Contoh Kegunaan Aluminium
Contoh Kegunaan Aluminium

Contoh Fungsi Aluminium dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada
Rate this post

Contoh Kegunaan Aluminium

Aluminium pada dasarnya merupakan salah satu ikatan logam yang bersifat lunak dan ringan, hal tersebut lantaran aluminium hanya memiliki satu isotop alami yakni aluminium-27 yang setidaknya bersifat radioaktif. Adapun disisi lain secara formal aluminium diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 1824 dan dimana pada saaat itu seseorang membutuhkan waktu lima puluh tahun untuk belajar memproduksinya dalam skala industri.

Tetapi yang pasti, dalam penerapannya sendiri benda yang terbuat dari aluminium sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Misalnya saja dalam pembuatan prabotan rumah tangga, jembatan, kabel sebagai salah satu proses dalam pengaliran energi listrik, dan lain sebagainya.

Aluminium

Aluminium adalah logam putih keperakan yang tergolong sebagai unsur ke-13 dalam tabel periodik, fakta atas kenyataan inilah setidaknya mencerminkan bahwa aluminium menjadi logam yang paling luas di Bumi, yang menyusun lebih dari 8% massa inti Bumi.

Sehingga khususnya pada penerapan kimia aluminium juga menjadi bagian jenis unsur kimia paling umum ketiga di planet kita setelah sifat oksigen dan silikon.

Contoh Fungsi Aluminium

Contoh kegunaan aluminium dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu;

  1. Saluran listrik

Aluminium sangat ideal untuk kabel jaringan listrik, termasuk saluran transmisi listrik overhead dan jalur distribusi listrik lokal karena memberikan rasio konduktivitas terhadap berat yang lebih baik daripada tembaga. Selain itu, aluminium juga lebih murah daripada tembaga, yang membuatnya lebih menarik dari segi ekonomi dan keuangan. 

  1. Gedung bertingkat

Dengan kelenturan yang tinggi, rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi, dan keserbagunaan, aluminium merupakan bahan berharga dalam pembangunan gedung bertingkat tinggi dan gedung pencakar langit. Sehingga hal ini juga merupakan bahan yang ideal karena daya tahan, fleksibilitas desain, dan kontribusi untuk penghematan energi.

Selain itu, gedung pencakar langit akan memiliki bobot yang jauh lebih berat jika menggunakan baja, yang akan membutuhkan fondasi bangunan yang lebih dalam dan menambah biaya konstruksi.

  1. Bingkai jendela

Rangka aluminium umumnya merupakan pilihan yang cukup tahan lama dan hemat biaya untuk rumah dan kantor. Logam yang satu ini juga ringan dan dapat dibuat tahan benturan, sehingga berguna di tempat-tempat yang mengalami angin kencang dan badai yang kuat.

Menggunakan aluminium untuk kusen jendela biasanya perawatannya lebih rendah dan lebih murah daripada kayu, dan juga lebih tahan terhadap goresan, retakan, dan kerusakan. Namun, salah satu kelemahan utama menggunakan rangka aluminium adalah tidak seefisien energi kayu, juga tidak menawarkan tingkat insulasi yang sama.

  1. Elektronik konsumen

Smartphone, tablet, laptop, TV layar datar, monitor komputer, dan elektronik lainnya semakin banyak menggunakan aluminium dalam produksinya. Aluminium menggabungkan keindahan dan kepraktisan, dengan kemampuan untuk tampil canggih namun dapat diandalkan. Ini adalah fitur penting untuk industri elektronik.

Produsen elektronik baru-baru ini menerapkan aluminium untuk menggantikan baja dan plastik. Itu digunakan terutama untuk mendinginkan CPU dan prosesor grafis, dengan konduktivitas panas yang sangat baik menjadikannya pilihan yang ideal.

Aluminium lebih kuat dan lebih dapat diandalkan daripada plastik namun lebih ringan dari baja, yang, dikombinasikan dengan kemampuan bawaannya untuk menyerap dan menghilangkan panas, telah menyebabkan peningkatan penggunaan aluminium di antara produsen terkemuka di pasar.

  1. Peralatan rumah tangga dan industri

Aluminium digunakan dalam tabung presisi untuk lemari es dan AC – tetapi tidak hanya aluminium yang digunakan pada peralatan semacam itu. Banyak mesin cuci, mesin pengering, mesin pencuci piring, dan peralatan lainnya juga menggunakan bingkai aluminium dalam desainnya.

Peralatan pendingin dan pembekuan adalah aplikasi praktis aluminium yang sangat baik, dengan karakteristik yang memfasilitasi proses pendinginan dan menciptakan pendinginan yang sangat efisien.

  1. Komponen pesawat terbang

Aluminium memiliki tiga sifat yang sangat baik khususnya yang membuatnya sangat berguna dalam industri penerbangan: rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi, keuletan yang sangat baik, dan ketahanan yang tinggi terhadap korosi. Faktanya, manusia dapat “terbang” karena aluminium, sejak Wright bersaudara menggunakan aluminium untuk membuat bak mesin untuk biplan rangka kayu pertama mereka.

Mengingat bahwa aluminium memiliki kekuatan yang sebanding dengan baja dengan hanya sebagian kecil dari beratnya, menggunakannya dalam konstruksi pesawat memberi pesawat lebih banyak kapasitas beban untuk kargo dan penumpang, serta efisiensi bahan bakar yang lebih besar.

Ketahanan aluminium yang tinggi terhadap korosi juga membantu memastikan keselamatan pesawat dan penumpangnya, yang merupakan salah satu syarat paling mendasar dalam perjalanan udara.

  1. Komponen pesawat ruang angkasa 

Kemajuan teknologi pesawat ruang angkasa dan roket terkait langsung dengan kemajuan paduan aluminium. Dari mesin prototipe pertama hingga penggunaan paduan aluminium-lithium oleh NASA, bahan ini telah menjadi bagian dari program luar angkasa sejak awal

  1. Kapal

Material yang ringan dan kuat menjadi pertanda bagi kapal yang baik, terutama yang mengisi lambung kapal dengan kargo. Sifat aluminium yang ringan memungkinkan permukaan yang lebih banyak dan massa yang lebih sedikit – tanpa mengorbankan kekuatan yang diperlukan untuk menahan retakan dan kerusakan lambung.

Hal ini memungkinkan lebih banyak bobot untuk dimuat dalam bentuk barang, orang, atau bahan bakar. Selain kapal tanker dan kapal besar, aluminium digunakan untuk membangun yacht, speedboat, dan kapal bawah air.

  1. Kereta

Kereta dapat berfungsi dengan sangat baik menggunakan besi dan baja, seperti yang telah dilakukan selama berabad-abad. Tapi menggunakan komponen aluminium sebagai pengganti baja dapat memiliki keuntungan karena aluminium lebih mudah dibentuk dan meningkatkan efisiensi.

Meskipun rel kereta api dulunya terbuat dari besi, banyak elemen kereta modern terbuat dari aluminium. Faktanya, rasio kekuatan terhadap berat aluminium adalah salah satu faktor utama yang memungkinkan kecepatan kereta lebih dari 350 km/jam.

Paduan aluminium yang digunakan pada gerbong rel kecepatan tinggi ini memiliki kepadatan yang lebih rendah tetapi kekuatannya sebanding dengan baja, serta ketahanan korosi yang sangat baik yang membantu perawatan. Selain itu, kabel paduan aluminium semakin banyak digunakan sebagai pengganti kabel tembaga tradisional dalam transmisi dan instalasi kereta api.

  1. Kendaraan pribadi

Aluminium disebut sebagai cara yang paling hemat biaya dan ramah lingkungan untuk meningkatkan kinerja, meningkatkan penghematan bahan bakar, dan mengurangi emisi sekaligus meningkatkan keamanan dan daya tahan.

Baik itu kendaraan pribadi, seperti sedan Ford biasa, atau model mobil mewah, seperti Mercedes Benz, aluminium semakin menjadi “bahan pilihan” bagi produsen mobil karena kekuatan dan keunggulan lingkungannya.

Kendaraan bisa lebih ringan dan lebih gesit tanpa kehilangan kekuatan atau daya tahan. Ini juga menguntungkan karena mobil dapat lebih mudah didaur ulang, menambah tingkat keberlanjutan penggunaan aluminium dalam kendaraan.

Itulah tadi penjelasan yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh manfaat aluminium yang bisa dirasakan dalam keseharian. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *