Macam Limbah Gas di Udara
Limbah Gas di Udara

Macam Limbah Gas Yang Terdapat di Udara dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Limbah Gas di Udara

Limbah gas pada hakekatnya menjadi salah satu jenis limbah yang memanfaatkan udara sebagai media untuk penyebarannya sehingga bisa berdampak luas bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Limbah gas di udara ini juga memberikan dampak yang cukup siginifikan daripada berbagai contoh limbah cair.

Alasannya karena peserbaran melalui udara senantisa terjadi dan tidak dapat dindari oleh manusia kecuali jikalau mempergunakan penutup untuk pernafasan, dalam hal ini seperti mempergunakan masker.

Limbah Gas di Udara

Limbah gas adalah buangan dari produksi yang dilakukan oleh industri ataupun rumah tanga yang secara alami tersebar di udara dengan kandungan unsur-unsur kimia seperti O2, N2, NO2, CO2, H2, dan lain-lain. Terjadinya penambahan gas ke udara ini sendiri melampaui kandungan udara alami, sehingga mengakibatkan penurunan kualitas udara.

Disisi lain, berbagai contoh limbah gas yang berlebihan bisa mencemari udara serta menyebabkan gangguan kesehatan bagi maklhuk hidup, baik tumbuhan, hewan, ataupun manusia.

Macam Limbah Gas di Udara

Adapun untuk penjelasan atas jenis limbah gas yang terdapat di udara, antara lain;

No Jenis Penjelasan
1 Metan (CH4) Limbah gas udaranya berbau
2 Hidrogen fluorida (HF) Limbah gas udaranya tidak berwarna
3 Nitrogen sulfida Limbah gas udaranya berbau
4 Klorin (Cl2) Limbah gas udaranya berbau
5 Karbon dioksida (CO2) Gas tidak berwarna dan tidak berbau
6 Karbon monoksida (CO) Gas tidak berwarna dan tidak berbau
7 Nitrogen oksida (NOx) Gas berwarna dan berbau
8 Amonia (NH3) Limbah gas tidak memiliki warna dan berbau tajam
9 Asam klorida (HCl) Berupa uap
10 Sulfur oksida (SOx) Limbah gas tidak memiliki warna dan berbau tajam

Ciri Limbah Gas Yang Terdapat di Udara

Adapun untuk kkriteria yang menjadi ciri khas dalam adanya lombah di udara. Yakni;

  1. Gas limbah tidak dilepaskan tanpa pembakaran lebih lanjut karena kandungan karbon teroksidasi yang tidak sempurna yang signifikan
  2. Nilai kalor gas limbah cukup tinggi sehingga gas limbah dapat terbakar tanpa masukan bahan bakar tambahan, atau berkontribusi secara signifikan pada masukan energi total bila dicampur dengan bahan bakar dengan nilai kalor lebih tinggi
  3. Limbah gas dihasilkan sebagai produk sampingan dari suatu proses produksi

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa limbah gas di udara pada umumnya terjadi karena adanya gas yang muncul dari pembakaran yang tidak sempurna atau karakteristik reaksi kimia lainnya dalam instalasi EU-ETS dan yang memenuhi semua unsur yang ada di dalam udara.

Sehingga hal ini memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan serta penyebab adanya pemanasan global yang terjadi akhir-akhir ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *