Kegunaan Helium
Kegunaan Helium

Manfaat Helium dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Kegunaan Helium

Helium hakekatnya merupakan bagian daripada jenis unsur kimia paling sederhana kedua. Alasannya karena dalam helium ini sendiri unsur atomnya terdiri dari dua proton, dua neutron, dan dua elektron. Oleh karena itulah hanya atom hidrogen yang lebih sederhana dari atom helium, karena didalamnya terdiri atas satu proton, satu elektron, dan tidak ada neutron.

Dengan beberapa sifat yang dimiliki helium, termasuk unsur yang paling tidak reaktif, unsur yang sangat stabil, lebih ringan dari udara, serta sifat-sifat lainnya, helium memiliki beragam manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dipergunakan dalam pengobatan, penelitian ilmiah, untuk inflasi balon udara, balon pesta serta memiliki aplikasi pengelasan.

Helium

Helium adalah unsur kimia yang memiliki simbol bahan kimia He, nomor atom 2, dan berat atom sekitar 4,002602. Ada 9 isotop helium, tapi hanya dua yang stabil, yaitu 3He dan 4He. 4He adalah isotop yang paling umum.

Adapun disisi lain, seorang ahli kimia Skotlandia, Sir William Ramsay, melakukan percobaan dengan menggunakan mineral yang mengandung uranium yang dinamakan cleveite. Ramsay dalam hal ini terus menerus mengekspos cleveite ke asam mineral dan mengumpulkan gas yang dihasilkan.

Kemudian dia mengirim sampel gas ini ke dua ilmuwan, Lockyer dan Sir William Crookes, yang mampu mengidentifikasi helium di dalamnya. Dua ahli kimia Swedia, Nils Langlet dan Per Theodor Cleve, secara independen menemukan helium di clevite pada waktu yang hampir bersamaan dengan Ramsay.

Manfaat Helium

Beragam manfaat helium diantaranya yaitu sebagia berikut:

  1. Pengisian balon

Karena kepadatannya yang rendah helium sering digunakan untuk mengisi balon dekoratif, balon cuaca dan kapal udara. Meskipun balon mungkin merupakan penggunaan helium yang paling terkenal, balon adalah bagian kecil dari semua penggunaan helium.

  1. Sebagai atmosfer pelindung

Karena sangat tidak reaktif, helium digunakan untuk memberikan atmosfer pelindung inert untuk pembuatan serat optik dan semikonduktor. Helium juga digunakan untuk mendeteksi kebocoran, seperti pada sistem AC mobil, dan karena cepat berdifusi, helium digunakan untuk memompa kantung udara mobil setelah benturan.

  1. Sebagai atmosfer buatan

Campuran 80% helium dan 20% dari sifat oksigen bisanya senantisanya dipergunakan sebagai atmosfer buatan untuk proses penyelaman di dasar lautan yang amat dalam. Alasannya karena gas helium mampu bekerja di bawah kondisi bertekanan.

  1. Memindai kode batang di kasir

Laser gas helium-neon digunakan untuk memindai kode batang di kasir supermarket. Penggunaan baru helium adalah mikroskop ion helium yang memberikan resolusi gambar yang lebih baik daripada mikroskop elektron pemindaian.

  1. Mengurangi efek distorsi variasi suhu

Penggunaan helium mengurangi efek distorsi variasi suhu di ruang antara lensa di beberapa teleskop, karena indeks refraksi yang sangat rendah. Metode ini terutama digunakan di teleskop surya (solar telescopes) di mana tabung teleskop kedap vakum akan terlalu berat.

  1. Pemanfaatan dalam bidang kedokteran

Tabung helium digunakan dalam industri medis untuk observasi pernapasan. Hal itu penting untuk mengobati penyakit seperti asma, emfisema, dan kondisi lain yang memengaruhi pernapasan.

Helium cair digunakan untuk pemindaian MRI, ketika elemen disetel pada -269 C, helium tersebut dapat digunakan sebagai pendingin untuk magnet MRI. Sedangkan, helium dalam bentuk gas biasanya digunakan untuk mengobati penyakit yang mempengaruhi paru-paru, karena gas membantu pasien untuk bernapas lebih mudah.

Ketika dicampur dengan oksigen dengan rasio 40% helium, individu yang menderita kondisi seperti emfisema dan bronkitis kronis merasa lebih mudah bernapas. Ini penting karena orang-orang yang menderita masalah pernapasan sering merasa sulit berolahraga, yang dapat memengaruhi kesejahteraan individu secara keseluruhan. Helium bisa menjadi solusinya.

  1. Keperluan pengelasan

Banyak tukang las berpengalaman akan bereksperimen dengan solusi helium pada satu titik dalam masa kerja mereka. Apakah mereka bekerja dengan gas pengelasan MIG atau gas pengelasan TIG, menambahkan sedikit helium ke dalam campuran dapat memberikan efek yang menarik pada pengelasan berikutnya.

Salah satu dari banyak kegunaan industri helium dalam pengelasan adalah untuk mencegah arti bahan kimia menyebabkan ledakan, dan ini bisa sangat membantu dalam pengelasan. Helium melakukan pekerjaan yang mirip dengan argon dalam pengelasan, yaitu memiliki perpindahan panas yang tinggi sementara sifat inertnya menghasilkan gas pelindung yang hebat.

Perpindahan panas yang tinggi biasanya berkorelasi dengan pengelasan yang lebih cepat dengan manik-manik yang lebih baik.

Helium umumnya dianggap mencapai hal tersebut lebih baik daripada argon, tapi karena helium jauh lebih mahal berpengalaman dan tukang las hemat biasanya akan mencampurkan sebagian kecil helium ke dalam campuran argon untuk membantu menjaga lasan agar halus tanpa merusak tepian.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan manfaat dari helium yang ada dalam keseharian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *