Contoh Perubahan Fisika dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Perubahan Fisika

Perubahan fisika akan senantisa melibatkan keadaan materi dan energi. Dimana dalam proses perbahan fsika ini tidak ada jenis zat kimia baru yang tercipta selama perubahan fisika terjadi, meskipun demikian untuk materinya terjadi perubahan bentuk yang berbeda. Dimana ukuran, bentuk, dan warna materi dapat berubah. Atau bisa dikatakan bahwa perubahan fisika terjadi ketika zat dicampur tetapi tidak bereaksi secara kimiawi.

Akan tetapi yang pasti, banyak perubahan fisika yang melibatkan penataan ulang unsur atom, dimana dari kesemuanya yang paling menonjol seperti dalam pembentukan kristal. Meskipun perubahan kimia dan fisika dapat dikenali dari indikasi seperti bau, perubahan warna, atau produksi gas, tetapi setiap indikator ini dapat disebabkan oleh perubahan fisik.

Perubahan Fisika

Perubahan fisika adalah perubahan yang mempengaruhi bentuk suatu arti bahan kimia, tetapi tidak mempengaruhi komposisi kimianya. Sehingga dalam perubahan fisika digunakan untuk memisahkan campuran menjadi senyawa komponennya, tetapi biasanya tidak dapat digunakan untuk memisahkan senyawa menjadi jenis unsur kimia atau senyawa yang lebih sederhana.

Contoh Perubahan Fisika

Contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  1. Mengubah Bahan Feomaganetik

Bahan feromagnetik bisa menjadi magnet. Akan tetapi prosesnya dapat dibalik dan tidak mempengaruhi komposisi kimianya, sehingga proses yang terjadi dalam mengubah bahan feomaganetik ini termasuk dalam contoh nyata untuk perubahan fisika.

  1. Menajamkan Pisau

Menajamkan pisau bisa dikatakan perubahan fisika, alasannya karena dalam proses ini tidak ada zat baru yang terbentuk, tidak ada perubahan warna, dan bersifat sementara. Hanya saja dari segi bentuknya serta ketajamannya saja yang berubah.

  1. Mencampur Pasir dan Air

Kegiatan ketika kita mencampurkan pasir dan arti air, kita bisa mengemas pasir menjadi sebuah bentuk tertentu. Namun, kita juga dapat memisahkan komponen campuran tersebut dengan membiarkannya mengendap atau dengan menggunakan saringan.

  1. Melarutkan Garam atau Gula

Sebagian besar larutan dalam arti garam dan beberapa senyawa seperti gula dapat dipisahkan dengan penguapan. Yang lain seperti campuran atau cairan yang mudah menguap seperti alkohol dengan berat molekul rendah, dapat dipisahkan dengan distilasi fraksional.

  1. Mendidihkan Air

Mendidih adalah menjadi salah satu contoh penguapan cepat suatu jenis zat cair, yang terjadi ketika zat cair dipanaskan hingga titik didihnya, yaitu suhu di mana tekanan uap zat cair sama dengan tekanan yang diberikan pada zat cair oleh atmosfer sekitarnya.

Air mendidih digunakan sebagai metode untuk membuatnya dapat diminum dengan membunuh mikroba dan virus yang mungkin ada. Kepekaan mikro-organisme yang berbeda terhadap panas bervariasi. Tetapi jika air ditahan pada 100 ° C (212 ° F) selama satu menit, kebanyakan mikro-organisme dan virus tidak aktif. Sepuluh menit pada suhu 70 ° C (158 ° F) juga cukup untuk membunuh sebagian besar bakteri.

  1. Melelehkan Belerang

Melelehkan belerang padat menjadi belerang cair merupakan contoh perubahan fisika karena memang menyebabkan terjadinya perubahan warna, meskipun komposisi kimianya sama ketika sebelum dan sesudah perubahan. Beberapa non logam, seperti sifat oksigen dan radon, berubah warna saat fase berubah.

  1. Menguapkan Nitrogen Cair

Menguapakan sifat nitrogen cair termasuk dalam perubahan fisika, karena penguapan merupakan perubahan suatu zat dari fase cair atau padat menjadi fase gas (uap). Jika kondisi memungkinkan terbentuknya gelembung uap dalam suatu zat cair, maka proses penguapan disebut dengan pendidihan.

  1. Mencairkan Es Batu

Es adalah bentuk padat yang diambil air cair ketika didinginkan di bawah 0 derajat Celcius (32 derajat Fahrenheit). Es mencair karena sifat kimiawi air. Terdapat lebih banyak ikatan hidrogen antara molekul es dibandingakn di air. Es mulai mencair ketika suhunya melebihi 0 derajat Celcius dan ikatan hidrogen antar molekul air putus.

  1. Paduan Logam

Contoh paduan logam misalnya saja kegiatan dengan mengkuningan yang merupakan paduan cambuaran arti tembaga dan seng. Paduan tersebut termasuk perubahan fisika, sebab paduan tidak memiliki “rumus” tetap karena komposisinya adalah variabel.

Akan tetapi perlu kita ketahui bahwa ketika paduan dibentuk dari logamnya, sifat kimia dan fisik paduan berubah relatif terhadap logam induknya karena perubahan mendasar dalam ikatan logam. Karena ikatan logam putus dan terbentuk selama sintesis paduan, itu cenderung dianggap sebagai perubahan kimia daripada pencampuran fisika.

  1. Tempering Baja

Tempering, dalam metalurgi, bisa diartikan sebagai proses perbaikan sifat suatu logam, khususnya baja, dengan cara memanaskannya sampai suhu tinggi (meskipun masih di bawah titik leleh), kemudian didinginkan, biasanya di udara. Proses ini memiliki efek pengerasan dengan mengurangi kerapuhan dan mengurangi tekanan internal.

  1. Membengkokkan Kawat Logam

Kegiatan dengan terus menerus membengkokan kawat dalam logam menjadi salahs atu proses dalam mengubah bentuk kawat, yang merupakan sifat fisik, tetapi tidak mengubah pembentukan molekul kawat/bahan penyusun kawat. Kabel tetaplah kabel.

  1. Erosi Batuan

Erosi adalah proses di mana partikel tanah dan batuan terkikis dan ditransportasikan ke tempat lain oleh gravitasi, atau oleh alat transportasi yang bergerak-angin, air atau es. Transportasi itu sendiri mengacu pada proses di mana sedimen digerakkan.

Misalnya, kerikil yang berguling di sepanjang dasar sungai atau pantai laut, butiran pasir yang dihembuskan oleh angin, garam yang dibawa dalam larutan.

  1. Menghancurkan Kaleng 

Menghancurkan kaleng termasuk perubahan fisika karena hanya mempengaruhi bentuk atau ukurannya, tapi tidak mempengaruhi komposisi kimianya, misalnya tinggi kaleng asli 10,5 cm dan lebarnya 5 cm. Tinggi kaleng yang sudah dihancurkan adalah 3 cm dan lebarnya tetap sama.

Ketinggian yang berbeda ini menunjukkan bahwa ukuran dapat berubah, tapi bahan dari kaleng itu juga tidak berubah.

  1. Memotong Kayu 

Sama halnya dengan ketika kita menghancurkan kaleng yang hanya mengubah ukuran dan bentuknya, begitu pula saat kayu dibelah menjadi kayu bakar, ini adalah perubahan fisik. Komposisi kayunya tetap sama. Dalam perubahan fisik, zat tersebut biasanya dapat diubah kembali ke bentuk aslinya.

  1. Memotong Sayuran

Memotong sayuran termasuk perubahan fisika karena melibatkan proses memisahkan molekul, tapi tetapi tidak mengubahnya. Atau bisa dikatakan bahwa ketika kita memotong sayuran menjadi bagian yang lebih kecil, yang berubah hanyalah ukurannya.

Itulah tadi penjelasan yang bisa dibagikan tentang berbagai contoh yang termasuk dalam perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *