Jenis Benda dari Batu
Contoh Benda dari Batu

Benda yang Terbuat dari Batu dan Fungsinya

Diposting pada

Jenis Benda dari Batu

Batu-batuan adalah salah satu objek pengamatan bidang ilmu geologi dan juga seikit pembelajaran dalam ragam unsur kimia. Dalam kajiannya batu dikenal sebagai benda padat yang terbentuk secara alami dari mineral. Batu juga merupakan bahan penyusun bumi bagian luar. Oleh karena itulah berbagai jenis batu dibedakan menjadi tiga jenis yaitu batuan beku, batuan metamorf, dan batuan sedimen.

Akan tetapi yang pasti, dari berbagai bentuk batu tersebut kerapkali dimanfaatkan oleh manusia dalam membuat benda-benda untuk menjang segala aktivitasnya.

Batu

Batu dalam sebuah riset dikenal dengan petrologi yang pada umumnya batu-batuan dipergunakan sebagai pondasi suatu bangunan yang tingginya kurang dari 10 meter. Selain itu, kadangkala batuan juga dimanfaatkan dari segi estetik sebagai benda yang memperindah fasad bangunan yaitu dengan cara memberi warna atau terkstur yang unik.

Jenis Benda yang Terbuat dari Batu

Adapun untuk beberapa kegunaan batuan lainnya dapat dilihat pada benda-benda yang disebutkan berikut ini:

  1. Patung

Benda dari Batu Berupa Patung
Patung

Patung adalah salah satu benda yang terbuat dari batu, patung biasa digunakan sebagai hiasan ataupun simbol pada suatu daerah dan suatu tempat. Patung yang terbuat dari batu dibentuk dengan cara pahat dan beberapa teknik lainnya.

Patung dapat dibentuk sesuai keinginan dan kebutuhan, selain sebagai monumen patung juga memiliki nilai seni yang cukup tinggi.

  1. Kapak

Kapak adalah alat yang digunakan untuk memotong benda-benda yang cukup keras seperti kayu. Kapak yang berasal dari batu sudah digunakan sejak lama dan dibuat secara manual. Batu dapat dibentuk menjadi sesuatu yang tajam sehingga dapat berguna untuk memotong sesuatu.

  1. Tugu

Tugu juga merupakan benda yang terbuat dari batu. Tugu memiliki fungsi sebagai ikon suatu tempat atau penunjuk batasan wilayah antara tempat satu dan tempat lainnya. Tugu dibuat sedemikian rupa dengan bentuk yang disesuaikan karakteristik tempat dimana tugu tersebut berada.

  1. Meja Batu atau Dolmen

Meja yang terbuat dari batu atau dikenal juga sebagai dolmen merupakan peninggalan sejarah jaman purba. Saat ini meja yang terbuat dari bahan batu sudah jarang ditemukan, sebab sifatnya tidak terlalu fleksibel untuk dipindahkan. Namun pada zaman dahulu meja ini sangat berfungsi sebagai alat menyimpan sesuatu pada bagian atasnya.

  1. Batu Nisan

Batu nisan adalah batu yang biasanya terdapat pada kuburan seseorang. Batu ini menjadi pengingat letak serta informasi lain yang berkaitan dengan orang tersebut. Batu tersebut banyak digunakan karena sifatnya yang kuat serta tidak mudah lapuk.

  1. Candi

Candi dari batu
Candi

Di Indonesia candi banyak ditemukan di daerah Jawa dan Bali. Candi merupakan tempat peninggalan kerajaan terdahulu sebagai simbol suatu wilayah atau tempat-tempat peribadatan. Saat ini beberapa candi digunakan sebagai kawasan wisata yang juga masih dilindungi dan terus dilestarikan.

Salah satu candi yang terkenal di Indonesia adalah Candi Borobudur yang terletak di Kota Magelang. Candi Borobudur juga menjadi salah satu tempat yang dijuluki sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Candi-candi tersebut umumnya terbuat dari bahan batu.

  1. Cobek

Cobek adalah benda yang biasa digunakan di dapur untuk keperluan memasak. Bisa jadi di beberapa daerah cobek memiliki sebutan berbeda, akan tetapi umumnya benda ini mempunyai dua bagian. Bagian pertama adalah alas yang biasanya berbentuk lingkaran yang cekung, dan bagian lainnya yaitu alat yang digunakan untuk mengulek, menggerus, atau menghanluskan bahan-bahan makanan.

Cobek yang terbuat dari batu dengan kualitas bagus tidak akan mudah terkikis. Akan tetapi sebaliknya, batu yang berkualitas buruk akan membuat cobek mudah mengikis sedikit demi sedikit. Perbedaan anatara keduanya tidak hanya pada kualitas saja, melainkan juga harga yang ditawarkan lebih mahal cobek dengan batu yang bagus.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai jenis benda yang terbuat dari batu beserta dengan fungsinya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *