Energi Panas Adalah
Energi Panas

Pengertian Energi Panas, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Energi Panas Adalah

Diakui atau tidak sebagai besar masyarakat merujuk kata ‘panas‘ untuk segala sesuatu yang terasa hangat. Akan tetapi yang perlu dipahami bahwa secara ilmiah panas diartikan sebagai aliran energi dari benda yang hangat ke benda yang lebih dingin. Dimana klasifikasi panas dan dingin didasarakan atas proses perpindahannya.

Disisi lain, perlu diketahui pula bahwa energi panas ada di sekitar kehidupan yang dijalankan seperti energi panas dari sinar matahari, energi panas di gunung es, gunung berapi, bahkan tubuh kita sendiri juga mengandung energi panas. Oleh karena itulah dengan kata lain, setiap materi memiliki energi panas.

Energi Panas

Panas yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah heat merupakan energi termal yang ditransfer dari satu benda ke benda lain sebagai akibat dari perbedaan suhu. Jika dua benda pada suhu yang berbeda disatukan atau energi ditransfer yaitu panas mengalir dari benda yang lebih panas ke yang lebih dingin, maka rangkaian efek dari transfer energi ini biasanya, tetapi tidak selalu, artinya peningkatan suhu tubuh yang lebih dingin dan penurunan suhu tubuh yang lebih panas.

Pengertian Energi Panas

Energi panas adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda sebagai akibat sistem pergerakan dalam arti partikel di tubuh yang senantisa dasarnya mengacu pada kemampuan untuk melakukan usaha sebagai akibat dari pergerakan partikelnya.

Pengertian Energi Panas Menurut Para Ahli

Adapun definisi energi panas menurut para ahli, antara lain:

  1. Science Learning Hub, Energi panas adalah hasil pergerakan partikel-partikel kecil yang disebut atom, molekul, atau ion dalam benda padat, cairan, dan gas. Energi panas dapat ditransfer dari satu objek ke objek lainnya. Perpindahan atau aliran karena perbedaan suhu antara kedua benda disebut panas.

Jenis Energi Panas

Berikut ini penjelasan terkait macam-macam jenis perpindahan energi panas, yaitu:

  1. Konduksi

Konduksi mentransfer panas melalui satu objek ke objek lain saat bersentuhan langsung. Molekul perjalanan dari benda hangat dapat meningkatkan energi molekul dalam benda yang lebih dingin.

Konduksi merupakan jenis utama perpindahan panas dalam zat padat dan cairan kental (yang partikelnya berdekatan) karena dapat menghantarkan panas yang lebih baik daripada gas dan cairan yang encer. Contoh konduksi pada benda padat misalnya ketika kita memanaskan sebongkah ikatan logam, tidak ada atom dalam logam yang bergerak, tetapi panas bergerak ke seluruh logam.

  1. Konveksi

Konveksi berbeda dari konduksi karena partikel-partikel sistem tidak lagi tetap pada tempatnya. Partikel dengan suhu yang lebih tinggi dapat bergerak di dalam sistem dan mentransfer energi. Perpindahan panas yang satu ini adalah jenis perpindahan utama dalam cairan dan gas dengan viskositas rendah.

Jika kita berpikir untuk mengaduk secangkir kopi, kita menyebabkan bagian cairan yang lebih hangat bergerak dan bercampur dengan bagian yang lebih dingin. Karena molekul kopi dapat bergerak di dalam cangkir, transfer energi ini bersifat konveksi.

  1. Radiasi

Metode perpindahan atau transfer energi panas ketiga adalah radiasi. Radiasi berbeda dari konduksi dan konveksi karena energi tidak ditransfer melalui materi. Sebaliknya, itu ditransfer melalui gelombang elektromagnetik. Secara khusus, energi panas ditransfer melalui cahaya inframerah. Suatu benda mengeluarkan energi dalam bentuk sinar infra merah dan energi itu memancar ke segala arah.

Kapanpun kita menggunakan selimut untuk tetap hangat, kita menyimpan panas yang dipancarkan tubuh kita di area kecil, sehingga tubuh kita bisa menyerapnya kembali agar tetap hangat.

Manfaat Energi Panas

Kegunaan energi panas, antara lain;

  1. Energi panas matahari digunakan untuk meningkatkan energi internal suatu elemen melalui radiasi matahari. Kemudian diangkut melalui cairan ke tempat yang dibutuhkan
  2. Pengumpul tenaga surya juga digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan energi panas matahari, yang kemudian digunakan untuk memanaskan air untuk keperluan rumah tangga
  3. Panel fotovoltaik mengumpulkan energi matahari, digunakan untuk mengumpulkan energi panas matahari dan mengubahnya menjadi arus searah yang dapat digunakan sebagai tenaga listrik AC
  4. Energi panas matahari juga dapat dikumpulkan di pembangkit listrik termoelektrik dan digunakan untuk memanaskan air dan menghasilkan uap yang kemudian diarahkan ke satu sumber untuk mengoperasikan turbin yang menghasilkan energi listrik
  5. Tenaga panas matahari juga digunakan untuk memanaskan kolam luar dan dalam ruangan, terutama selama musim dingin

Contoh Energi Panas

Berikut ini beberapa contoh umum energi panas dalam kehidupan sehari-hari kita, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Contoh energi panas terbesar di tata surya kita adalah matahari itu sendiri. Matahari memancarkan panas untuk menghangatkan kita di planet bumi.
  2. Saat kompor dinyalakan, itu adalah sumber energi panas. Apa pun yang diletakkan di atas kompor dan dipanasakan, baik sepanci teh atau wajan untuk menggoreng telur, itu akan mendidih atau matang karena adanya energi panas dari kompor.
  3. Pemanggang roti dinyalakan dan mengubah sepotong roti menjadi sepotong roti panggang. Hal ini disebabkan radiasi energi panas dari roti panggang, yang menarik kelembapan dari roti dan membuatnya lebih renyah untuk dimakan.
  4. Secangkir coklat panas yang mengepul mengandung energi panas.
  5. Setiap kebakaran, dari api terkecil, perapian, hingga kebakaran hutan terbesar yang pernah ada, mengandung energi panas – bahkan dengan kebakaran terkecil sekalipun berpotensi menghasilkan energi panas dalam jumlah besar yang terlihat dalam kobaran api besar.
  6. Ketika es dimasukkan ke dalam segelas air, energi panas dari air pada akhirnya mencairkan es, artinya air itu sendiri merupakan sumber energi panas.
  7. Radiator atau sistem pemanas di rumah memberikan pancaran energi panas untuk menghangatkan rumah selama bulan-bulan musim dingin yang panjang dan dingin.
  8. Oven konvensional merupakan sumber energi panas konveksi, menyebabkan makanan yang diletakkan di dalamnya menjadi panas dan matang.
  9. Energi panas bumi adalah jenis energi panas yang dihasilkan dan disimpan di bawah permukaan bumi. Jenis energi ini digunakan untuk menghangatkan rumah dan bangunan.
  10. Sejumlah besar energi panas disimpan dalam sambaran petir, yang dapat menyambar dan menyalakan api atau menyebabkan pemadaman listrik.
  11. Saat komputer atau laptop dihidupkan, komponen di dalamnya menghasilkan energi panas, yang perlu didinginkan dengan kipas kecil yang dipasang di dalam mesin.
  12. Sebuah bak mandi berisi air panas mengandung energi panas yang cukup untuk menghangatkan tubuh yang dingin kembali ke tingkat yang nyaman di hari yang dingin.

Itulah tadi artikel yang bisa kami selesaikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian energi panas menurut para ahli, macam, manfaat, dan contoh penggunannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *