Contoh Destilasi Fraksionasi
Contoh Destilasi Fraksionasi

Contoh Penggunaan Destilasi Fraksionasi Yang Mudah Ditemukan

Diposting pada

Contoh Destilasi Fraksionasi

Destilasi adalah serangkaian proses pemisahan komponen atau zat dari campuran cair dengan menggunakan perebusan selektif pada kondensasi. Pada hakekatnya berbagai jenis destilasi dapat menghasilkan pemisahan sempurna yang berupa komponen hampir murni pemisahan parsial yang meningkatkan konsentrasi komponen yang dipilih dalam campuran.

Dalam kedua kasus destilasi terjadi proses mengeksploitasi perbedaan dalam volatilitas relatif komponen campuran yang pada dasarnya mempergunakan metode destilasi fraksionasi.

Destilasi Fraksionasi

Destilasi fraksionasi adalah metode yang digunakan ketika penghitungan rumus titik didih komponen campuran dekat satu sama lain, sebagaimana tahapan kerja destilasi ini ditentukan menggunakan hukum Raoult. Dimana kolom fraksionasi digunakan untuk memisahkan komponen yang digunakan untuk serangkaian distilasi yang disebut perbaikan.

Oleh karena itulah rangkaian alat distilasi fraksional inilah, terjadi tahapan campuran dipanaskan agar uap naik dan memasuki kolom fraksionasi.

Contoh Destilasi Fraksionasi

Adapun untuk contoh penggunaan destilasi fraksionasi yang mudah untuk ditemukan. Misalnya saja;

  1. Industri

Dalam industri perminyakan, stabilisasi minyak adalah bentuk distilasi parsial yang mengurangi tekanan uap minyak mentah, sehingga membuatnya aman untuk penyimpanan dan transportasi serta mengurangi emisi atmosfer hidrokarbon yang mudah menguap.

Dalam operasi midstream di kilang minyak, penerapan distilasi fraksional adalah kelas operasi utama untuk mengubah minyak mentah menjadi bahan bakar dan stok pakan kimia.

  1. Pengemasan Kolom

Saat terjadi proses uap mendingin, uap tersebut senantiasa mengembun pada bahan pengemasan kolom. Panas dari uap yang naik mengakibatkan cairan tersebut menguap lagi, menggerakkannya di sepanjang kolom sehingga menghasilkan sampel dengan kemurnian yang lebih tinggi dibandingkan komponen campuran yang lebih mudah menguap.

  1. Biodiesel

Akhir-akhir ini, pembicaraan terkait dengan biodiesel sebagai salah satu teknologi terbarukan sangat gencar untuk dilakukan. Pada dasarnya apa yang terjadi pada proses destilasi pada biodiesel adalah kasus nyata untuk menggunaan metode penggunaan destilasi fraksionasi.

  1. Kilang Minyak

Disadari ataupun tidak untuk salah satu hasil dari penerapan destilasi fraksionasi terjadi pada kilang minyak. Dimana kilang minyak bumi yang ada di dunia ini mampu memisahkan bagian bensin, solar, minyak tanah, gas alam, dan lainnya dari tahapan jenis destilasi ini.

Oleh karena itulah diakui bahwa kedekatan dalam destilasi fraksionasi umumnya memang ada pada bidang-bidang industri. Oleh karena itulah destilasi ini dapat didefinisikan sebagai suatu proses pemisahan dua atau lebih komponen dalam suatu campuran yang didasarkan pada perbedaan titik didih dari masing-masing komponen dengan menggunakan panas sebagai tenaga pemisah.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkaitan dengan contoh penggunaan destilasi fraksionasi yang mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan bagi kalian yang memerlukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *