10 Jenis Klem dan Fungsinya

Diposting pada

Jenis Klem dan Fungsinya

Pada dasarnya sebagai salah satu alat laboratorium kimia terdapat beragam jenis klem mulai dari Akan tetapi yang pasti adanya klem yang tersedia bersifat sementara, misalnya yang digunakan untuk memposisikan komponen sambil memperbaikinya, sedangkan yang lainnya bersifat permanen.

Untuk tahapan penggunaannya sebagai alat

Klem

Klem adalah peralatan serbaguna yang untuk menahan pekerjaan dengan aman di tempatnya untuk sementara waktu atau dilakukan dengan tujuan secara permanen. Klem ini sendiri dipergunakan untuk bermacam-macam aplikasi termasuk dalam pertukangan kayu, pembuatan furnitur, pengelasan, konstruksi, dan pengerjaan berbagai benda yang terbuat dari logam.

Jenis Klem

Adapun untuk jenis klem dan fungsinya. Antara lain;

  1. Klem Tangan (Alat)

Klem Tangan (Perkakas) adalah perkakas yang dioperasikan dengan tangan yang difungsikan untuk mengatur posisi dan menahan benda kerja selama perakitan atau selama proses pembuatan. Spesifikasi utama termasuk aplikasi yang dimaksudkan, tipe penjepit, dan jangkauan pegangan, bersama dengan fitur penjepit.

Klem tangan (perkakas) tersedia dalam berbagai gaya termasuk bar, draw, parallel, dan toggle, dan digunakan untuk berbagai aplikasi seperti penjilidan buku, pembingkaian gambar, atau pembuatan pintu, dan sebagai jig untuk sejumlah operasi manufaktur. Klem yang digunakan dengan peralatan gelas ukur laboratorium juga disertakan di sini.

  1. Klem Penanganan Material

Klem penanganan material adalah mekanisme penjepit yang digunakan untuk menahan material berat saat diangkat atau dimanipulasi. Spesifikasi utama mencakup aplikasi yang diinginkan, kapasitas muat, dan orientasi tindakan penjepitan.

Klem penanganan material digunakan terutama dalam aplikasi konstruksi untuk mengangkat atau memanipulasi beban besar. Pada umumnya, klem jenis ini digunakan pada derek untuk mengangkat beban seperti rel, girder, pipa, d an lain-lain. Selain itu, juga digunakan di pabrik dan pengecoran.

  1. Klem Selang (Penjepit Mekanis)

Klem selang adalah perangkat mekanis yang digunakan untuk menahan selang atau tabung di ujung- ujung pipa. Spesifikasi utama meliputi jenis penjepit, diameter, dan bahan. Klem selang digunakan dimanapun sambungan fluida fleksibel harus dibuat, misalnya, antara pompa air mesin mobil dan spud masuk radiator.

Klem selang dibuat dalam berbagai ukuran dan bahan, termasuk logam atau plastik, tergantung pada aplikasinya, dan dapat dirancang sebagai perangkat sekali pakai atau sebagai perangkat yang dapat digunakan kembali.

  1. Klem Pipa

Klem pipa adalah perangkat yang digunakan untuk menggantung atau mengamankan pipa. Spesifikasi utama mencakup aplikasi yang diinginkan, jenis penjepit, dan diameter pipa. Klem pipa digunakan terutama dalam perpipaan untuk menggantung berbagai jenis pipa.

Aplikasi klem pipa termasuk pada pipa knalpot, rel pelindung dan saluran, dan lain-lain. Ada banyak model dan ukuran yang tersedia serta bahan yang bervariasi tergantung dari jenis pipa yang digantung dan lingkungan.

  1. Klem Kabel

Klem kabel adalah perangkat mekanis yang digunakan untuk mengikat dan menahan bundel kabel atau kabel bersama.

Spesifikasi utama meliputi diameter kabel, diameter lubang pemasangan, dan material. Klem kabel digunakan terutama di bidang manufaktur untuk membantu merutekan kabel dan mengamankannya. Banyak bahan dan ukuran tersedia dengan berbagai penyangga untuk memastikan pemasangan bundel kabel yang tepat dan aman.

  1. Klem Tanah

Klem tanah adalah perangkat yang digunakan untuk mengamankan kabel pentanahan ke batang dan pipa pentanahan. Klem jenis ini digunakan untuk landasan umum antena, dan lain-lain, serta berguna pula untuk tugas-tugas khusus seperti pengelasan dan pengisian bahan bakar pesawat.

Spesifikasi utama mencakup aplikasi dan material yang dimaksudkan. Beberapa jenis tersedia tergantung pada konstruksi kabel arde, yaitu konduktor telanjang atau berpelindung.

  1. Klem-F (F-clamp)

Klem-F dirancang untuk kapasitas bukaan lebar. Klem jenis ini memiliki bilah geser yang memungkinkan kapasitas bukaan disesuaikan dengan mudah untuk memenuhi berbagai aplikasi, yang secara idel berfungsi diantaranya yaitu pengerjaan kayu, pengelasan, pengerjaan logam.

  1. Klem Paralel

Juga mirip dengan klem-F, klem paralel memungkinkan kapasitas bukaan yang besar. Ideal untuk pengerjaan kayu, rahang penjepit tetap sejajar di bawah beban yang meningkat untuk memberikan area distribusi yang luas dan mencegah meninggalkan lesung pipit pada kayu.

  1. Klem Aksi Cepat

Klem aksi cepat sangat populer saat ini. Klem jenis ini dapat dikencangkan menggunakan satu tangan dengan memompa pegangan dorong. Klem ini juga mirip dengan f-clamp karena kapasitas bukaan klemnya dapat bervariasi. Penggunaannya juga ideal dalam pengerjaan kayu, penguncian klem, dan lain-lain.

  1. Klem Pengunci

Klem pengunci adalah bisa dikatakan sebagai penjepit lain yang sangat popular, yang juga bisa digunakan secara cepat dan dengan satu tangan sehingga klem jenis ideal untuk pengelasan, pengerjaan logam, pengerjaan kayu, dan lain-lain.

Itulah tadi artikel yang bisa dituliskan pada pembaca berkaitan dengan macam klem dan kegunannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *