12 Sifat Amonium Nitrat dan Penjelasannya

Diposting pada

Sifat Yang Dimiliki Amonium Nitrat

Amonium nitrat menjadi salah satu jenis bahan kimia yang populer sebagai bahan peledak pada perang dunia II. Selain itu bahan amonium nitrat juga dipergunakan pada industri pertanian dalam skala besar. Untuk mengetahui sifat-sifat dan manfaat dari bahan kimia satu ini, sangatlah penting mengingat di Tahun 2020 saja pernah terjadi ledakan 2.750 ton amonium nitrat di Libanon.

Amonium Nitrat

Amonium nitrat adalah salah satu senyawa kimia yang berupa garam nitrat. Amonium nitrat ini berasal dari kation ammonium, dalam kimia dituliskan dengan rumus NH4 NO3 atau dapat juga ditulis dengan N2 H4 O. Garam jenis ini memiliki banyak kegunaan, mulai dari bidang pertanian dan lain-lain. Amonium nitrat terkenal sebagai bahan pupuk nitrogen tertinggi.

Selain dimanfaatkan sebagai pupuk, amonium nitrat sudah sejak lama digunakan sebagai bahan peledak untuk pertambangan. Senyawa dengan sifat-sifat unik sebagai garam pada skala laboratorium produksi amonium nitrat dilakukan secara besar. Sebab, kebutuhan industri terhadap bahan ini cukup banyak.

Sifat Amonium Nitrat

Amonum nitrat sebagai salah satu arti bentuk bahan kimia populer dalam bidang pertanian dan industri untuk memberikan manfaat dan kegunaan yang maksimal bahan-bahannya memiliki sifat atau karakteristik tertentu. Sifatnya dapat terlihat dari ciri fisik, aroma, bentuk, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa sifat yang dimiliki oleh senyawa amonium nitrat. Antara lain;

  1. Massa molekul amonium nitrat sebesar 80.043 gram/mol.
  2. Massa jenis dari amonium nitrat yaitu 1.725 gram/cm.
  3. Sifat termal dari amonium nitrat memiliki titik leleh pada suhu 442.8 Kelvin, dengan titik didih yaitu 483 Kelvin.
  4. Senyawa amonium nitrat bersifat reaktif terhadap hidroksida yang berasal dari logam alkali. Hasilnya yaitu nitrat alkali dan amonia.
  5. Pada suhu yang cukup tinggi, senyawa amonium nitrat akan terdekomposisi menjadi dinitrogen oksida dan juga air.
  6. Senyawa amonium nitrat dapat terpecah menjadi N2, O2, dan air.
  7. Pecahan dari senyawa ini mampu menghasilkan ledakan yang cukup kuat, jika dicampur dengan bahan eksplosif seperti azida.
  8. Secara umum amonium nitrat tidak bersifat peledak.
  9. Sifat fisik amonium nitrat bentuknya kristal berwarna putih atau abu-abu, bentuk strukturnya yaitu trigonal.
  10. Kelarutan kristal dari amonium nitrat cukup tinggi didalam air, dan akan semakin meningkat seiring kenaikannya suhu.
  11. Amonia memiliki bau khas yang serupa dengan unsur air kencing yang diproduksi manusia.
  12. Amonium nitrat bereaksi dengan amonium sebagai reduktor dan nitrat sebagai oksidator, keduanya melakukan reaksi redoks.

Dari penjelasan yang dikemuakakan dapatlah dikatakan bahwa sifat amonium nitrat memiliki bentuk kristal yang berwarna putih dengan sifat kelarutan yang tinggi didalam air.

Selain itu bahan kimia ini dihasilkan melalui reaksi netralisasi (penetralan) terhadap asam nitrat dengan indikator asam basa amonia. Pada alam, amonia nitrat dihasilkan hampir oleh semua jenis tanaman melalui reaksi amonia dan asam nitrat yang dapat digambarkan dengan persamaan sebagai berikut;

NH3 + HNO3 → NH4NO3

Struktur dari amonium digambarkan pada ion NH4+ dengan muatan positif didalamnya, dan berikatan dengan ion nitrat NO3- dengan muatan negatif.  Reaksi diantara keduanya berlangsung dengan karena ada ikatan ionik.

Didalam ion nitrat akan terjadi delokalisasi elektron atau pergerakan elektron yang terjadi secara terus menerus akibat adanya resonansi elektron. Pergerakan ini menyebabkan struktur ciri ion nitrat akan memiliki ikatan rangkap yang tidak terlokalisasi, namun keadaannya terus bergerak.

Kondisi tersebut juga menyebabkan struktur dari ion nitrat keadaannya lebih stabil dan bermuatan -1 akibat kelebihan elektron yang terdelokalisasi. Adanya ion amonuim berperan bagi ion nitrat untuk menetralkan dan membentuk ikatan ionik diantara kedua ion itu.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada kalian terkait dengan adanya sifat-sifat yang dimiliki oleh amonium nitrat. Semoga memberikan referensi serta literasi bagi kalian yang sedang membutuhkan literasi terkait dengan materi ini.

2 komentar

  1. Adakah reaksi antara senayawa Ammonium Nitrate dicampur dengan air laut pada temperatur 30-40 derajat C. Mohon saya diberitahu.

  2. Apakah kira-kira reaksi ammonium nitrate jika dicampur dengan asam nitrate pada pH 3-4. ? Mohon saya dijelaskan. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *