Contoh Benda Gas di Rumah
Contoh Benda Gas di Rumah

Jenis Benda Gas yang Ada di Rumah dan Fungsinya

Diposting pada

Contoh Benda Gas di Rumah

Gas merupakan salah satu jenis unsur kimia selain tiga lainnya yaitu padat, cair, dan plasma. Gas yang murni tersusun atas berbagai macam partikel atom, yang bisa juga tersusun atas satu jenis atom atau molekul senyawa (terdiri dari banyak atom).

Campuran dari banyak gas umumnya mengandung beragam gas murni yang kita tahu sebagai udara salah satu contohnya. Antara wujud gas dengan wujud lainnya dibedakan berdasarkan pemisahan partikel pada gas yang sangat besar. Atas dasar demikinalah wujud benda gas ini memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing dalam kehidupan.

Gas

Gas adalah wujud benda yang memiliki sifat zat ringan dan tidak berbentuk. Zat gas mampu mengisi ruang walaupun tidak terlihat. Hal ini disebabkan karena gas tidak memiliki ukuran yang pasti, berbeda dengan benda yang berwujud cair dan padat. Selain itu, benda-benda gas tersusun atas molekul yang renggang, susunannya memungkinkan benda gas bergerak ke segala arah.

Meski demikian, dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di rumah kita dapat menemukan beberapa jenis benda yang berwujud gas yang tanpa disadari fungsinya sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Jenis Benda Gas

Berikut ini akan dijelaskan beberapa macam benda yang memiliki wujud gas, beserta fungsinya dalam kehidupan manusia khususnya di rumah. Antara lain;

  1. Uap Air

Benda gas pertama adalah uap air, uap merupakan benda gas yang dihasilkan dari proses pemanasan. Dengan demikian, uap air adalah hasil dari proses pemanasan air dalam suhu tertentu. Di rumah, ketika hendak memasak air untuk membuat minuman atau untuk keperluan lainnya, ketika air sudah hampir masak maka akan muncul uap air yang menyerupai asap.

Uap air ini besifat panas, karena dihasilkan dari proses pemanasan. Pada titik tertentu, uap air dapat terlihat layaknya kabut tipis di tempat dimana ada panas. Uap air khusunya ketika sedang memasak berfungsi sebagai indikasi bahwa bahan yang kita masak sudah dalam keadaan cukup panas, mendidih, atau bahkan sudah matang.

  1. Freon

Freon jika membacanya, mungkin sebagian orang tidak begitu familiar dengan kata ini. Padahal freon termasuk salah satu benda gas dan kegunaanya banyak dimanfaatkan oleh manusia di rumah, yaitu sebagai pendingin. Baik pada refrigator atau kulkas maupun AC, keduanya menghasilkan dingin dan menggunakan freon untuk dapat berperan sebagai pendingin.

Freon adalah suatu senyawa kimia berbentuk gas yang umumnya berguna sebagai fluida penyerap beban pada pendingin ruangan atau tempat lain yang perlu dikondisikan suhu udaranya. Seperti halnya jenis-jenis gas lain, freon tidak memiliki warna sehingga tidak dapat terlihat. Selain itu, freon juga tidak memiliki bau tertentu.

  1. Alat Pemompa

Di rumah, untuk beberapa orang yang memiliki kendaraan baik sepeda, motor, ataupun mobil umumnya membutuhkan alat pemompa untuk mengisi gas pada ban ketika terlihat kempes. Alat ini mampu menghasilkan angin atau gas yang ditampung pada sebuah tabung dan akan diteruskan ke ban kendaraan dengan cara dipompa.

  1. Asap Knalpot

Benda gas lainnya yang ada di sekitaran rumah adalah asap atau gas yang dihasilkan dari knalpot kendaraan. Kendaraan bermesin seperti motor dan mobil pasti memliki knalpot.

Knalpot berfungsi sebagai saluran residu gas yang tidak lagi dibutuhkan untuk menjalankan mesin. Berbagai contoh limbah gas yang keluar dari knalpot terdiri dari beberapa jenis gas, biasanya gas knalpot menghasilkan endapan kristal hitam pada dinding knalpot karena asapnya juga berwarna kehitaman.

  1. Buang Angin (Kentut)

Buang angin atau kentut adalah zat gas yang dihasilkan oleh manusia di rumah. Di dalam tubuh manusia terjadi berbagai macam metabolisme dan proses, salah satunya adalah pencernaan. Mekanisme didalam tubuh akan mengatur zat apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh dan zat lainnya yang harus dibuang. Kentut adalah jenis zat yang tidak boleh berlama-lama ada pada tubuh manusia.

Fungsi dari kentut adalah sebagai mekanisme pengeluaran zat sisa dari dalam tubuh yang berupa gas. Gas ini memiliki ciri-ciri yang lebih khusus daripada zat pada umumnya, yaitu memiliki bau. Bau yang dihasilkan seringkali dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakan.

  1. Angin

Angin adalah benda gas yang juga dapat ditemukan di rumah. Ketika hari cukup panas, angin adalah salah satu kebutuhan yang paling diharapkan oleh manusia.

Saat ini angin dapat dihasilkan dari alat yang bernama kipas. Secara manual angin dapat diperoleh dengan mengipas-kipas menggunakan kipas atau benda lain yang memiliki permukaan luas seperti kertas atau buku. Sementara kipas elektronik mampu menghasilkan angin secara otomatis dibantu oleh mesin.

  1. Oksigen

Oksigen adalah gas yang paling dibutuhkan oleh manusia, hewan, maupun tumbuhan. Pada manusia gas ini dapat diperoleh ketika kita bernapas. Saat memasukkan udara, tidak hanya sifat oksifen yang masuk ke dalam tubuh, namun proses pernapasan akan memilah udara-udara yang dibutuhkan salah satunya oksigen untuk selanjutnya digunakan didalam tubuh.

  1. Karbon Dioksida

Karbondioksida adalah zat gas yang umumnya berkebalikan dengan oksigen. Pada manusia, gas ini dihasilkan ketika menghembuskan napas. Sifat karbondioksida tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh sehingga harus dikeluarkan. Namun berbeda dengan manusia, tumbuhan justru berperan sebagai penyerap karbondioksida. Hal ini disebabkan karbondioksida dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan proses pembuatan makanan.

Selain dihasilkan dari ekskresi pernapasan pada manusia dan hewan, karbondioksida juga dihasilkan dari hasil pembakaran. Baik ketika kita membakar suatu bahan makanan, atau membakar benda-benda lain.

  1. Gas LPG

Gas LPG adalah salah satu benda yang dibutuhkan ketika memasak. Gas alam LPG seperti namanya berisi gas yang ditampung pada sebuah tabung dengan berbagai ukuran. Gas yang ada didalam tabung disalurkan melalui selang dan regulator untuk selanjutnya berfungsi menyalakan api pada kompor. Saat ini gas LPG menjadi salah satu alternatif untuk memasak selain menggunakan minyak tanah ataupun listrik.

Gas LPG memiliki ciri-ciri berupa bau yang sudah tentu dikenal, biasanya bau ini akan tercium apabila gas mengalami kebocoran atau sebagai indikasi gas di dalam tabung sudah hampir habis. Selain itu, gas yang ada didalam tabung LPG juga memiliki massa. Hal ini dibuktikan dengan tabung gas yang kosong akan lebih ringan dibandingkan tabung gas yang masih berisi.

  1. Kabut

Kabut adalah benda gas yang seringkali ditemukan pada pagi atau menjelang malam hari. Umumnya kabut ditemukan pada rumah yang  berada di dataran tinggi, karena pada waktu-waktu tersebut suhu lingkungan rendah. Namun kabut juga dapat ditemukan pada halaman rumah ataupun jendela dalam bentuk cair yang biasa disebut dengan embun. Embun adalah zat cair yang dihasilkan akibat perubahan gas menjadi cair.

  1. Parfum Cair

Benda Gas di Rumah adalah Parfum Cair
Parfum Cair

Wujud zat yang kita kenal sebagai cair, padat, dan gas dapat mengalami perubahan wujud. Biasanya perubahan wujud ini diakibatkan adanya suhu yang meningkat atau menurun. Pada parfum yang cair, wujudnya dapat berubah menjadi gas ketika bersinggungan dengan suhu lingkungan. Setiap parfum cair pasti memiliki bagian yang menutupinya, hal ini berfungsi agar parfum tidak mengalami penguapan ke udara.

Parfum yang dibiarkan terbuka memungkinkan akan terjadi penguapan cairan parfum ke udara. Akibatnya volume parfum pada wadah berkurang. Biasanya hal ini terjadi karena didalam parfum terkandung senyawa yang mudah menguap jika dibiarkan terbuka, misalnya adalah alkohol.

  1. Asap Pembakaran

Benda gas terakhir yang dapat ditemukan adalah asap pembakaran. Walaupun saat ini sudah banyak cara untuk mengolah sampah hasil rumah tangga, akan tetapi beberapa orang masih menggunakan cara pembakaran yang biasanya dilakukan untuk membakar sampah organik. Pembakaran ini akan menghasilkan asap yang berwarna abu kehitaman dan memiliki aroma yang tidak enak.

Asap pembakaran mengandung gas karbondioksida yang menguap ke udara. Gas ini tidak baik untuk pernapasan manusia dan juga tidak baik untuk lingkungan. Maka langkah pengolahan sampah dengan pembakaran harus dikurangi.

Asap pembakaran hanya dapat dihasilkan ketika api menyala pada kondisi lingkungan terdapat gas oksigen, karena proses pembakaran membutuhkan oksigen, jika tidak ada oksigen contohnya pada ruangan yang kedap udara maka api tidak akan bisa menyala.

Itulah tadi penjelasan dan materi yang bisa kami tuliskan pada segenap pembaca berkaitan dengan macam-macam benda gas yang mudah ditemukan di dalam rumah beserta dengan fungsinya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *