Tujuan Filtrasi
Tujuan Filtrasi

Tujuan Filtrasi dan Penjelasannya

Diposting pada

Tujuan Filtrasi

Filtrasi pada dasarnya sangat sering dipergunakan dalam penerapan kimia, meskipun kadangkala menghadirkan kesulitan besar. Hal ini lantaran dalam sebagian besar operasi teknis begitu rumit. Misalnya saja dalam tujuan pemisahan campuran untuk kain katun yang kadangkala diperlukan kain wol atau rambut. Proses ini dijalankan dengan mengikat pada bingkai kayu sedemikian rupa sehingga kantong dangkal terbentuk, kemudian cairan keruh dituangkan.

Disisi lain, dalam berbagai penerapan filtrasi ini memiliki tujuan salah satunya mampu memisahkan antara berbagai jenis zat kimia yang berbahaya dan zat kimia yang memiliki manfaat.

Filtrasi

Filtrasi adalah serangkaian proses yang dilakukan dalam menghilangkan partikel dari suspensi dalam air, langkah ini dilakukan dalam pemindahan sejumlah mekanisme yang meliputi penapisan, flokulasi, sedimentasi dan penangkapan permukaan.

Tujuan Filtrasi

Adapun untuk tujuan dari filtrasi. Antara lain;

  1. Membersihkan partikel padat dalam fluida

Proses ini dilakukan dengan langkah melewatkan penyaringan pada septum yang diatasnya padatan akan terendapkan. Adapun salah satu jenis filtrasi yang bisa dipergunakan ialah filtrasi dingin menggunakan suhu yang sangat rendah, bahkan seringkali dengan menggunakan penangas es.

Adapun untuk pembersihan beberapa zat, seperti partikel asam lemak, menjadi tersuspensi dalam campuran saat mereka mendingin yang kemudian memungkinkan kita untuk menyaringnya lebih mudah.

  1. Memisahkan Zat Kimia Antara Yang Berbahaya dan Tidak Sehingga Bisa Bermanfaat

Penjelasan salah satu tujuan filtrasi adalah upaya untuk memisahkan zat sesuai dengan yang dibutuhkan. Sehingga zat kimia yang ada nantinya bermanfaat serta aman untuk dipergunakan.

Adapun untuk langkahnya bisa mempergunakan filtrasi sentrifugal. Yakni semacam penyaringan dengan memutar zat yang akan disaring dengan kecepatan sangat tinggi. Alasannya karena rotasi horizontal, materi yang lebih padat dipisahkan dari materi yang kurang padat.

  1. Mampu Mempergunakan Media Filter dalam

Banyak bentuk media filter yang dipergunakan sebagai filtrasi. Seperti vakum dan pompa vakum yang dipergunakan untuk menarik cairan dengan cepat melalui filter.

Adapun untuk corong hirsch dan corong buchner, yang merupakan corong pisah yang sama dalam dua ukuran berbeda, digunakan bersama dengan kertas saring. Corong memiliki piring dengan lubang di dalamnya, dan  biasanya digunakan ketika substansi yang akan disaring memiliki volume yang kecil.

Contoh Filtrasi

Sedangkan untuk berbagai contoh filtrasi yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti;

  1. Proses Pembuatan Tahu

Tahu merupakan salah satu makanan yang cukup dikenal oleh masyarakat, khususnya Indonesia. Dimana produk tahu ini pada hakekatnya dibuat dengan pemanfaatan filtrasi dalam upaya memisahkan antara zat yang berbahaya dan tidak, sehingga kemudian aman untuk dipergunakan.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan dari filtrasi dan contohnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan dan pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *