spatula

Pengertian Spatula, Jenis, dan Fungsinya

Diposting pada
Rate this post

spatula

Spatula merupakan salah satu alat laboratorium kimia yang memiliki fungsi seperti sendok yakni untuk mengambil bahan padat. Namun dalam peralatan laboratorium umumnya memiliki fungsi yang lebih spesifik dan tidak dapat digunakan dalam semua jenis bahan kimia.

Oleh karena itulah spatula memiliki desain yang memungkinkan untuk mengambil bahan dengan jumlah yang sangat sedikit dimana bentuknya yang berukuran kecil dan umumnya dalam spatula terdapat dua jenis ujung yakni ujung melengkung seperti sendok dan ujung lain  yang berbentuk datar. Sehingga kita dapat menggunakan kedua ujung ini untuk mengambil bahan padat ataupun serbuk dalam penimbangan.

Spatula

Spatula merupakan alat berbentuk seperti sendok namun berukuran lebih kecil. Fungsi dari spatula ini adalah untuk mengambil sifat bahan kimia padat saat akan ditimbang. Seperti yang kita tahu bahwa dalam menggunakan neraca analitik, membutuhkan pengambilan bahan yang sangat teliti karena ketelitian dari neraca analitik itu sendiri yang bahkan dapat mencapai 5 angka di belakang koma.

Selain fungsi untuk mengambil jenis bahan kimia yang akan ditimbang, spatula juga sebenarnya dapat digunakan untuk mengaduk campuran dalam bentuk larutan. Namun fungsi ini lebih disarankan menggunakan batang pengaduk kaca yang lebih bersifat inert terhadap berbagai jenis larutan sehingga tidak akan terjadi reaksi antara pengaduk dengan larutan yang diaduk.

Pengertian Spatula

Spatula adalah alat dengan bilah lebar, datar, biasanya fleksibel, digunakan untuk mencampur makanan atau mengeluarkannya dari peralatan memasak, mencampur obat, menyebarkan plester dan cat, dan lain-lain.

Kata spatula berasal dari kata latin untuk sepotong kayu datar atau belat (belat dalam KBBI artinya bilah bambu yang dijalin dengan ijuk atau rotan, dipakai untuk mengurung ikan di laut atau di sungai), bentuk diminutive dari bahasa Latin spatha, yang berarti ‘pedang lebar (broadsword)’, dan karenanya dapat juga merujuk pada penekan lidah (tongue depressor). Kata spatula diketahui telah digunakan dalam bahasa Inggris sejak tahun 1525.

Pengertian Spatula Menurut Para Ahli

Adapun definisi spatula menurut para ahli, antara lain:

  1. Collins Dictionary, Spatula adalah benda seperti pisau dengan bilah lebar dan pipih. Spatula digunakan dalam memasak.
  2. Merriam Webster, Spatula adalah alat tipis rata yang digunakan khusus untuk menyebarkan atau mencampur, menyendok, atau mengangkat bahan lunak.

Jenis Spatula dan Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa jenis spatula dan fungsinya yang harus diketahui;

  1. Spatula Logam

Jenis spatula yang pertama adalah spatula dengan bahan logam stainlessteel. Sifat ikatan logam ini memiliki bahan dasar yakni besi dalam pembuatannya yang dicampurkan dengan bahan anti karat lainnya. Spatula jenis ini umumnya digunakan dalam pengambilan bahan kimia padat namun juga digunakan dalam pengambilan objek dari mikroskop.

Dalam beberapa laboratorium tidak menggunakan spatula jenis ini karena sifat bahannya yang terbuat dari logam besi sehingga akan mudah bereaksi dengan bahan kimia yang bersifat asam.

  1. Spatula Plastik

Spatula kedua yaitu spatula berbahan plastik dimana umumnya benda dari plastik yang digunakan adalah polipropilena. Bahan polipropilena memiliki kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan bahan plastik lain seperti polietilena.

Bahan plastik ini memiliki kelebihan dibandingkan spatula logam dalam hal reaktivitas dimana bahan plastik bersifat lebih inert terhadap bahan kimia.

Dalam hal ini, sangat sedikit bahan kimia yang bereaksi dengan bahan plastik sehingga penggunaan spatula plastik dalam pengambilan bahan sangat disukai apalagi dengan harga spatula plastik yang relatif murah. Bahan plastik pun tidak bereaksi dengan bahan kimia yang bersifat asam. Sehingga plastik menjadi pilihan yang baik ketika kita menggunakan bahan kimia yang bersifat asam keras.

  1. Spatula Nikel

Jenis spatula lainnya adalah spatula dengan bahan logam nikel. Bahan dalam arti nikel juga memiliki reaktivitas yang rendah atau bersifat inert terhadap bahan kimia. Oleh karena itu spatula nikel juga sangat sering digunakan di laboratorium.

Kelebihan lain dari spatula nikel adalah ketahanan panas dimana bahan ini mampu bertahan pada suhu tinggi sehingga ketika kita membutuhkan kondisi suhu tinggi, maka bahan ini tidak akan rusak dalam suhu tersebut. Selain itu, bahan nikel juga bersifat steril dan sangat mudah di lakukan sterilisasi sehingga kita tidak akan khawatir terjadinya kontaminasi bahan kimia yang akan kita gunakan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa fungsi dari spatula itu sangat sederhana, namun saat ini terdapat beberapa jenis spatula yang dibedakan berdasarkan bahan pembuatannya.  Bahkan dalam beberapa kasus spatula digunakan untuk membuat larutan selain larutan asam.

Hal itu karena untuk jenis spatula yang terbuat dari logam seperti besi, logam tersebut memiliki reaktivitas yang tinggi dalam asam atau dapat terlarut dalam asam. Tentunya hal ini tidak diinginkan ketika kita membuat sebuah larutan karena hal tersebut akan merusak larutan yang kita buat.

Demikian ulasan lengkap yang bisa kami sajikan tentang pengertian spatula, jenis, dan fungsinya. Semoga melalui artikel ini dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Aji Pangestu Adalah Mahasiswa Jurusan Kimia Yang saat ini Sedang Belajar serta Menyelesaikan Studi Pendidikan di salah Satu Kampus Negari Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *