Contoh Benda dari Perunggu
Contoh Benda dari Perunggu

Benda yang Terbuat dari Perunggu dan Fungsinya

Diposting pada

Contoh Benda dari Perunggu

Klasifikasi berbagai jenis benda yang ada di sekitar kita saat ini terdiri dari berbagai macam dan terbuat dari berbagai macam bahan. Yang setidaknya salah satu bahan dipergunakan dalam proses pembuatan suatu benda yang sudah digunakan sejak zaman dahulu yaitu perunggu.

Dimana manusia kerapkali memanfaatkan apa yang ada di alam dengan pengolahan yang sederhana., seperti mempergunakan perunggu Tidak seperti saat ini banyak benda dari besi yang mudah dibuat bahkan dalam jumlah banyak di dalam pabrik-pabrik. Walaupun demikian, perunggu masih difungsikan untuk beberapa keperluan yang memang tidak dapat digantikan oleh bahan lain, karena perunggu memiliki karakteristik unggulnya sendiri.

Perunggu

Perunggu adalah jenis ikatan logam yang paling dikenal oleh manusia. Dimana perunggu memiliki warna yang indah yaitu seperti emas, sehingga sering digunakan sebagai kebutuhan seni dan kebutuhan lainnya. Disisi lainnya perunggu tersusun atas komposisi berbagai jenis unsur kimia yaitu paduan tembaga, timah, dan kuningan.

Bahkan, beberapa perunggu lainnya juga mengandung unsur-unsur seperti alumunium, mangan, fosfor, silikon, arsen, nikel, dan seng.

Jenis Benda dari Perunggu

Adapun dalam sejarahnya, perunggu dikenal sejak zaman perunggu sekitar ke-4 SM. Pada zaman tersebut, perunggu banyak digunakan sebagai senjata, material bangunan, dan lain-lain. Beberapa contoh dan fungsi dari perunggu yang dimanfaatkan oleh manusia antara lain yaitu;

  1. Alat Musik

Perunggu banyak digunakan pada alat musik, di Indonesia beberapa alat musik daerah terbuat dari perunggu. Misalnya yaitu kolintang yang berasal dari Indonesia bagian timur. Alat musik ini mirip dengan beberapa daerah lainnya seperti Jawa dan Bali. Kolintang adalah jenis alat musik perkusi yang terbuat dari kayu dan juga perunggu.

  1. Koin

Benda Koin dari Perunggu
Koin

Sejak dahulu perunggu sudah digunakan dalam pembuatan, mungkin yang kita kenal sebagian besar koin terbuat dari tembaga. Padahal sebenarnya merupakan perunggu yang terbuat dari paduan tembaga dengan timah dan seng. Koin yang terbuat dari tembaga berwarna emas.

  1. Patung

patung dari perunggu
Patung

Pada zaman kuno, perunggu digunakan untuk membuat patung. Seorang Raja di Sennacherib mengklaim menjadi orang pertama yang membangun patung perunggu besar dengan menggunakan cetakan dua bagian. Dalam seni Yunani Kuno, patung perunggu dianggap sebagai bentuk yang paling tinggi, namun saat ini hanya tersisa sedikit karena perunggu menjadi bahan yang berharga.

  1. Baling-baling Kapal

Baling-baling kapal adalah benda yang terbuat dari berbagai macam paduan, salah satunya adalah perunggu. Bahan baling-baling yang berasal dari perunggu cukup banyak digunakan, sebab memiliki sifat yang kuat serta tahan terhadap korosi.

Baling-baling pada kapal merupakan bagian yang digerakkan oleh mesin, bagian ini sangat penting untuk mendapatkan gaya dorong bagi laju kapal, sehingga kapal dapat bergerak.

  1. Senjata

Benda lainnya yang terbuat dari perunggu adalah senjata. Berbagai senjata banyak dibuat dari perunggu, misalnya pedang, panah, peluru tembakan, dan lain-lain. Sebagai bahan pembuat senjata,  perunggu sudah digunakan sejak lama dan berfungsi sebagai alat perlindungan ketika perang, alat berburu, serta kegunaan lainnya.

  1. Bejana

Bejana atau wadah adalah salah satu benda warisan zaman dahulu khususnya yang terbuat dari perunggu. Umumnya bejana perunggu digunakan sebagai tempan untuk menyimpan makanan. Wadah ini terdiri dari berbagai macam bentuk yang berbeda, namun fungsinya tetap sama.

  1. Piala/Medali

Piala atau medali adalah dua benda yang harus selalu ada pada setiap kompetisi. Baik piala atau perunggu ada yang terbuat dari bahan perunggu, keduanya berfungsi sebagai hadiah pada perlombaan tertentu. Perbedaan piala dengan medali yaitu, piala adalah benda yang dapat dipajang, sementara medali biasanya dikalungkan pada pemenang.

Sifat Benda dari Perunggu

Adapun untuk beberapa sifat yang dimiliki oleh perunggu diantaranya adalah;

  1. Sangat ulet, sifatnya ini ditunjukkan dengan daya tahan gesekan yang rendah jika bersinggungan dengan logam lain
  2. Perunggu dengan paduan berbeda menampilkan sifat unik yang berfungsi memperluas jumlah kecil saat proses pemadatan cairan
  3. Perunggu bersifat rapuh, karena saat terpapar udara perunggu akan mengalami reaksi oksidasi pada lapisan luar. Lapisan yang merupakan tembaga oksida tersebut akan berubah menjadi tembaga karbonat
  4. Perunggu yang permukaannya keras tidak menimbulkan percikan api. Hal ini menjadikan perunggu dimanfaatkan sebagai logam keras apabila di sekitar bahan kimia akan mudah terbakar
Jawaban

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa hakekatnya perunggu memiliki karakteristik fisik yang hampir sama dengan emas, akan tetapi perunggu lebih mudah rapuh walaupun teksturnya keras. Namun, sifat perunggu tersebut bergantung pada komposisi spesifik dari paduan yang digunakan dan cara pemrosesannya.

Nah, demikinalah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai jenis benda yang terbuat dari perunggu dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *