Pengertian Air, Ciri, Macam, dan 7 Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Air dalam Kimia

Air ada sebagai bagian molekul yang setiap saat molekul terdiri dari dua atom hidrogen yang bergabung dengan satu atom oksigen. Artinya rumus kimia air adalah H₂O. Air menutupi lebih dari 70% permukaan bumi. Lokasi paling umum berada di lautan, sungai, danau, dan gletser. Air memiliki beberapa ciri atau karakteristik diantaranya yaitu air ada dalam keadaan ekstraksi cair dan padat, serta gas pada suhu normal di Bumi.

Air melarutkan banyak zat, termasuk garam di laut dan protein pada makhluk hidup, air memiliki tegangan permukaan yang tinggi, memungkinkan beberapa serangga kecil berjalan di permukaannya. Air menjadi komponen yang sangat penting bagi kehidupan kita karena berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita, seperti membantu dalam mengatur suhu tubuh kita.

Air

Air adalah salah satu jenis zat kimia anorganik, transparan, tidak berasa, tidak berbau, dan hampir tidak berwarna, yang merupakan penyusun utama hidrosfer bumi dan cairan dari semua organisme hidup yang diketahui. Ini penting untuk semua bentuk kehidupan, meskipun tidak memberikan kalori atau nutrisi organic.

“Air” merupakan nama keadaan cair dari H₂O pada suhu dan tekanan lingkungan yang standar. Penjelasan ini membentuk presipitasi dalam bentuk hujan dan aerosol dalam bentuk kabut. Awan terbentuk dari tetesan air dan es, bentuk padatnya.

Saat terbelah halus, es kristal dapat mengendap dalam bentuk salju. Bentuk gas dari air adalah uap atau uap air. Air bergerak secara kontinyu melalui siklus penguapan air, transpirasi (evapotranspirasi), kondensasi, presipitasi, dan limpasan, biasanya mencapai laut.

Air menutupi 71% permukaan bumi, sebagian besar di laut dan samudera. Sebagian kecil air terjadi sebagai air tanah (1,7%), di gletser dan lapisan es Antartika dan Greenland (1,7%), dan di udara sebagai uap, awan (terbentuk dari es dan air cair yang tersuspensi di udara), dan presipitasi (0,001%).

Pengertian Air

Air adalah suatu zat yang tersusun dari beragam jenis unsur kimia hidrogen dan oksigen dan berada dalam bentuk gas, cair, dan padat. Ini adalah salah satu senyawa yang paling banyak dan penting. Cairan yang tidak berasa dan tidak berbau pada suhu kamar, memiliki kemampuan penting untuk melarutkan banyak zat lainnya.

Kehidupan diyakini berasal dari larutan air lautan dunia, dan organisme hidup bergantung pada larutan air, seperti darah dan cairan pencernaan, untuk proses biologis. Dalam jumlah kecil, air tampak tidak berwarna, tetapi air sebenarnya memiliki warna biru intrinsik yang disebabkan oleh sedikit penyerapan cahaya pada panjang gelombang merah.

Pengertian Air Menurut Para Ahli

Adapun definisi air menurut para ahli, antara lain:

  1. Sudarmadji (2007), Air adalah sebagai ikatan kimia yang terdiri atas 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen (H2O), yang dapat berbentuk gas cair maupun padat. Air sering dianggap murni karena hanya terdiri atas H2O, tapi pada kenyataannya di alam tidak pernah dijumpai air yang sedemikian murni, meskipun air hujan.
  2. Sitanala Arsyad, Air ialah sebagai senyawa gabungan antara dua atom hidrogen dan satu atom oksigen menjadi unsur senyawa H2O.

 Ciri Air

Karakteristik yang fisik air terdiri atas;

  1. Kekeruhan Air

Kekeruhan diukur dengan turbidity rod atau dengan meteran turbiditas dengan pengamatan optik dan dinyatakan sebagai jumlah materi tersuspensi dalam mg / l atau bagian per juta (ppm). Untuk air, ppm dan mg / l kira-kira sama.

  1. Warna

Adanya warna pada air memang tidak merugikan dari segi kesehatan, tapi dapat merusak warna pakaian yang dicuci. Satuan warna standar adalah yang dihasilkan oleh satu miligram platina kobalt yang dilarutkan dalam satu liter air suling.

Untuk persediaan umum, nomor warna pada skala kobalt tidak boleh melebihi 20 dan sebaiknya kurang dari 10. Warna yang ditentukan oleh suatu instrumen disebut tintometer.

  1. Rasa dan Bau

Tingkat rasa atau bau yang ada dalam sampel air tertentu diukur dengan istilah yang disebut intensitas bau, yang terkait dengan bau ambang atau nomor bau ambang.

Oleh karena itu, air yang akan diuji diencerkan secara bertahap dengan air bebas bau, dan campuran di mana pendeteksian bau oleh pengamatan manusia hilang begitu saja, ditentukan. Berapa kali sampel diencerkan menunjukkan jumlah bau ambang.

Untuk persediaan umum, air umumnya harus bebas dari bau, yaitu nomor ambang batas harus 1 dan tidak boleh melebihi 3.

  1. Suhu Air

Untuk air yang dapat diminum sejatinya akan senantiasa bersuhu yang diinginkan sekitar 100 C. Oleh karena itulah suhu ini tidak boleh lebih dari 250 C.

  1. Konduktivitas Khusus

Jumlah total garam terlarut yang ada dalam air dapat dengan mudah diperkirakan dengan mengukur konduktivitas spesifik air.

Ciri kimia air
  1. Total Padatan dan Padatan Tersuspensi

Total padatan (padatan tersuspensi + padatan terlarut) dapat diperoleh dengan menguapkan sampel air dan menimbang residu kering yang tersisa dan menimbang residu yang tertinggal di kertas saring. Padatan tersuspensi dapat ditemukan dengan menyaring sampel air. Jumlah total padatan yang diizinkan dalam air umumnya dibatasi hingga 500 ppm. 

  1. Nilai pH Air

Pada suhu kamar (25 ° C atau 77 ° F), air murni bersifat netral (bukan asam maupun basa) dan memiliki pH 7. Alkalinitas disebabkan oleh adanya bikarbonat kalsium dan magnesium atau oleh karbonat hidroksida natrium, kalium, kalsium dan magnesium. Beberapa, tetapi tidak semua senyawa yang menyebabkan alkalinitas juga menyebabkan kekerasan.

  1. Kekerasan Air

Air keras tidak diinginkan karena dapat menyebabkan konsumsi sabun yang lebih besar, kerak boiler, menyebabkan korosi dan inkrustasi pipa, membuat makanan tidak berasa, dan lain-lain.

  1. Kekerasan Sementara: Jika bikarbonat dan karbonat kalsium dan magnesium ada dalam air, air menjadi keras untuk sementara waktu karena kekerasan ini dapat dihilangkan sampai batas tertentu dengan cara direbus sederhana atau sepenuhnya dengan menambahkan kapur ke air. Kekerasan semacam itu dikenal sebagai kekerasan sementara atau kekerasan karbonat.
  2. Kekerasan Permanen: Jika sulfat, klorida dan nitrat kalsium atau magnesium ada dalam air, mereka tidak dapat dihilangkan sama sekali dengan perebusan sederhana dan oleh karena itu, air tersebut memerlukan perlakuan khusus untuk pelunakan. Kekerasan semacam itu dikenal sebagai kekerasan permanen atau kekerasan non-karbonat.

Air dengan kesadahan hingga 75 ppm dianggap lunak dan di atas 200 ppm dianggap keras dan di antaranya dianggap cukup keras. Perairan bawah tanah umumnya lebih keras daripada air permukaan. Batas kekerasan yang ditentukan untuk persediaan umum berkisar antara 75 hingga 115 ppm.

  1. Kandungan Klorida

Kandungan klorida air olahan untuk disuplai ke publik tidak boleh melebihi nilai sekitar 250 ppm. Kadar klorida air dapat diukur dengan titrasi air dengan larutan perak nitrat standar menggunakan kalium kromat sebagai indikatornya.

  1. Kandungan Nitrogen

Kehadiran nitrogen dalam air dapat terjadi karena satu atau beberapa alasan berikut:

  1. Amonia bebas: Ini menunjukkan tahap pertama dekomposisi bahan organik. Ini tidak boleh melebihi 0,15 mg/l
  2. Materi Albumin atau Organik: Ini menunjukkan jumlah nitrogen yang ada dalam air sebelum dekomposisi cairan organik dimulai. Seharusnya tidak melebihi 0,3 mg / l
  3. Nitrit: Tidak sepenuhnya bahan organik teroksidasi dalam air.
  4. Nitrat: Ini menunjukkan bahan organik teroksidasi sepenuhnya dalam air.
  5. Nitrit sangat berbahaya dan oleh karena itu jumlah nitrit yang diizinkan dalam air harus nol.

Nitrat dalam air tidak berbahaya. Namun, terlalu banyak nitrat dalam air dapat mempengaruhi kesehatan bayi yang menyebabkan penyakit yang disebut methemoglobinemia yang biasa disebut penyakit bayi biru (blue baby disease). Konsentrasi nitrat dalam persediaan air rumah tangga dibatasi hingga 45 mg / l.

  1. Logam dan zat kimia lainnya

Ikatan logam dan zat kimia lainnya yang terlarut di dalam air, antara lain:

  1. Besi – 0,3ppm, kelebihan ini menyebabkan perubahan warna pada pakaian.
  2. Mangan – 0,05ppm
  3. Tembaga – 1.3ppm
  4. Sulfat – 250 ppm
  5. Fluoride – 1,5 ppm, kelebihan ini mempengaruhi paru-paru manusia dan organ pernafasan lainnya. Konsentrasi fluoride yang kurang dari 0.8 – 1.0 ppm menyebabkan gigi berlubang (gigi berlubang). Jika konsentrasi fluoride lebih besar dari 1.5ppm, menyebabkan bercak dan perubahan warna pada gigi (penyakit yang disebut fluorosis).
  1. Gas terlarut

Gas oksigen umumnya diserap oleh air dari atmosfer tetapi dikonsumsi oleh bahan organik yang tidak stabil untuk oksidasi. Oleh karena itu, jika oksigen yang ada dalam air ditemukan kurang dari tingkat kejenuhannya, ini menunjukkan adanya bahan organik dan akibatnya membuat perairan mencurigakan.

Ciri Biologis Air

Ciri biologis air ditandai dengan adanya bakteri dan mikroskopis air. Lima jenis organisme parasit (yaitu bakteri, protozoa, virus, cacing dan jamur) umumnya diketahui bersifat infektif pada induk dan ditemukan di dalam air.

  1. Bakteri

Ini adalah organisme sel tunggal kecil yang tidak memiliki inti yang ditentukan dan tidak memiliki bahan hijau untuk membantu mereka menghasilkan makanan sendiri. Mereka direproduksi dengan fusi biner dan dapat dalam berbagai bentuk dan ukuran 1 sampai 4 mikron, diperiksa dengan mikroskop.

  1. Protozoa

Ini adalah hewan bersel tunggal dan merupakan bentuk kehidupan hewan yang paling rendah dan paling sederhana. Mereka adalah pemakan bakteri dan dengan demikian menghancurkan Patogen. Mereka dihitung dengan mikroskop.

  1. Virus

Virus adalah agen infeksi submikroskopis yang hanya bereplikasi di dalam sel hidup suatu organisme. Virus menginfeksi semua jenis makhluk hidup, dari hewan dan tumbuhan hingga mikroorganisme, termasuk bakteri dan archaea.

  1. Cacing

Cacing merupakan hewan yang biasanya memiliki tubuh seperti tabung panjang, tidak memiliki anggota tubuh, dan tidak memiliki mata. Spesies cacing yang hidup bebas tidak hidup di darat, melainkan hidup di lingkungan laut atau air tawar, atau di bawah tanah.

  1. Jamur

Ini adalah tumbuhan yang tumbuh tanpa sinar matahari dan hidup pada tumbuhan atau hewan lain, hidup atau mati.

Macam Air

Terdapat bermacam-macam jenis air, diantaranya yaitu:

  1. Air Permukaan

Perairan permukaan meliputi sungai, sungai, danau, waduk, dan lahan basah. Dalam hal ini kata aliran mewakili semua air permukaan yang mengalir, pikirkan sungai besar hingga sungai kecil dan segala sesuatu di antaranya.

Air permukaan, karena mudah diakses, menyediakan (menurut studi USGS 2010) sekitar 78% dari air tawar yang kami gunakan. Jumlahnya akan bervariasi berdasarkan variabel seperti kekeringan. Lebih dari 1,2 miliar orang bergantung terutama pada air permukaan di kota-kota besar di seluruh dunia.

  1. Air tanah

Air tanah, yang merupakan sekitar 22% dari air yang kita gunakan, adalah air di bawah permukaan bumi yang mengisi retakan dan bukaan lainnya di lapisan batuan dan pasir. Itu ada di tanah dan pasir yang mampu menahan air.

Permukaan adalah garis antara tanah tak jenuh dan tanah jenuh. Di bawah permukaan air adalah tempat bebatuan dan tanah penuh dengan air.

  1. Air limbah

Air limbah adalah air yang kualitasnya telah dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Air limbah dapat berkembang dari kegiatan pertanian, penggunaan air perkotaan, dan aliran air selokan. Sebagian besar dari kita tidak ingin memikirkannya, tapi kadang-kadang air yang terdapat di mangkuk akhirnya diolah dan berakhir di keran kita. Ini adalah air daur ulang.

  1. Stormwater

Stormwater didefinisikan oleh U.S. EPA sebagai limpasan yang dihasilkan dari hujan dan peristiwa pencairan salju mengalir di atas tanah atau permukaan yang kedap air tanpa meresap ke dalam tanah.

Air ini mengalir di atas permukaan seperti aspal yang mengandung polutan seperti oli mesin, pupuk, dan cairan radiator. Stormwater yang tidak meresap ke dalam tanah berakhir sebagai limpasan permukaan yang mengalir ke sungai, danau, sungai, dan samudra.

Fungsi Air

Air memiliki beragam fungsi atau manfaat, terutama bagi kesehatan kita, antara lain:

  1. Membantu membuat air liur

Air adalah komponen utama air liur. Air liur juga mengandung sejumlah kecil elektrolit, lendir, dan enzim. Ini penting untuk memecah makanan padat dan menjaga kesehatan mulut. Tubuh kita umumnya menghasilkan air liur yang cukup dengan asupan cairan yang teratur. Namun, produksi air liur kita dapat menurun karena usia atau pengobatan atau terapi tertentu.

  1. Air mengatur suhu tubuh

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga suhu tubuh. Tubuh kita kehilangan air melalui keringat selama aktivitas fisik dan di lingkungan yang panas. Keringat akan membuat tubuh kita tetap dingin, tapi suhu tubuh kita akan naik jika kita tidak mengisi kembali air yang hilang.

Itu karena tubuh kita kehilangan elektrolit dan plasma saat mengalami dehidrasi. Jika kita berkeringat lebih banyak dari biasanya, pastikan kita minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

  1. Melindungi jaringan, sumsum tulang belakang, dan sendi

Konsumsi air membantu melumasi dan melindungi sendi, sumsum tulang belakang, dan jaringan tubuh kita. Ini akan membantu kita menikmati aktivitas fisik dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi seperti artritis.

  1. Membantu mengeluarkan kotoran melalui keringat, buang air kecil, dan buang air besar

Tubuh kita menggunakan air untuk berkeringat, buang air kecil, dan buang air besar. Keringat mengatur suhu tubuh saat berolahraga atau dalam suhu hangat. Kita membutuhkan air untuk mengisi kembali cairan yang hilang dari keringat.

Kita juga membutuhkan cukup air untuk menghindari sembelit. Ginjal kita juga berperan penting untuk menyaring limbah melalui buang air kecil. Asupan air yang cukup membantu ginjal kita bekerja lebih efisien dan membantu mencegah batu ginjal.

  1. Membantu memaksimalkan kinerja fisik

Minum banyak air selama aktivitas fisik sangat penting. Atlet dapat berkeringat hingga 6 hingga 10 persen dari berat badan selama aktivitas fisik. Hidrasi juga memengaruhi kekuatan, tenaga, dan daya tahan tubuh kita. Kita mungkin lebih rentan terhadap efek dehidrasi jika kita berpartisipasi dalam latihan ketahanan atau olahraga intensitas tinggi seperti bola basket.

Efek negatif olahraga dalam cuaca panas tanpa cukup air dapat mencakup kondisi medis yang serius, seperti penurunan tekanan darah dan hipertermia. Dehidrasi ekstrim dapat menyebabkan kejang dan bahkan kematian.

  1. Membantu penyerapan nutrisi

Selain membantu pemecahan makanan, air juga membantu melarutkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan kita. Ini kemudian mengirimkan komponen vitamin ini ke seluruh tubuh kita untuk digunakan.

  1. Meningkatkan sirkulasi oksigen darah

Air membawa nutrisi dan oksigen yang bermanfaat ke seluruh tubuh. Mencapai asupan air harian akan meningkatkan sirkulasi dan berdampak positif pada kesehatan kita secara keseluruhan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tetang adanya pengertian air menurut para ahli, ciri, macam, dan fungsinya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi dan referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *