Endoterm
Endoterm

Pengertian Reaksi Endoterm dan Contohnya

Diposting pada

Endoterm

Reaksi endoterm pada hakekatnya dalam penerapan ilmu kimia tidak dapat terjadi secara spontan. Dimana saat reaksi endoterm menyerap energi disinilah terjadinya penurunan suhu diukur selama reaksi.

Akan tetapi yang pasti, dalam reaksi endoterm ditandai dengan aliran panas positif (ke dalam reaksi) dan peningkatan entalpi (+ ΔH). Adapun untuk contoh reaksi endoterm misalnya kompres dingin, fotosistesis, ketika memasak telur, dan lain-lain.

Endoterm

Reaksi endoterm pada hekakatnya adalah reaksi yang mengacu pada penyerapan atau pelepasan panas. Banyak arti reaksi kimia melepaskan energi dalam bentuk panas, cahaya, atau suara tetapi yang bisa dan harus menyerap energi dalam proses dikenal dengan reaksi endoterm.

Pengertian Endoterm

Reaksi endoterm adalah reaksi yang terjadi ketika suhu sistem terisolasi dengan titik menurun sementara lingkungan sekitar sistem non-terisolasi memperoleh panas, sehingga dalam reaksi endoterm ini menghasilkan panas reaksi positif secara keseluruhan.

Pengertian Endoterm Menurut Para Ahli

Adapun definisi endoterm menurut para ahli, antara lain:

  1. Collins Dictionary, Endoterm adalah ciri reaksi kimia atau senyawa yang terjadi atau dibentuk dengan penyerapan panas.
  2. The MDS Hyper Glossary, Pengertian reaksi endotermik adalah proses di mana panas harus disuplai ke sistem dari lingkungan.

Contoh Reaksi Endoterm

Contoh reaksi endoterm, antara lain:

  1. Kompres Dingin

Misalnya saja, jikalau pergelangan kaki kita terkilir atau jatuh dari sepeda, kita dapat menggunakan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit akibat bengkak. Penggunaan kompres dingin ini adalah reaksi endoterm yang berperan.

Dengan cara kerja di dalam kantong tersebut terdapat dua komponen. Yaitu air dan amonium nitrat. Saat kantong pecah, air dan amonium nitrat bercampur. Reaksi endoterm membuat air menjadi lebih dingin dan kantong terasa dingin dan sangat nyaman di pergelangan kaki kita yang bengkak.

  1. Fotosintesis

Contoh reaksi endoterm lain yaitu fotosintesis. Dalam fotosintesis, tumbuhan menyerap panas matahari melalui daunnya. Energi panas yang luar biasa bersama dengan air dan sifat karbon dioksida diubah menjadi makanan. Tanpa menyerap energi panas dari matahari, maka fotosintesis tidak akan terjadi.

  1. Memasak Telur

Barangkali salah satu reaksi endoterm dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika memasak telur, mungkin tidak menyadari bahwa memasak telur adalah reaksi endoterm. Hal ini terjadi karena energi dari wajan diserap untuk memasak telur dalam reaksi endoterm ini.

  1. Es Batu yang Mencair

Ketika kita membuat minuman dengan menambahkan es maka itu adalah contoh reaksi endoterm yang mudah ditemukan. Es menarik panas dari air untuk mencairkannya sehingga membuat minuman kita lebih segar dan dingin.

  1. Menguapkan Air

Ketika air dididihkan, semua akan keluar dari panci jika kita mungkin lupa bahwa sedang memasak air. Mengapa? Air menyerap energi panas dari kompor hingga mendidih. Kemudian berubah menjadi uap air. Karena itu, jika mungkin kita lupa, semua air akan hilang.

  1. Memanggang roti

Tidak ada yang lebih baik dari roti yang baru dipanggang. Selain beraroma sedap, memanggang roti merupakan contoh endoterm. Tepung, ragi, dan bahan lain yang digunakan untuk membuat adonan dipanaskan. Bahan-bahan tersebut menyerap panas sehingga terjadi reaksi kimia yang menghasilkan roti yang dapat kita makan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian reaksi endoterm menurut para ahli dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan serta edukasi yang mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *