Manfaat Nikel
Manfaat Nikel

Manfaat Nikel Bagi Kehidupan Manusia

Diposting pada

Manfaat Nikel

Nikel adalah salah satu bagian dari jenis unsur kimia yang banyak ditemukan di alam. Nikel yang mungkin sangat jarang didengar pada dasarnya adalah salah satu penyusun benda-benda yang ada di sekitar kita, atau bahkan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bagi manusia itu sendiri.

Maka tak salah, atas alasan demikianlah nikel memiliki keberfungsian banyak hal. Termasuk dalam jenis benda yang dibutuhkan.

Nikel

Nikel adalah salah satu jenis ikatan logam atau metal yang banyak ditemukan pada pertambangan di Indonesia. Manfaat nikel dapat digunakan dalam keseharian karena pengaruh strukturnya yang keras, walaupun demikian nikel memiliki sifat yang mudah ditempa dan ulet.

Nikel yang dikategorikan sebagai sifat ikatan logam adalah bahan yang berasal dari fosil tumbuhan dan makhluk hidup lain yang terkubur di dalam lapisan tanah setelah sekian jutaan tahun lamanya. Nikel memang tidak begitu terkenal seperti minyak bumi, bijih besi, dan batu bara, namun manfaatnya dalam keseharian sangatlah banyak.

Manfaat Nikel

Adapun manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain sebagai berikut;

  1. Pembuatan Stainless Steel

Bahan metal nikel digunakan sebagai campuran dalam pembuatan stainless steel, umumnya bahan stainless steel digunakan pada parabot di rumah karena bahan ini memiliki ketahanan terhadap karatan.

Stainless steel terbuat dari bijih besi yang dicampurkan dengan nikel dan juga krom, campuran ini berfungsi agar tidak mudah teroksidasi oleh air dan udara. Oleh sebab itu bahan yang terbuat dari stainless steel tidak mudah berkarat.

  1. Campuran Besi Baja

Besi baja adalah bahan yang berasal dari campuran berbagai macam unsur logam, namun memiliki bahan utama yaitu besi. Salah satu bahan campuran besi baja adalah nikel, kualitasnya yang tinggi pada besi baja tidak terlepas dari nikel.

Pada campuran arti besi baja, nikel berperan membuat campuran menjadi lebih keras. Hal yang berbeda jika campuran menggunakan bahan alumunium maka akan bertekstur tidak telalu keras.

Kandungan nikel pada pembuatan baja memengaruhi kekuatan baja. Nikel juga menjadikan besi baja tidak mudah berkarat, berbeda dengan baja murni.  Biasanya campuran nikel pada besi baja dimanfaatkan sebagai bahan rel kereta api dan bahan bangunan.

  1. Pembuatan Koin

Penggunaan nikel di dalam kehidupan sehari-hari yang lainnya yaitu sebagai bahan pembuatan koin. Khususnya di Indonesia, mata uang yang digunakan ada yang berbentuk kertas dan juga koin.

Pada uang koin dibentuk dari bahan nikel, sebab nikel memiliki sifat yang alot sehingga mudah dibentuk. Bahan nikel sebagai uang koin memiliki ciri yang lebih padat serta berat dibandingkan dengan uang yang menggunakan bahan alumunium.

  1. Industri Otomotif

Nikel banyak dimanfaatkan pada berbagai industri, salah satunya adalah industri otomotif. Bagi pecinta otomotif pastinya istilah velg, knalpot, dan bumper tidak lagi asing. Ketiganya jika diperhatikan memiliki ciri yang sama yaitu bagian luar yang mengkilap. Bagian-bagian tersebut terlihat mengkilap karena menggunakan campuran bahan nikel dalam pembuatannya.

Sebagai campuran pembuatan rangka pada alat-alat otomotif, nikel akan memeberikan efek mengkilap pada benda. Selain itu, penggunaan nikel juga menyebabkan benda tidak cepat berkarat, sehingga benda dapat dipakai dalam waktu yang lama.

  1. Industri Baterai

Dalam industri baterai nikel adalah salah satu bahan penting yang harus dicampurkan pada baterai. Baterai dengan bahan nikel dikenal sebagai baterai sekunder yang penggunaannya dapat diisi ulang. Sementara baterai primer hanya dapat digunaakan sekali saja.

Baterai memiliki banyak kegunaan pada perangkat elektronik. Nikel yang sering dimanfaatkan pada baterai adalah jenis nikel-kadmium (Ni-Cd) dan nikel metal hibrida (NiMH).

  1. Elektroplating

Manfaat nikel selanjutnya digunakan pada proses elektroplating yang merupakan pelapisan logam dengan menggunakan arus listrik dan larutan elektrolit. Pelapisan yang memanfaatkan unsur nikel dikenal dengan nickel plating.

Kelebihan pelapis ini dapat terlihat dari tampilannya yang mengkilap, dengan daya gesek rendah, namun tidak mengganggu sifat dari elektromagnetik.

  1. Pembuatan Monel

Monel merupakan perpaduan antara nikel, tembaga, dan beberapa tambahan logam lain. Monel biasanya digunakan dalam pembuatan tag pada perhiasan atau bidang kemiliteran. Nikel akan membuat monel terlihat lebih bagus, kualitasnya tidak jauh dari emas yang digunakan sebagai perhiasan, bahkan monel memiliki harga yang lebih murah.

  1. Pembuatan Kawat

Sifat nikel yang tahan terhadap karat sangat penting dan berguna bagi beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam keseharian.

Salah satunya adalah kawat yang dibuat dengan menggunakan campuran nikel. Di laboratorium, kawat dimanfaatkan pada alat penghantar panas yang baik. Hal ini juga merupakan sifat dari unsur nikel yang menjadi konduktor panas baik.

  1. Pelapis Anti Karat

Sifat anti karat pada nikel banyak dimanfaatkan sebagai campuran atau pelapis pada alat-alat keseharian. Sebagai pelapis, nikel sangat baik digunakan karena logam yang melapisinya tidak mudah rusak. Selain sebagai pelapis antikarat, nikel mampu memberikan efek mengkilap pada suatu benda sehingga terlihat lebih menarik, sifatnya ini umumnya digunakan pada industri makanan sebagai pelapis.

Selain pada industri makanan, bahan nikel yang bersifat kuat dan juga tahan terhadap karat sering kali dimanfaatkan sebagai pelapis bagian luar pada senjata. Senjata yang dilapisi oleh nikel kualitasnya akan bertambah baik dan lebih kuat, serta yang terpenting tahan korosi atau peraratan.

  1. Katalis

Katalis dalam penerapan ilmu kimia dikenal sebagai sebutan bagi zat yang berfungsi mempercepat laju pada suatu reaksi. Unsur nikel mampu dijadikan sebagai katalis pada proses hidrogenasi minyak dalam kehidupan sehari-hari. Proses ini dibutuhkan ketika fraksi minyak bumi diubah menjadi lebih padat yang biasanya disebut sebagai mentega atau margarin. Proses pembuatannya memanfaatkan gas ikatan hidrogen sebagai pereaksi dan nikel sebagai katalis.

Contoh Benda yang Terbuat dari Nikel

Proses kebermanfaat nikel dalam kehidupan manusia, tentusaja terlihat dalam beberapa contoh barang berikut ini;

  1. Sendok dan Garbu
Nikel Untuk Sendok dan Garbu
Sendok dan Garbu

Sendok dan Garbu menjadi sangat diperlukan masyarakat, terutama Indonesia yang di era modern seperti saat ini setiap ingin memakan sesuai hal memerlukan keduanya benda tersebut. Alasannya mempergunakan sendok dan garbu karena tidak berkarat, atau mengalami korosi sehingga kondisi ini menimbulkan banyak penyakit.

  1. Jam Tangan
Nikel Untuk Jam Tangan
Jam Tangan

Mempergunakan jam tangan bagi sebagian orang menjadi salah satu kebutuhkan skunder yang memang diperlukan guna tepat waktu dalam berbagai urusan. Untuk pembuatan jam tangan, khususnya pada rantainya bahan dari nikel diperlukan, karena tahan sinar matari dan air.

  1. Rel Kereta Api
Nikel Untuk Rel Kereta Api
Rel Kereta Api

Pada bidang transportasi pemanfaatan nikel juga terlihat sekaligus bisa disaksikan untuk kontruksi bangunan rel kerata api. Bagimana tidak, rel kerta yang dibuat oleh perusahaan KAI pada hakekatnya berasal dari nikel yang tentusaja itu memiliki kelebihan, salah satunya tidak mengalami pengeroposan seperti pada Besi.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami uraikan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat nikel bagi kehidupan manusia dan contoh penggunannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi untuk semuanya yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *