Manfaat Marmer
Manfaat Marmer

Manfaat Marmer dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Manfaat Marmer

Marmer adalah salah satu jenis bebatuan yang menyusun lapisan bumi dan bisa di fungsikan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana bantuan marmer ini juga banyak dihasilkan berbagai wilayah di Indonesia, seperti di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Atas kebermanfaatan itulah marmer banyak ditemukan sebagai penghias rumah, misalnya pada bagian lantai, dinding, dan bahkan furniture rumah seperti kursi dan meja.

Marmer

Marmer adalah jenis batuan adalah batuan metamorf atau malihan. Batu marmer terbentuk dari proses metamorfosis batu gamping atau batu kapur. Oleh karena demikian marmer seringkali dijadikan sebagai penghias karena tampilannya yang menarik dan indah.

Disisi lainnya, batuan marmer memiliki corak dan pola tertentu, serta tersusun dari beragam warna kombinasi. Sebagai bahan penghias dan dekorasi, batuan marmer memiliki sifat tahan lama dan mudah dibentuk atau dipahat.

Manfaat Marmer

Beberapa diantaranya yaitu akan dijelaskan di bawah ini;

  1. Penghias Rumah

Batuan marmer berfungsi sebagai penghias rumah karena memiliki struktur yang indah serta dapat dibentuk menjadi pola-pola tertentu. Sebagai penghias rumah, batu marmer dapat dijadikan bahan utama konstruksi bangunan yang berada di paling luar, sehingga dekorasi rumah akan terlihat indah.

  1. Bahan Dasar Pembuatan Furniture

Saat ini banyak furniture yang dibuat dari bahan batuan marmer. Batuan ini dapat digunakan pada meja, jendela, kursi, perapian, guci, dan furniture rumah lainnya yang dibutuhkan oleh kita. Banyaknya marmer yang dipilih sebagai furniture rumah karena memiliki sifat yang lunak, sebab batuan marmer dapat tembus cahaya. Selain itu, marmer mampu menyerap cat, dan mudah dipahat sesuai kebutuhan.

  1. Bahan Pembuatan Batu Nisan

Batu marmer yang dikenal dengan tampilan indahnya juga dimanfaatkan menjadi pilihan pada pembuatan batu nisan. Selain indah, batu marmer juga tahan lama dan memilki ketahanan yang kuat terhadap hujan. Oleh karena itu batuan marmer tidak hanya visualisasinya yang indah akan tetapi memiliki nilai arsitik tersendiri.

  1. Bahan Dasar Pembersih Rumah

Ternyata tidak hanya untuk hiasan, batu marmer juga dapat menjadi bahan dasar pembersiih rumah. Batuan marmer tersusun dari kalsit, yaitu mineral dengan mosh tiga. Sehingga batuan ini dapat digunakan sebagai bahan pembuatan cairan pembersih pada kamar mandi ataupun dapur.

  1. Bahan Pupuk

Selain bahan alami dari kotoran hewan dan tumbuhan, marmer juga dapat dimanfaatkan menjadi pupuk penyubur tanaman. Ketika dipanaskan, batu marmer akan mebuang kandungan karbondioksida dan menyisakan kalsium oksida atau zat kapur.

Zat kapur pada marmer inilah yang beguna mengurangi keasaman pada tanah, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk.

  1. Bahan Pewarna

Marmer adalah batu yang mempunyai warna dasar yaitu putih, sering digunakan sebagai bahan pewarna yang dikenal dengan kapur sirih. Kapur ini berupa serbuk putih yang berguna sebagai pigmen, pengisis cat, kertas, dan produk lain yang membutuhkan warna.

  1. Penetral Asam

Kandungan kalsium karbonat pada batu marmer dapat menetralkan asam. Selain itu, batuan marmer yang mencapai kemurnian tinggi dan menjadi bubuk digunakan sebagai penetral asam. Umumnya fungsi batu marmer ini digunakan pada pengurangan asam tanah, asam pada kimia industri, asam sungai, bahkan asam pada tubuh manusia.

  1. Sumber Kalsium Tambahan

Batu marmer dapat bermanfaat sebagai sumber kalsium tambahan pada hewan ternak. Hewan-hewan tersebut membutuhkan banyak kalsium untuk memproduksi susu atau telur. Biasanya kalsium yang dibutuhkan dicampurkan ke makanan.

Batu marmer dengan teksturnya yang lembut bisa menjadi campuran pada makanan hewan ternak dan berguna menjadi penambah kalsium.

  1. Alat Terapi Penyembuhan Penyakit

Sifat dekongestan pada batu marmer sangat bermanfaat untuk meredakan penyakit tertentu pada manusia, seperti pembengkakan dan melancarkan aliran darah. Bahkan jika marmer dikombinasikan dengan batuan panas lain dapat mengurangi vasodilatasi dan penyempitan organ yang selanjutnya berguna menyebarkan nutrisi ke dalam tubuh.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan manfaat marmer yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan untuk semua kalangan yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *