20 Contoh Bahan Kimia Beracun, Bahaya, Meledak, dan Terbakar

Diposting pada

Contoh Bahan Kimia Beracun, Bahaya, Meledak, dan Terbakar

Kehidupan sehari-hari kita tak pernah terlepas dari yang namanya bahan kimia. Udara yang kita hirup merupakan salah satu definisi kimia unsur, makanan yang kita makan mengandung sejumlah zat kimia tertentu, sabun yang kita gunakan untuk mandi, bahkan bahan bakar yang menggerakkan kendaran bermotor kita. Semuanya mengandung bahan kimia.

Di samping segudang manfaat yang bisa kita dapatkan dari keberadaan bahan-bahan kimia tersebut, ternyata banyak juga bahan kimia yang harus digunakan secara hati-hati karena memiliki sifat beracun (toksik), berbahaya, mudah meledak, dan mudah terbakar. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa bahan kimia berbahaya adalah zat yang berbahaya bagi manusia, satwa liar, dan lingkungan di setiap tahap siklus hidupnya, mulai dari produksi hingga penggunaan, hingga pembuangan.

Bahan Kimia Beracun, Bahaya, Meledak, dan Terbakar

Bahan kimia adalah zat murni ataupun campuran yang tersusun atas beragam elemen-elemen kimiawi. Sebagai contoh, air merupakan bahan kimia murni sebab homogen atau hanya terdiri dari satu jenis bahan saja yaitu seluruh strukturnya hanya terdapat molekul H2O saja.

Selain bahan kimia yang memang bermanfaat bagi manusia untuk memenuhi beragam kebutuhannya, banyak juga bahan kimia yang justru membahayakan.

Hal inilah yang menyebabkan biasanya pada setiap kemasan bahan kimia sudah terdapat tingkat bahayanya dan bagaimana cara penanganannya, sebelum menggunakan bahan tersebut sebaiknya kita memahami cara perlakuan bahan tersebut.

Contoh Bahan Kimia

Contoh-contoh dalam simbul bahan kimia beracun, berbahaya, mudah meledak, dan mudah terbakar, antara lain:

  1. Hidrogen Sianida 

Hidrogen sianida kadang-kadang disebut asam prussat, adalah senyawa kimia yang merupa cairan yang tidak berwarna, sangat beracun dan mudah terbakar yang mendidih sedikit di atas suhu kamar, pada suhu 25,6 ° C (78,1 ° F).

Hidrogen sianida digunakan secara komersial untuk fumigasi, pelapisan listrik, penambangan, sintesis kimia, dan produksi serat sintetis, plastik, pewarna, dan pestisida.

Ini memiliki efek seluruh tubuh (sistemik), terutama yang mempengaruhi sistem organ yang paling sensitif terhadap kadar oksigen rendah: sistem saraf pusat (otak), sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), dan sistem paru (paru-paru).

  1. Hidrogen Sulfida

Hidrogen sulfida adalah gas yang mudah terbakar dan tidak berwarna yang berbau seperti telur busuk. Orang biasanya dapat mencium bau hidrogen sulfida pada konsentrasi rendah di udara, mulai dari 0,0005 hingga 0,3 bagian per juta (ppm) (0,0005-0,3 bagian hidrogen sulfida dalam 1 juta bagian udara).

Pada konsentrasi tinggi, seseorang mungkin kehilangan kemampuan untuk menciumnya. Ini karena seseorang mungkin secara keliru berpikir bahwa hidrogen sulfida tidak lagi ada; ini dapat meningkatkan risiko pajanan mereka ke tingkat udara yang dapat menyebabkan efek kesehatan yang serius.

Hidrogen sulfida terjadi baik secara alami maupun dari proses buatan manusia. Itu berada di gas dari gunung berapi, mata air belerang, ventilasi bawah laut, rawa-rawa, dan genangan air dan dalam minyak bumi mentah dan gas alam.

  1. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah peroksida anorganik yang terdiri dari dua kelompok hidroksi yang bergabung dengan ikatan tunggal oksigen-oksigen kovalen. Ini digunakan sebagai zat pemutih dan antiseptic. Biasanya untuk memutihkan rambut dan gigi kami, tetapi di pabrik-pabrik digunakan untuk memutihkan kertas, mensterilkan mesin, dan memproduksi papan sirkuit cetak.

Hidrogen peroksida bersifat korosif sehingga dapat menyebabkan kerusakan mata yang ireversibel; luka bakar kaustik ke tenggorokan dan paru-paru hidung; serta lepuh, perdarahan dan kerusakan pada saluran pernapasan dan perut.

  1. Risin

Risin, sebuah lektin (protein pengikat karbohidrat) yang diproduksi dalam biji tanaman minyak jarak, Ricinus communis, adalah racun yang sangat kuat. Dosis bubuk risin murni seukuran beberapa butir garam meja dapat membunuh manusia dewasa.

Dosis median letal (LD50) risin adalah sekitar 22 mikrogram per kilogram berat badan jika paparannya dari injeksi atau inhalasi (2 miligram untuk rata-rata orang dewasa). Paparan oral terhadap risin jauh lebih sedikit toksik karena beberapa racun tidak aktif dalam lambung. Diperkirakan dosis oral mematikan pada manusia adalah sekitar 1 miligram per kilogram.

  1. Arsenik

Arsenik adalah metalloid elemen alami yang sebenarnya bukan logam tetapi yang memiliki beberapa sifat logam. Ini adalah komponen alami dari kerak bumi, umumnya ditemukan dalam pada semua batu, tanah, air dan udara. Namun, konsentrasi mungkin lebih tinggi di area tertentu karena kondisi alam atau aktivitas manusia.

Penambangan, peleburan logam, dan pembakaran bahan bakar fosil adalah proses industri utama yang berkontribusi terhadap kontaminasi arsenik terhadap udara, air, dan tanah. Penggunaan pestisida yang mengandung arsenik di masa lalu telah menyebabkan area pertanian yang luas terkontaminasi. Penggunaan arsenik dalam pelestarian kayu juga menyebabkan pencemaran lingkungan.

  1. Merkuri

Merkuri adalah contoh kimia unsur yang terjadi secara alami yang ditemukan dalam batuan di kerak bumi, termasuk dalam endapan batubara. Pada tabel periodik, ia memiliki simbol “Hg” dan nomor atomnya adalah 80.

Ada dalam beberapa bentuk unsur (logam) merkuri, senyawa merkuri anorganik, dan metilmerkuri dan senyawa organik lainnya. Merkuri digunakan dalam termometer lama, bola lampu neon dan beberapa sakelar listrik.

Paparan merkuri – bahkan dalam jumlah kecil – dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, dan merupakan ancaman bagi perkembangan anak dalam kandungan dan di awal kehidupan. Merkuri dapat memiliki efek toksik pada sistem saraf, pencernaan dan kekebalan tubuh, dan pada paru-paru, ginjal, kulit dan mata.

  1. Formaldehida

Formaldehida adalah gas yang tidak berwarna dan berbau kuat yang digunakan dalam pembuatan bahan bangunan dan banyak produk rumah tangga. Ini digunakan dalam produk kayu tekan, seperti papan partikel, kayu lapis, dan papan serat; lem dan perekat; kain pers permanen; pelapis produk kertas; dan bahan isolasi tertentu. Itu juga digunakan untuk membuat bahan kimia lainnya.

Mengingat penggunaannya yang luas, toksisitas, dan volatilitas, formaldehyde menimbulkan bahaya yang signifikan bagi kesehatan manusia. Pada tahun 2011, Program Toksikologi Nasional AS menggambarkan formaldehida sebagai “yang dikenal sebagai karsinogen manusia”.

  1. Halogen

Halogen adalah grup dalam tabel periodik yang terdiri dari lima elemen yang berhubungan secara kimiawi: fluorin (F), klorin (Cl), bromin (Br), yodium (I), dan astatin (At). Nama “halogen” berarti “penghasil garam”.  Halogen cenderung menurun toksisitas terhadap halogen yang lebih berat.

Misalnya Gas klor sangat beracun. Menghirup klorin dengan konsentrasi 3 bagian per juta dapat dengan cepat menyebabkan reaksi toksik. Menghirup klorin dengan konsentrasi 50 ppm sangat berbahaya. Menghirup klorin dengan konsentrasi 500 bagian per juta selama beberapa menit adalah mematikan.

Sedangkan, Brom agak beracun, tetapi kurang toksik daripada fluor dan klorin. 100 miligram brom sangat mematikan. Anion bromida juga beracun, tetapi kurang sehingga bromin. Bromide memiliki 30 gram mematikan.

  1. Acrilonitrile

Acrilonitrile adalah nitril yang merupakan hidrogen sianida di mana hidrogen telah digantikan oleh gugus etenil. Ini memiliki peran sebagai agen karsinogenik, agen antijamur, metabolit jamur, pelarut aprotik polar dan mutagen. Ini adalah nitril alifatik dan senyawa organik yang mudah menguap.

Akan tetapi potensi bahaya yang ditimbulkan jika terpapar dengan bahan kimia yang satu ini yaitu dapat berakibat fatal jika terhirup, diserap melalui kulit atau tertelan; uap mengiritasi mata dan saluran pernapasan; konsentrasi uap yang tinggi dapat menyebabkan sakit kepala, mual, pusing, kantuk, inkoordinasi, dan kebingungan.

Eksposur yang lebih parah dapat menyebabkan perubahan warna kebiruan pada kulit, keruntuhan dan kematian; Menyebabkan iritasi kulit dan mata yang parah; Potensi bahaya kanker – menyebabkan kanker berdasarkan pada informasi hewan.

  1. Etile Oksida

Etilen oksida adalah gas yang mudah terbakar dengan bau yang agak manis. Mudah larut dalam air. Etilen oksida adalah bahan kimia buatan manusia yang digunakan terutama untuk membuat etilen glikol (bahan kimia yang digunakan untuk membuat antibeku dan poliester).

Sejumlah kecil (kurang dari 1%) digunakan untuk mengendalikan serangga di beberapa produk pertanian yang disimpan dan sejumlah kecil digunakan di rumah sakit untuk mensterilkan peralatan dan persediaan medis.

Akan tetapi, dalam jumlah yang berlebihan dapat membahayakan diantaranya yaitu bisa fatal jika dihirup; mengiritasi saluran pernapasan; Depresan sistem saraf pusat. Konsentrasi tinggi dapat menyebabkan sakit kepala, mual, pusing, kantuk, serta dapat menyebabkan kanker.

  1. Kromium

Kromium merupakan logam transisi baja, abu-abu, berkilau, keras dan rapuh. Kromium adalah aditif utama dalam stainless steel, yang menambahkan sifat anti-korosif, sehingga kegunaan utamanya adalah dalam paduan seperti stainless steel, dalam pelapisan krom dan keramik logam.

Orang dapat terpapar kromium melalui pernapasan, makan atau minum dan melalui kontak kulit dengan senyawa kromium. Beberapa bahaya yang ditumbulkan diantaranya yaitu ruam kulit; sakit perut, bisul; masalah pernapasan; sistem kekebalan tubuh yang melemah; kerusakan ginjal dan hati; perubahan materi genetic; kanker paru-paru.

  1. Asbes

Asbes adalah bahan alami yang tahan terhadap paparan api, suara, air, dan bahan kimia. Ini terdiri dari jutaan serat, yang mengikat bersama untuk membuat bahan yang ringan namun hampir tidak bisa dihancurkan.

Asbes ditambang dari deposit alami di seluruh dunia. Setelah dikeluarkan dari tanah, itu diproses dan dikembangkan menjadi bahan industri. Deposit asbes secara alami dapat ditemukan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Cina, Rusia, dan Amerika Selatan.

Cara paling umum untuk serat asbes memasuki tubuh adalah melalui pernapasan. Faktanya, material yang mengandung asbes umumnya tidak dianggap berbahaya kecuali mengeluarkan debu atau serat ke udara tempat mereka dapat dihirup atau dicerna.

  1. Etil Eter

Etil eter, juga disebut dietil eter, anestesi terkenal, yang biasa disebut eter sederhana, senyawa organik yang termasuk dalam kelompok besar senyawa yang disebut eter. Etil eter adalah cairan tidak berwarna, mudah menguap, mudah terbakar (titik didih 34,5 ° C [94,1 ° F]) dengan aroma yang kuat dan khas serta rasa panas dan manis.

Ini adalah pelarut yang banyak digunakan untuk bromin, yodium, sebagian besar zat berlemak dan resin, minyak atsiri, karet murni, dan alkaloid nabati tertentu. Ini adalah cairan yang mudah terbakar dan tidak berwarna. Ini umumnya digunakan sebagai pelarut di laboratorium dan sebagai cairan awal untuk beberapa mesin.

  1. Bensin (Gasolin)

Bensin atau gasoline merupakan campuran hidrokarbon cair yang mudah menguap yang berasal dari minyak bumi dan digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin pembakaran internal.

Bensin adalah zat berbahaya karena sangat mudah terbakar dan berbahaya bagi kesehatan kita, berpotensi menyebabkan kerusakan pada kulit dan mata, serta pusing, masalah pernapasan, kerusakan paru-paru dan kanker. Menangani dan menyimpan bensin dengan aman sangat penting.

Itu harus ditandai dengan jelas sebagai cairan yang mudah terbakar dan disimpan di tempat yang sejuk, berventilasi baik dalam wadah yang dirancang khusus. Uap dari bensin dapat dengan cepat menyebabkan kebakaran atau ledakan sehingga area pengeluaran harus benar-benar ditetapkan sebagai DILARANG MEROKOK dan jauh dari panas dan sumber penyulut lainnya.

  1. Amonia

Amonia adalah azana yang terdiri dari atom nitrogen tunggal yang terikat secara kovalen dengan tiga atom hidrogen. Ammonia adalah salah satu bahan kimia industri dan pembersih yang paling umum digunakan di dunia.

Itu juga sangat mudah terbakar, korosif dan beracun bagi tubuh manusia kita. Paparan amonia menyebabkan terbakar langsung ke mata, hidung dan tenggorokan. Ini dapat menyebabkan kebutaan, kerusakan paru-paru dan kematian.

  1. Aseton

Aseton adalah metil keton yang terdiri dari propana yang mengandung gugus okso di C2. Ini memiliki peran sebagai pelarut aprotik polar, metabolit manusia dan inhibitor EC 3.5.1.4 (amidase). Aseton digunakan sebagai bahan utama dalam penghapus cat kuku, pengencer cat, enamel, dan resin.

Aseton adalah barang berbahaya yang sangat mudah terbakar yang harus digunakan dan disimpan jauh dari panas, percikan api, nyala api, dan penumpukan listrik statis. Itu juga harus dijauhkan dari gas dan pengoksidasi yang mudah terbakar.

Aseton adalah iritasi pada kulit dan mata kita. Uap yang tertelan oleh tubuh dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mengantuk, penglihatan kabur, dan kelelahan sementara paparan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati dan organ.

  1. Benzene

Benzene adalah annulene aromatik enam karbon di mana setiap atom karbon menyumbangkan satu dari dua elektron 2p nya ke dalam sistem pi yang terdelokalisasi. Ini merupakan produk sampingan cair beracun yang mudah terbakar dari distilasi batubara, digunakan sebagai pelarut industri.

Benzene adalah karsinogen yang juga merusak sumsum tulang dan sistem saraf pusat. Ini memiliki peran sebagai pelarut non-polar, agen karsinogenik dan kontaminan lingkungan. Ini adalah annulene aromatik, senyawa organik yang mudah menguap dan anggota benzen.

  1. Kadmium

Kadmium dalam bentuk unsurnya merupakan logam lunak, perak-putih. Biasanya tidak hadir dalam lingkungan sebagai logam murni, tetapi paling sering sebagai oksida kompleks, sulfida, dan karbonat dalam bijih seng, timah, dan tembaga.

Kadmium diproduksi terutama sebagai produk sampingan dari penambangan, peleburan dan pemurnian seng dan, pada tingkat yang lebih rendah, sebagai produk sampingan dari produksi timah dan tembaga.

Kadmium bukanlah unsur yang digunakan oleh tubuh, karena  itu beracun, terutama mempengaruhi ginjal dan tulang. Ini juga merupakan karsinogen jika terhirup. Kadmium dapat terakumulasi di dalam, hati, ginjal dan tulang, yang dapat berfungsi sebagai sumber pajanan di kemudian hari. Di lingkungan, kadmium beracun bagi tanaman, hewan, dan mikroorganisme.

  1. Nitrogliserin

Nitrogliserin,  juga dikenal sebagai nitrogliserin, trinitrogliserin (TNG), nitro, gliseril trinitrat (GTN), atau 1,2,3-trinitroxypropane, adalah cairan padat, tidak berwarna, berminyak, bahan peledak yang paling umum diproduksi oleh nitrat gliserol dengan asam nitrat putih berasap dalam kondisi yang sesuai untuk pembentukan ester asam nitrat.

Diciptakan pada tahun 1847, nitrogliserin telah digunakan sebagai bahan aktif dalam pembuatan bahan peledak, sebagian besar dinamit, dan karena itu digunakan dalam industri konstruksi, pembongkaran, dan pertambangan. Sejak tahun 1880-an, telah digunakan oleh militer sebagai bahan aktif, dan gelatinizer untuk nitroselulosa, dalam beberapa propelan padat, seperti cordite dan ballistite.

  1. Trinitrotoluene (TNT)

TNT adalah padatan kuning dan pertama kali diproduksi sebagai pewarna pada tahun 1863. Ia tidak meledak secara spontan dan sangat mudah dan nyaman untuk ditangani, sehingga sifat eksplosifnya hanya ditemukan sekitar 30 tahun kemudian oleh ahli kimia Jerman Carl Häussermann pada tahun 1891.

TNT bahkan dapat dicairkan dan dituangkan ke dalam bejana, tetapi itu akan meledak dengan bantuan detonator – dan dengan kekuatan yang besar, karena kelompok nitro dalam molekul dengan cepat berubah menjadi gas nitrogen.

Ini membuatnya ideal untuk digunakan dalam pembongkaran terkontrol, di mana bahan peledak dapat ditanam dan diledakkan ketika direncanakan (misalnya oleh penambang), menjadikannya bahan peledak yang relatif “aman”. Itu juga digunakan sebagai “ukuran standar” untuk bom, sehingga “ledakan” bahan kimia lainnya sering diukur relatif terhadap TNT.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh bahan kimia yang beracun, bahaya, mudah meledak, dan mudah terbakar. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *