Kenaikan Titik Didih
Kenaikan Titik Didih

Manfaat Kenaikan Titik Didih dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Kenaikan Titik Didih

Bahasan terkait dengan sifat koligatif pada larutan erat kaitannya dengan kenaikan titik didih. Hal ini lantaran hampir dalam kehidupan sehari-hari kita disadari ataupun tidak mudah untuk menemukannya. Atas alasan tersebutlah berikut artikel membahas tentang manfaat dari kenaikan titik didih.

Kenaikan Titik Didih

Kenaikan titik didih adalah cairan merupakan suhu atau temperatur dimana tekanan uap cairan sama dengan tekanan lingkungan di sekitarnya. Senyawa yang tidak mudah menguap atau non volatil tidak akan mengalami penguapan karena memiliki tekanan uap yang sangat rendah bahkan diasumsikan nol.

Bahkan, ketika suatu zat terlarut bersifat non volatil ditambahkan ke dalam suatu pelarut, hal itu akan menyebabkan tekanan uap dari larutan akan turun mejadi lebih rendah dibandingkan tekanan uap pelarut murninya. Kenaikan titik didih juga berarti bahwa dibutuhkan lebih banyak panas yang akan digunakan untuk memanaskan suatu larutan hingga mendidih.

Manfaat Kenaikan Titik Didih

Adapun fungsi yang menjadi manfaat dalam kenaikan titik didih, antara lain;

  1. Memasak

Dalam memasak kita tentu menggunakan garam sebagai penambah rasa asin. Namun ternyata selain menambah rasa asin, garam juga memiliki manfaat dalam kenaikan titik didih. Ketika kita memasak dengan cara memanaskan air maka tentu air akan mengalami proses pendidihan ketika mencapai titik didihnya.

Saat kita menambahkan garam ke dalam masakan tersebut, hal itu akan membuat titik didih dari air menjadi meningkat. Akibatnya air membutuhkan waktu yang lebih lama daripada biasanya untuk mendidih. Hal ini bermanfaat untuk memasak masakan tertentu yang membutuhkan proses pemanasan yang lebih lama dan lambat atau slow cooking sehingga air yang digunakan tidak mendidih terlebih dahulu.

  1. Cairan Antibeku

Senyawa etilen glikol merupakan suatu zat yang sering digunakan sebagai cairan antibeku dalam radiator kendaraan. Sebenarnya cairan ini berfungsi untuk mencegah air radiator untuk membeku dengan menurunkan titik beku larutan dalam radiator.

Namun ternyata cairan antibeku ini juga akan menaikkan titik didih larutan dalam radiator. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk radiator tersebut dimana adanya kenaikan titik didih akan mencegah air radiator untuk mendidih.

  1. Pengukuran Massa Molar

Dalam perhitungan kenaikan titik didih akan bergantung pada jumlah pelarut dan juga konsentrasi molal partikel terlarut. Secara sederhana, kenaikan titik didih dapat digunakan untuk menentukan massa molar zat terlarut dengan adanya variabel mol pada rumusnya.

Untuk larutan elektrolit seperti larutan natrium klorida, maka senyawa tersebut akan mengalami disosiasi pada saat pelarutan. Hal ini akan menjadi lebih kompleks dalam pengukuran massa molar suatu zat menggunakan kenaikan titik didih

Meskipun saat ini dalam penentuan massa molar zat telah digunakan suatu alat atau instrumen yaitu spektrofotometer massa, namun metode ini tetap dapat digunakan sebagai alternatif yang murah.

  1. Pemurnian Gula

Seperti yang kita ketahui bahwa gula terbuat dari suatu batang tebu. Ketika tebu telah dipanen maka dari batang tebu tersebut akan diekstrak cairan tebu yang kemudian akan digunakan dalam pembuatan gula kristal untuk konsumsi.

Dalam pembuatan gula, terdapat tahap dimana cairan tebu tersebut akan di didihkan. Suhu dimana cairan mendidih akan bergantung dari konsentrasi gula dalam cairan tersebut. Dengan mengetahui tingkat kenaikan titik didih ini maka itu akan digunakan untuk memantau tingkat kejenuhan larutan sehingga akan bermanfaat dalam proses kristalisasi untuk menghasilkan kristal gula yang sempurna.

Demikianlah uraian lengkap yang bisa kami berikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan manfaat kenaikan titik didih yang mudah ditemukam dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberikan edukasi bagi segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *