Manfaat Fraksi Minyak Bumi Bagi Kehidupan

Materi Kimia Ilmu Kimia

 

Fungsi Fraksi Minyak Bumi

Minyak bumi adalah cairan alami yang ditemukan di bawah permukaan bumi yang dapat disuling kemudian dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Minyak bumi adalah bahan bakar fosil, yang berarti ia telah diciptakan oleh penguraian bahan organik selama jutaan tahun. Itu terbentuk di batuan sedimen di bawah panas dan tekanan yang kuat.

Minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan kendaraan, unit pemanas, dan mesin dari segala jenis, serta dikonversi menjadi plastik dan bahan lainnya. Ketergantungan dunia pada minyak bumi, industri perminyakan memiliki pengaruh yang sangat besar dan kuat pada politik dunia dan ekonomi global. Bahkan hamper setiap aspek kehidupan sehari-hari manusia entah bagaimana dipengaruhi oleh penggunaan minyak bumi.

Minyak Bumi

Minyak bumi (petroleum) adalah cairan alami berwarna hitam kekuningan yang ditemukan dalam formasi geologi di bawah permukaan bumi. Itu umumnya disempurnakan menjadi berbagai jenis bahan bakar.

Komponen minyak bumi dipisahkan menggunakan teknik yang disebut destilasi fraksional, yaitu pemisahan campuran cair menjadi fraksi yang berbeda dalam titik didih dengan cara distilasi, biasanya menggunakan kolom fraksionasi.

Ini terdiri dari hidrokarbon yang terjadi secara alami dari berbagai berat molekul dan mungkin mengandung senyawa organik lain-lain. Nama minyak bumi mencakup minyak mentah yang belum diproses dan produk minyak bumi yang terdiri dari minyak mentah olahan.

Bahan bakar fosil, minyak bumi terbentuk ketika sejumlah besar organisme mati, sebagian besar zooplankton dan ganggang, terkubur di bawah batuan sedimen dan mengalami panas dan tekanan yang hebat.

Minyak bumi sebagian besar telah ditemukan oleh pengeboran minyak (mata air minyak alam jarang). Pengeboran dilakukan setelah studi geologi struktural (pada skala reservoir), analisis cekungan sedimen, dan karakterisasi reservoir (terutama dalam hal porositas dan permeabilitas struktur reservoir geologis) telah selesai.

Ini disuling dan dipisahkan, paling mudah dengan distilasi, menjadi berbagai produk konsumen, dari bensin (bensin) dan minyak tanah ke aspal dan reagen kimia yang digunakan untuk membuat plastik, pestisida dan obat-obatan. Minyak bumi digunakan dalam pembuatan berbagai macam bahan, dan diperkirakan bahwa dunia mengkonsumsi sekitar 95 juta barel setiap hari.

Penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar masih kontroversial karena dampaknya terhadap pemanasan global dan pengasaman laut. Berdasarkan pendapat dari Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa, penghentian bahan bakar fosil, termasuk minyak bumi, harus diselesaikan pada akhir abad ke-21 untuk menghindari “dampak yang parah, meresap, dan tidak bisa diubah bagi manusia dan ekosistem

Manfaat Fraksi Minyak Bumi

Berikut ini manfaat fraksi minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Bahan bakar kendaraan bermotor

Manfaat utama dari minyak bumi bisa kita temukan dalam bidang transportasi, yaitu untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Jenis minyak bumi yang digunakan dalam hal ini diantaranya yaitu bensin (gasoline) dan solar.

  1. Bensin merupakan fraksi hasil olahan minyak bumi yang paling besar dan paling banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bensin adalah senyawa olahan minyak bumi dengan struktur senyawa hidrokarbon alkana dengan jumlah rantai karbon sebanyak 6-9 karbon. Bensin mempunyai titik didih yang lebih tinggi dari fraksi sebelumnya yaitu 90-175, sehingga membutuhkan pemanasan pada suhu tersebut untuk memisahkan fraksi ini.
  2. Solar merupakan fraksi hasil olahan minyak bumi yang mempunyai titik didih 250-375, sehingga fraksi ini hanya dapat didapatkan dan dipisahkan dari minyak mentah melalui pemanasan pada suhu tersebut. Solar digunakan sebagai bahan bakar dalam industri dan bahan bakar mesin berjenis diesel.

Bahan untuk membuat pelumas (Oli)

Pelumas yang kita gunakan pada kendaraan bermotor kita ternyata merupakan salah satu hasil fraksi pengolahan minyak bumi. Pelumas mempunyai sifat yang licin. Bukan hanya digunakan untuk melumasi mesin kendaraan, pelumas juga banyak digunakan untuk melindungi komponen yang berasal dari logam saat terjadinya gesekan.

Pelumas bisa diperoleh melalui pemanasan minyak mentah dengan suhu 350-500 sehingga menguap dan akan dikondensasi menjadi pelumas.

Pemanfaatan dalam bidang pertanian 

Ketika kita berbicara tentang pertanian, kita berbicara tentang pupuk. Di sini, minyak bumi digunakan dalam produksi amonia yang berfungsi sebagai sumber nitrogen. Pestisida juga dibuat dari minyak. Secara keseluruhan, produk berbasis minyak bumi digunakan secara luas dalam pertanian karena membantu dalam menjalankan mesin pertanian dan menyuburkan tanaman.

Bahan baku dalam pembuatan produk deterjen, pewarna, dan lain-lain

Distilat minyak bumi yang meliputi toluena, benzena, xilena, antara lain digunakan untuk memperoleh bahan baku yang selanjutnya digunakan dalam produk-produk seperti deterjen sintetis, pewarna, dan kain. Benzene dan toluena yang memberikan poliuretan sering digunakan dalam minyak atau surfaktan, dan juga digunakan untuk pernis kayu.

Bahan baku dalam pembuatan plastik, cat dan lain-lain

Plastik sebagian besar terbuat dari petrokimia. Plastik berbasis minyak bumi seperti nilon atau Styrofoam dan lainnya terbuat dari elemen ini. Biasanya, plastik berasal dari olefin, yang meliputi etilena dan propilena. Petrokimia juga digunakan untuk menghasilkan cat berbasis minyak atau zat tambahan cat. Etilen petrokimia ditemukan dalam film fotografi.

Bahan baku dalam pembuatan produk farmasi dan kosmetik

Produk sampingan minyak bumi seperti minyak mineral dan petrolatum digunakan dalam banyak krim dan obat-obatan lainnya. Tar juga diproduksi dari minyak bumi. Kosmetik yang mengandung minyak, parfum adalah turunan minyak bumi.

Bahan baku dalam pembuatan karet

Petrokimia juga digunakan dalam pembuatan karet sintetis yang selanjutnya digunakan untuk membuat sol karet pada sepatu, ban mobil dan produk karet lainnya. Karet terutama merupakan produk butadiene.

Sumber pemanasan dan pencahayaan

Minyak yang lebih berat digunakan di pabrik pemanas sentral untuk toko, kantor, dan rumah. Minyak juga digunakan untuk menghasilkan listrik untuk keperluan industri dan rumah tangga. Sedangkan minyak yang lebih ringan seperti ‘minyak tanah’ masih digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Digunakan dalam pembuatan aspal 

Aspal merupakan material perekat (cementitious), yang berwarna hitam atau coklat tua, dengan unsur utama bitumen yang diperoleh dari residu hasil pengilangan minyak bumi berfungsi sebagai pengikat agregat dalam pembuatan jalan.

Aspal digunakan dalam konstruksi jalan sebab bersifat pekat (consistency), tahan terhadap pelapukan yang disebabkan oleh cuaca, derajat pengerasan dan ketahanan terhadap air.

Digunakan dalam pembuatan lilin 

Lilin adalah hasil pengolahan minyak bumi lainnya dimana struktur lilin mempunyai panjang rantai karbon alkana berjumlah lebih dari 20 atom karbon. Fraksi ini bisa diperoleh dari minyak mentah melalui pemanasan pada titik didihnya yaitu suhu diatas 350.

Suhu tersebut terbilang cukup tinggi sehingga memerlukan energi yang juga tinggi untuk memisahkan fraksi ini dari minyak mentah. Lilin memiliki banyak manfaat pada kehidupan manusia, seperti digunakan sebagai korek api, bahan dalam pembuatan batik, sebagai lilin, pelapis kertas untuk makanan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam manfaat fraksi minyak bumi bagi kehidupan manusia. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • Petroleum dari https://en.wikipedia.org/wiki/Petroleum
  • Petroleum dari https://www.nationalgeographic.org/encyclopedia/petroleum/
  • Petroleum dari https://www.investopedia.com/terms/p/petroleum.asp
  • Uses of Petroleum: 6 Main Uses of Petroleum – Discussed! dari http://www.yourarticlelibrary.com/essay/uses-of-petroleum-6-main-uses-of-petroleum-discussed/25416
  • Uses of Petroleum dari https://byjus.com/chemistry/uses-of-petroleum/
  • What is Petroleum? dari https://www.ektinteractive.com/what-is-petroleum/

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Manfaat Fraksi Minyak Bumi Bagi Kehidupan
Shares