Fungsi Spatula Dapur
Fungsi Spatula Dapur

Fungsi Spatula Dapur Berdasarkan Jenisnya

Diposting pada

Fungsi Spatula Dapur

Pada dasarnya selain sebagai salah satu alat laboratorium kimia, spatula juga termasuk peralatan dapur yang penting. Tapi perlu kita ingat bahwa jenis spatula yang digunakan di laboratorium berbeda dengan spatula yang digunakan di dapur.

Perbedaan paling mencolok ialah dari segi penggunaannya dimana fungsi spatula di laboratorium dipergunakan untuk memisahkan berbagai jenis bahan kimia serta pengelolaanya sedangkan spatula dapur dipergunakan kepentingan memasak, manak, dan lain sebagainya.

Spatula Dapur

Spatula yang ada di dapur ialah alat yang dipergunakan untuk keperluan masak-memasak apapupun sehingga pada umumnya peralatan ini memiliki beragam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Akan tetapi yang pasti spatula sebagai alat yang sangat penting di dapur menjadi peralatan penting lantaran bersifat praktis yang dapat menyelesaikan banyak masalah dapur.

Fungsi Spatula Dapur

Jenis-jenis spatula dapur beserta fungsinya. Diantaranya;

  1. Spatula Serbaguna/Silikon

Seperti namanya, ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Spatula silikon dapat digunakan dalam memasak, memanggang, mencampur pada bejana yang disimpan di atas kompor induksi atau juga kompor gas. Karena spatula terbuat dari silikon, spatula tahan panas dan juga dapat digunakan bersama dengan peralatan tradisional.

Hampir tidak adil untuk memiliki hanya satu kategori untuk spatula silikon karena mencakup begitu banyak pilihan yang berbeda. Spatula silikon adalah bahan wajib untuk adonan roti yang lengket, tetapi juga berguna jika kita membuat sup dan semur dan ingin memastikan tidak ada yang menempel di bagian bawah.

  1. Spatula Ikan

Jangan kaget dengan namanya. Spatula ikan berbentuk logam berlubang yang berguna untuk lebih dari sekadar membalik ikan. Bilahnya tipis dan fleksibel, tapi masih relatif kuat sehingga tidak akan bengkok di bawah tekanan. Bagian kepala spatula yang miring dan ujungnya yang tajam menjadikannya berguna untuk skenario belokan yang rumit ketika sedang membuat kue.

  1. Spatula Pengeruk

Spatula pengeruk mirip dengan spatula silikon, kecuali kaku dan terbuat dari plastik. Pastikan untuk tidak menggunakannya pada permukaan yang dipanaskan karena plastiknya pasti akan meleleh. Spatula ini biasanya digunakan untuk mengikis tepi peralatan atau permukaan meja.

  1. Spatula karet

Yang ini menimbulkan sedikit kontroversi, karena karet akan meleleh dan hancur jika kita memasak dengan api besar, tapi Associate Editor Meghan mengemukakan pendapatnya terkait spatula plastik bahwa “Silikon tidak dapat mencengkeram busa putih telur dengan baik dan membuat adonan menjadi jelek”.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa fungsi spatula dapur terkadang juga disebut sebagai pisau palet yang terdiri dari berbagai jenis pisau lainnya, pisau ini tidak memiliki ujung atau mata pisau yang tajam karena tidak dirancang untuk memotong atau memotong. Atas alasan itulah bersifat datar, fleksibel dan lebar. Ujungnya juga membulat sehingga tidak bisa menyodok atau menggores.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *