemukan misalnya saja banyak dimanfaatkan dalam komponen pembuatan patung, guci, dan berbagai jenis hiasan dinding yang memiliki nilai seni tinggi. Prihal banyak barang-barang yang mudah ditemukan, khususnya untuk perumahan-perumahan yang ada di perkotaan.

  1. Keseharian
Tembaga Untuk Manusia
Keseharian

Dalam kehidupan sehari-hari, keberfungsian tembaga dapat kita lihat pada Lampu. Dimana Lampu dasar komponen yang terbuat terdapat campupuran tembaga, alasannya karena dapat mencegah aliran kuat pada listrik, sehingga sampai saat ini kebradaan tembaga tidak bisa di gantikan.

Demikinalah artikel yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat tembaga bagi kehidupan manusia beserta dengan contoh penggunaan tembaga dalam benda. Semoga memberikan wawasan untuk kalian yang sedang membutukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *