7 Contoh Produk Nanoteknologi dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Produk Nanoteknologi

Nanoteknologi menjadi salah satu bahasan penting yang akhir-akhir ini dibicarakan oleh para saintis di dunia. Hal ini lantaran terdapat rekayasa dalam penciptakaan produk yang dianggap lebih efesien terhadap pemanfaatkan sumber daya alam.

Atas dasar itulah setidaknya dalam produk nanoteknologi dapat dengan mudah dilihat, contoh khususnya pada bidang pertanian, kesehatan, ataupun farmasi.

Nanoteknologi

Nanoteknologi adalah serangkaian rekayasa dalam pembuatan material dari berbagai jenis ikatan kimia yang secara fungsional terdapat dalam skala nanometer, sehingga atas dasar ini setidaknya kajian terhadap nanoteknologi memanfaatkan partikel dengan ukuran kecil.

Contoh Nanoteknologi

Adapun untuk berbagai contoh penerapan nanoteknologi dalam berbagai produk yang dihasilkan dari pemanfaatkan nanoteknologi. Antara lain;

  1. Elektronika

Pemanfatan nanoteknologi dalam elektronika bisa dipalikasikan dalam proses perakitan berbasis secara bottom up. Artinya produk ini memiliki ukuran chips yang 3 sampai 4 kali lebih kecil dengan daya dengan 2 sampai 3 kali
lebih besar.

  1. Militer

Aplikasi produk nanoteknologi dalam bidang militer pada saat ini juga sudah diterapkan. Tentusaja kondisi seperti ini bisa dilihat pada angkata Militer Amerika Serikat yang sudah mampu menciptakan pesawat terbang dengan tanpa awak.

  1. Mobil

Pada bidang industri mobil pemanfaatan produk nanoteknologi juga bisa dilihat. Misalnya saja saja pada pelapisan mobil yang menggunakan parikel nanoteknologi dianggap mampu mengkilatkan mobil serta tahan terhadap adanya goresan.

  1. Tekstil

Pemanfaatkan lainnya dari nanoteknologi ialah adanya produk-produk tekstil yang pada saat ini sudah memanfaatkan nanoteknologi. Hal ini dengan alasan bahan kain yang tersedia dapat dilapisi dengan serat polyester yang didalamnya mengandung filamentfilamen nanosilikon.

Dimana, untuk lapisan filament nanosilikon memiliki sifat hidrofobik yang akibatnya kain mampu mencegah air untuk membasahinya.

  1. Kesehatan

Dalam bidang kesehatan pemanfaatkan nanoteknologi dapat dilihat untuk pembuatan kaca mata. Kaca mata yang dibuat dari partikel nanoteknologi mamiliki kelebihan dengan anti refleksi terhadap cahaya matahari maupun
sinar infra merah.

  1. Industri Pembuatan Anti Gores dalam Smartphone

Anti gores yang dipergunakan dalam smartphone atau tablet dan seringkali kita butuhkan ketika membeli henphone merupakan produk nanoteknologi, dimana untuk cara membuatnya dibutuhkan lapisan tipis nanopartikel yang membentuk permukaan yang lebih kuat dan tahan terhadap goresan-goresan ringan.

  1. Nanopartikel yang Diprgunakan dalam Bidang Pangan

Nanopartikel anti mikroba bisa dikatakan sebagai bagian dari nanoteknologi yang dipergunakan untuk menciptakan partikel yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada makanan dan memperpanjang umur simpan. Selain itu adanya paket pangan pintar juga sebagai penggunaan nanoteknologi dalam pengemasan makanan membantu memantau kondisi dan keamanan produk dalam waktu nyata.

Jenis Nanoteknologi

Adapun untuk jenis nanomaterial yang menjadi partikel dari nanoteknologi. Antara lain;

  1. Nanomaterial alami, seperti namanya, adalah material yang terjadi secara alami di dunia. Ini termasuk partikel yang membentuk abu vulkanik, asap, dan bahkan beberapa molekul di tubuh kita, seperti hemoglobin dalam darah kita. Warna cemerlang bulu merak adalah hasil jarak antara struktur berskala nanometer di permukaannya.
  2. Nanomaterial buatan manusia, adalah material yang terjadi dari objek atau proses yang dibuat oleh manusia. Contohnya termasuk knalpot dari mesin pembakaran bahan bakar fosil dan beberapa bentuk polusi. Tetapi sementara beberapa di antaranya kebetulan merupakan bahan nano, knalpot kendaraan, misalnya, tidak dikembangkan sebagai satu kesatuan.

Para ilmuwan dan insinyur bekerja untuk membuat nanomaterial untuk digunakan dalam industri mulai dari manufaktur hingga obat-obatan. Ini disebut nanomaterial yang diproduksi secara sengaja.

Ciri Produk Nanoteknologi

Adapun untuk karaketristik dalam nanoteknologi. Antara lain;

  1. Nanoteknologi Sangat Kecil

Ketika sesuatu berada di skala nano, itu mengukur antara 1 sampai dengan 100 nanometer (nm) setidaknya di salah satu dimensinya. Ketika benda-benda sekecil ini, tentunya akan terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang, atau bahkan dengan mikroskop cahaya biasa. Para ilmuwan harus mengembangkan alat khusus, seperti scanning probe microscopes (mikroskop probe) untuk melihat bahan yang berada pada skala ukuran nanometer.

Beberapa bahan selalu berada pada molekul air atau atom silikon seperti skala nano. Namun, baru-baru ini para ilmuwan telah dapat menggunakan alat dan proses baru untuk mensintesis dan memanipulasi bahan yang umum pada skala makro untuk ukuran ini, seperti partikel TiO2 (titanium dioksida).

  1. Pada skala nano, materi mungkin berbeda dan tak terduga

Pada skala nano, banyak materi yang menunjukkan sifat yang tidak biasa, seperti resistansi yang sangat rendah terhadap listrik, titik leleh yang lebih rendah, atau reaksi kimia yang lebih cepat. Misalnya, pada skala makro, emas (Au) mengilap dan kuning. Namun, ketika partikel emas berukuran 25 nm, itu tampak merah.

Partikel yang lebih kecil berinteraksi secara berbeda dengan cahaya, sehingga partikel emas muncul dengan warna yang berbeda. Bergantung pada ukuran dan bentuk partikelnya, emas bisa tampak merah, kuning atau biru.

Contoh lain dari nanopartikel yang tampak berbeda dari bahan skala makro yang sesuai ditemukan di tabir surya. Titanium Dioxide (TiO2) telah digunakan di tabir surya dan tabir surya untuk waktu yang lama. Ini adalah salah satu bahan yang membuat krim tampak berwarna putih. Produsen sekarang menggunakan partikel nano untuk membuat krim dan gel yang bening karena nanopartikel TiO2 tampak transparan.

Properti lain juga dapat berubah ketika material berada pada skala nano. Misalnya, aluminium (Al) adalah logam lentur mengkilap yang digunakan untuk membuat kaleng soda. Pada skala nano, partikel aluminium sangat reaktif dan akan meledak. Partikel nano lebih reaktif karena memiliki luas permukaan yang lebih banyak daripada partikel skala makro.

Informasi keselamatan nanoteknologi

Dari beberapa aplikasi nanoteknologi, dalam profesional kesehatan, keselamatan, dan lingkungan di bidang nanoteknologi bekerja untuk memastikan pengembangan yang bertanggung jawab. Ini melibatkan evaluasi dan komunikasi dampak potensial terhadap kesehatan manusia dan lingkungan melalui semua tahapan siklus hidup produk, termasuk produksi, distribusi, penggunaan, dan pembuangan atau daur ulang.

Setiap bahaya yang diketahui atau diantisipasi dari bahan nano dilaporkan pada Lembar Data Keselamatan dan label produk, bersama dengan tindakan pencegahan yang disarankan untuk menghindari paparan berlebih dan tindakan pertolongan pertama jika terjadi paparan berlebih yang tidak disengaja.

Sejumlah studi yang dilakukan selama beberapa dekade menunjukkan bahwa, sebagai sebuah kelas, material nano tidak lebih dan tidak kurang berbahaya dibandingkan kelas material lainnya. Dalam beberapa penelitian, nanomaterial tertentu telah terbukti lebih berbahaya daripada bahan berukuran lebih besar terkait tetapi tidak ada bukti bahaya ‘nano-spesifik’ yang unik.

Beberapa penelitian yang diterbitkan baru-baru ini menunjukkan bahwa nanopartikel tidak diserap melalui kulit sampai batas tertentu. Penelitian lain menunjukkan bahwa nanomaterial yang ditambahkan ke artikel padat (film, plastik, dan lain-lain) tidak dilepaskan dalam jumlah yang signifikan sebagai nanopartikel bebas dalam kondisi penggunaan normal.

Untuk pekerja, tindakan pencegahan standar seperti menyediakan ventilasi yang memadai dan menggunakan respirator yang sesuai telah terbukti efektif untuk mengendalikan paparan bahan nano di udara.

Oleh karena itulah memanfaatkan perilaku baru ini, para peneliti di berbagai disiplin ilmu berharap dapat menciptakan banyak hal baru mulai dari produk sehari-hari seperti kaus kaki antimikroba dan raket tenis yang lebih ringan hingga sel surya canggih, komputer yang lebih cepat dan lebih kecil, atau perawatan medis yang secara selektif mengobati penyakit. Banyak ilmuwan dan insinyur berpikir bahwa kemungkinannya tidak terbatas.

Itulah tadi beragam contoh aplikasi produk nanoteknologi yang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari beserta dengan ciri dan kajiannya dalam bidang kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *