Ciri Tembaga
Ciri Tembaga

Ciri Tembaga dan Penjelasannya

Diposting pada

Ciri Tembaga

Keberadaan tembaga hekekatnya tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari. Sebab banyak berbagai jenis peralatan dan perlengkapan rumah tangga yang terbuat dari tembaga. Disisi lainnya, kegunaan tembaga ini juga sangat kompleks.

Akan tetapi yang pasti, tembaga merupakan salah satu sifat ikatan logam yang terbagi menjadi dua bentuk. Yaitu tembaga murni/asli dan tembaga tidak murni.

Tembaga

Tembaga disebut juga dengan copper adalah unsur ikatan logam yang berbentuk kristal, tembaga umumnya berwarna kemerahan dan dalam penerapan kimia dilambangkan dengan Cu yang berarti cupprum. Tembaga adalah jenis logam transisi dari golongan IB dengan nomor atom 29 dan berat atomnya sebesar 63,55 g/mol. Tembaga banyak ditemukan di alam dalam bentuk senyawa padat atau bentuk mineral.

Secara alami tembaga berada pada lapisan dalam kulit bumi yang ditemukan dalam berbagai bentuk, misalnya sulfida, karbonat, silikat, dan tembaga murni. Umumnya tembaga yang diambil dari tambang atau esktraksi dalam bentuk tembaga sulfida, bukan diambil dari tambang terbuka atau deposit.

Ciri Tembaga

Adapun karakterisrik khas dari tembaga ini, adalah sebagai berikut;

  1. Tembaga dalam Kimia

Dalam kimia tembaga disimbolkan dengan Cu dengan nomor atom 29. Tembaga yang tidak murni akan bersifat keras, akan tetapi tembaga murni lebih fleksibel. Yang pasti, tembaga sendiri memiliki titik leleh yaitu 1.084,62 derajat celcius, sementara titik didih pada 2.562 derajat celcius.

  1. Konduktor Panas dan Listrik yang Baik

Tembaga merupakan konduktor panas dan konduktor energi listrik yang baik. Oleh karena itu, bahan tembaga sangat banyak digunakan untuk menghantarkan listrik dan panas. Sebab di dalam tembaga terdapat konduktivitas yang tinggi.

  1. Mudah Dibentuk

Karakteristik tembaga yang dapat dilihat dari segi fisiknya selain warna adalah mudah untuk dibentuk. Tembaga adalah salah satu jenis logam yang mudah ditempa dan bersifat fleksibel (mulur). Oleh karena itu, tembaga mudah dibentukk menjadi beberapa benda yang digunakan dalam sehari-hari, contohnya yaitu pipa, lembaran tipis, dan kawat.

  1. Tahan Korosi

Tembaga tidak mudah untuk mengalami korosi, unsurnya yang tidak relatif membuat tembaga lebih tahan terhadap korosi. Sehingga dalam udara yang lembab pun, tembaga tertutupi paisan berwarna hijau yang merupakan suatu hal menarik dari tembaga karbonat basa.

  1. Tidak Diserap oleh Air

Tembaga tidak mampu terserap oleh air dan asam-asam non oksidator yang encer, seperti H2SO4 dan HCL yang encer. Sedangkan asam klorida yang pekat dan dalam kondisi mendidih mampu menyerap tembaga dan juga berperan membebaskan gas hidrogen. Penyerapan disebabkan oleh terbentuknya CuCi2- yang termasuk ion kompleks sehingga mendorong reaksi keseimbangan yang bergeser ke arah produk.

  1. Larut dalam Asam dan Basa

Walaupun tembaga tidak dapat diserap oleh air, namun seperti telah dijelaskan sebelumnya dimana jenis ion tembaga dapat larut dalam asam dan basa. Antara lain seperti adanya asam sulfat yang panas, dan larutan basa NH4OH.

  1. Berwarna Kemerahan

Tembaga umumnya berwarna keemasan atau jingga kemerahan. Hal ini disebabkan karena struktur logam tembaga mampu memantulkan warna merah dan jingga. Hasilnya dari pantulan kedua warna merah dan jingga menyerap frekuensi lain yang berada pada spektrum tampak.

Karakterteristik Fisik dan Kimia

Ciri tembaga dapat dilihat berdasarkan sifat fisik dan sifat kimianya. Penjelasan, sebagai berikut;

  1. Fisik

Sifat fisik tembaga terlihat dari;

  1. Warna
  2. Tekstur
  3. Perubahan yang terjadi ketika dipanaskan atau didinginkan
  1. Kimia

Sementara sifat kimia tembaga meliputi;

  1. Sifat yang ada didalam senyawa tembaga tersebut. Seperti pada suhu tinggi tembaga akan bereaksi dengan oksigen dan membentuk CuO yang berwarna hitam, sementara suhu yang lebih tinggi lagi akan membentuk tembaga oksidasi berwarna merah

Contoh Benda Terbuat dari Tembaga

Adapun untuk beberapa contoh benda yang terbuat dari tembaga ini, misalnya saja;

  1. Sendok Makan

Sendok makan merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang kerapkali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Benda ini, selain terbuat dari alumunium juga biasanya tesusun dari tembaga. Alasannya karena Didalam tubuh manusia pun dapat ditemukan tembaga, yaitu pada bagian hati, usus, otak, ginjal, dan jantung.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tembaga adalah salah satu unsur logam yang bersifat ulet dan mampu untuk ditempa. Tembaga bersifat konduktor atau mampu mengonduksi panas dan listrik, selain itu tembaga tahan terhadap korosi serta antimicrobial. Namun logam ini tidak mampu larut didalam air dingin dan air panas. Akan tetapi tembaga tetap dapat larut dalam asam misalnya asam sulfat panas dan larutan basa NH4OH. Selain itu ion tembaga masih dapat larut ke dalam air.

Ion tembaga yang memiliki konsentrasi tinggi dapat berfungsi sebagai agen anti bakteri, serta sebagai fungsi bahan tambahan kayu. Dalam konsentrasi rendah, ion tembaga menjadi nutrien penting bagi tanaman dan kehidupan.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan karakteristik yang ada dalam tembaga murni/asli dan tidak murni beserta dengan rangkaian fungsinya. Semoga memberikan wawasan untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *