Jenis Benda dari Kaca
Contoh Benda dari Kaca

Benda yang Terbuat dari Kaca dan Fungsinya

Diposting pada

Jenis Benda dari Kaca

Pada hakekatnya banyak sekali jenis benda di sekitar kita yang terbuat dari kaca, dimana umumnya benda-benda ini dipergunakan dalam berbagai keperluan.

Tapi yang pasti, untuk kaca dalam penerapan kimia yang kita tahu adalah material padat dengan sifat yang transparan, sehingga setiap kita berhadapan dengan kaca tentu dapat melihat bagian lain yang ada didalamnya. Namun kaca juga dapat memiliki warna yang tidak hanya transparan.

Kaca

Kaca pada hakekatnya adalah suatu materi dengan bentuk padat yang berasal dari material cair melalui proses pendinginan.

Dimana untuk serangkain proses ini akan menyusun internal molekul atau atom menjadi tidak teratur, serupa dengan pengaturan pada benda cair. Benda padat dengan ciri-ciri demikianlah yang disebut dengan kaca atau amorf.

Jenis Benda yang Terbuat dari Kaca

Berikut ini beberapa contoh benda yang terbuat dari kaca beserta penjelasan fungsi masing-masing, antara lain;

  1. Kaca Jendela

Kaca jendela seperti namanya berada pada setiap jendela yang ada pada rumah atau bangunan. Kaca pada jendela berfungsi agar cahaya yang berada di luar bangunan dapat masuk ke dalam ruangan pada siang hari. Pencahayaan berperan penting pada ruangan bagian dalam sebagai ventilasi agar tidak terlalu gelap di siang hari.

  1. Botol

Botol yang terbuat dari kaca dapat ditemukan di sekitar kita dengan berbagai kegunaan. Misalnya sebagai penyimpan minuman dan obat-obatan. Dimana untuk beberapa jenis minuman dan obat-obatan dikemas dengan bahan material kaca, tentu hal ini mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan jika melihat tidak semuanya menggunakan material yang sama.

  1. Toples

Benda Toples dari Kaca
Toples

Toples adalah salah satu benda yang juga banya terbuat dari kaca. Toples berguna untuk menyimpan makanan, permen, bahan makanan basah, dan lain sebagainya. Toples yang terbuat dari kaca akan lebih rawan pecah atau retak jika terbentur.

Namun bisa jadi toples ini lebih aman untuk menyimpan sesuatu dibandingkan dengan yang berbahan plastik atau lainnya.

  1. Gelas Kaca

Gelas adalah barang yang paling sering digunakan saat kita meminum sesuatu. Gelas bisa terbuat dari kaca, keramik, ataupun plastik. Walaupun gelas berasal dari material yang berbeda, namun kegunaan gelas tetaplah sama, yakni untuk menjadi wadah benda cair seperti air.

  1. Piring Kaca

Benda Piring Kaca
Piring

Barang yang keberadaannya dekat dengan gelas adalah piring. Benda ini dapat dibuat dari berbagai macam bahan, salah satunya kaca. Piring yang terbuat dari kaca mudah pecah jika jatuh, namun penampilannya seringkali lebih indah dibandingkan bahan plastik.

  1. Lampu

Lampu banyak dimanfaatkan pada berbagai kebutuhan di kehidupan kita, misalnya lampu rumah, jalan, kendaraan, dan lain sebagainya. Lampu memiliki bagian luar yang terbuat dari kaca, material ini digunakan pada lampu karena sifatnya yang dapat tembus cahaya dan memancarkan cahaya yang berasal dari dalam lampu ke seluruh ruangan.

  1. Kacamata

Kacamata umumnya digunakan oleh orang yang memiliki kelainan pada matanya seperti miopia atau hipermetropi. Namun, saat ini banyak juga yang menggunakannya sebagai kebutuhan penampilan. Dengan begitu, kacamata berfungsi untuk membantu orang-orang yang memilki kelainan pada mata dan juga untuk memperindah penampilan.

Berdasarkan jenis kelainan kaca atau lensa yang digunakan pada kacamata juga berbeda-beda jenisnya. Begitu pula pada kacamata yang digunakan bukan karena memiliki kelainan juga teridiri dari berbagai macam sesuai kebutuhan.

  1. Layar Televisi

Televisi adalah seperangkat elektronik yang berguna untuk menayangkan informasi dan hiburan. Layar televisi terbuat dari kaca, sifatnya yang transparan memungkinkan kita untuk melihat setiap gambar yang ditayangkan di televisi.

  1. Bingkai Foto

bingkai foto memiliki bagian kaca yang biasanya berada di tengah berfungsi sebagai tempat menaruh foto dibelakangnya agar terlihat bagus dan tidak mudah kotor. Bingkai foto kerap kali digunakan untuk memajang momen-momen yang ditangkap melalui foto, lukisan, atau gambar tertentu.

  1. Kaca Spion

Kaca spion umumnya dapat ditemukan pada kendaraan seperti motor dan mobil. Kaca spion digunakan untuk melihat objek atau benda yang berada di belakang kendaraan yang sedang dikendarai. Kaca spion sangat berguna selain untuk melihat objek juga menjadi salah satu perangkat keselamatan ketika berkendara.

  1. Cermin

Benda dari Kaca Cermin
Cermin

Cermin atau beberapa orang masih menyebutnya dengan sebutan kaca, adalah benda yang memantulkan bayangan objek atau orang yang berada didepannya.

Dengan menggunakan cermin setiap yang ada di depannya akan melihat bayangan yang serupa dengan dirinya namun bersifat terbalik. Cermin biasa digunakan untuk melihat penampilan diri, sehingga keberadaannya sering ditemukan di kamar, depan wastafel, dan tempat lainnya.

  1. Vas Bunga

Benda terakhir dari beberapa yang telah disebutkan terbuat dari kaca adalah vas bunga. Dimana vas bunga berfungsi untuk menyimpan atau menaruh bunga yang biasanya dijadikan hiasan interior rumah ataupun ruang-ruang tertentu.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan berbagai macam benda yang biasanya terbuat dari kaca beserta dengan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *